Bontang Kuala | Wisata Populer Bontang, Kalimantan Timur

Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Kota Bontang tidak mampir ke Bontang Kuala.
Walau hanya jalan-jalam setidaknya saya bisa menambah pengalaman saya di Bontang terutama bisa berkunjung ke BK ( Bontang Kuala ).

Bontang Kuala merupakan salah satu destinasi wisata unggulan Kota Bontang yang terletak di bagian pesisir timur Bontang dengan ciri khas permukiman nelayan di atas laut yang memiliki beragam potensi wisata seni dan budaya, kuliner, UMKM, souvenir, petualangan, ekonomi kreatif dan edukasi.

bontang kuala ( source image : instagram/pesona_bontangkuala

Tak hanya itu Bontang Kuala juga menawarkan wisata budaya dan kawasan wisata Kampung Laut Bontang Kuala. Hal ini juga sesuai dengan arahan yang ada dalam dokumen rencana tata ruang wilayah Kota Bontang. 

Kampung Apung Bontang Kuala terdiri atas rumah-rumah kayu ulin yang terapung di laut Kota Bontang. Kawasan wisata Kampung Laut Bontang Kuala ini merupakan salah satu tujuan wisata lokal maupun mancanegara. Kawasan wisata ini merupakan perkampungan yang awalnya dihuni oleh nelayan.

Perkembangan Kampung Apung Bontang Kuala yang awalnya merupakan cikal bakal Kota Bontang kini beralih menjadi potensi wisata yang menjanjikan. Komoditas unggulan hasil lautnya berupa udang, kepiting, ikan kerapu, rumput laut,dan tiram yang banyak diminati oleh pasar luar negeri menjadi daya tarik utama pariwisata Kota Bontang. Ditambah lagi dengan keunggulan sumber daya alamnya berupa pantai, pulau, hutan bakau dan terumbu karang. 

Selain Kampung Apung Laut, Bontang Kuala wilayah darat juga menyuguhkan destinasi wisata yang tak kalah menarik lainnya. Seperti Cagar Budaya Masjid Tua Al Wahhab yang menyimpan sejarah perkembangan Islam di Bontang, serta kawasan Taman Adipura yang merupakan salah satu taman bermain ramah anak dengan konsep ruang terbuka hijau modern dan ramah lingkungan.

bontang kuala ( source image : instagram.com/pesona_bontangkuala )

Untuk Tempanya sendiri cukup strategis kamu dapat mengikuti panduan Google maps.

Lokasi in Google Maps

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url