Pesona Pulau Sangalaki di Kalimantan Timur Indonesia

Pulau Sangalaki Merupakan Pulau Yang terletak di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau Kalimantan Timur. dengan Berluaskan 280 hektar yang menyimpan banyak keindahan.

Selain memiliki keindahan bawah lautnya, pulau ini ternyata tempat bertelurnya para penyu hijau (Chelonia mydas) dan penyu sisik (Eretmochelys imbricata).

Pulau Sangalak i- Kalimantan Timur
Images by @nuasa.sukma.maudy on Instagram

Pulau Sangalaki

Berau - Kalimantan Timur, Indonesia  

Ringkasan

Kondisi alam di Pulau Sangalaki ini masih terjaga dengan baik. Berbagai satwa liar diantaranya Ketam Kelapa, Biawak, Elang Bondol, Burung Gosong Filipina, Kuntul Karang dan burung laut lainnya masih bisa dilihat dengan mudah. Pasir pantai di pulau ini sangat putih bersih dan halus. Pula ombak pantai yang tenang dan garis pantai yang landai menambah kenyamanan saat berenang atau bermain air.

Pulau eksotis ini menjadi salah satu lokasi konservasi penyu di Indonesia. Pulau Sangalaki juga terkenal menjadi salah satu habitat penyu yang paling baik di dunia karena pulau ini menjadi habitat para penyu yang hampir punah seperti penyu hijau dan penyu sisik. Selain itu, pulau ini menjadi lokasi utama bagi penyu hijau di Asia Tenggara untuk bertelur.

Dari data yang ada, setiap tahunnya total ada lebih dari 3.700 penyu yang singgah ke pulau ini hanya untuk bertelur.  Keindahan bawah laut Pulau Sangalaki ini menggugah minat wisatawan yang berkunjung untuk bersnorkeling dan diving.

Ada 10 titik spot diving yang memiliki karakteristik yang berbeda, yaitu Channel Entrance, Coral Gardens, Turtle Town, Sandy Ridge, Manta Run, Sherwood Forest, Manta Parade, Manta Avenue, Eel Ridge, Lighthouse dan The Rockies.

Hanya para penyelam yang berlisensi yang bisa menjelajahi semua taman bawah laut di pulau ini. Namun, penyelam pemula bisa menikmati dengan mengambil paket fun diving. Para penyelam pemula bisa melihat keindahan perairan di sini dengan didampingi langsung dan mendapat pelatihan singkat bersama dive master. 

Kedalaman maksimum yang bisa dicapai para penyelam pemula dibatasi hanya sampai delapan meter. Ikan Pari Manta yang terkenal sebagai hewan yang langka juga bisa dilihat di pulau ini saat malam hari. Hewan tropis ini tampak seperti ikan pari, namun kedua kumisnya bekerja sebagai sayap.

Keberadaan Pari Manta di area pulau ini untuk mencari makan. Jumlahnya bukan hanya satu, namun bisa seperti kawanan yang banyak. Spot diving ini memang menjadi sasaran utama para wisatawan karena bisa merasakan pengalaman menyelam bersama Pari Manta di pulau eksotis ini.

Di Pulau Sangalaki terdapat beberapa resort yang berupa pondok-pondok yang menghadap ke laut di sekitar pantai. Selain itu, resort
 ini juga menyediakan bar, restoran dengan berbagai macam menu seafood dan makanan khas Kalimantan Timur, speed boat, hingga peralatan menyelam.

Akses dan Rute Menuju Pulau Sangalaki

Untuk mengunjungi pulau ini, wisatawan bisa menggunakan pesawat terbang dengan tujuan Bandara Sepingan (BPN) di Balikpapan. Dari Sepingan menggunakan Pesawat Deraya ke Ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb.

Bisa juga langsung berangkat dari Pelabuhan Tanjung Batu dengan menggunakan speed boat. Pelabuhan ini berada di Tanjung Redeb, Kabupaten Berau. Jadi bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mengunjungi Pulau cantik ini? Mari nikmati keindahan pulau cantik ini dan buatlah pengalaman yg tak terlupakan.

Lokasi In Google Maps

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url