Pulau Kakaban Dengan Keindahan Surga Tersembunyi di Kalimantan Timur #Kesinikah?

Berbicara soal keindahan alam memang tidak pernah ada habisnya, apalagi untuk tujuan pariwisata. Seperti halnya Pulau Kakaban Yang mempunyai keunikan tersendiri.

Hal ini dikarenakan Pulau Kakaban memiliki spesies ubur-ubur yang hanya terdapat di 2 wilayah di seluruh dunia, yaitu di Pulau Kakaban dan Kepulauan Micronesia yang berada di kawasan tenggara Laut Pasifik. 

Pulau ini juga didominasi danau hingga 80 persen ini, dulunya berada dalam gugusan Pulau Derawan. Kini, wilayah seluas 774,2 hektar ini masuk Kecamatan Maratua, tepatnya di Kampung Payung-payung.

image pulau kakaban
pulau kakaban ( source image : googlemaps/iansuhendra )

Pulau Kakaban merupakan pulau yang telah dijaga kebersihannya oleh warga Desa Payung-Payung yang dilakukan secara bergantian. Oleh karena itu, semua wisatawan yang yang hendak berkunjung ke tempat wisata ini perlu membayar uang kebersihan sehingga para wisatawan dapat bebas berenang di danau bersama dengan ubur-ubur dengan syarat menjaga kebersihan di sekitar danau ini.

Pulau Kakaban termasuk Pulau yang unik  dengan keunikan yang berbeda dengan pulau lain di Indonesia. Hal ini dikarenakan Pulau Kakaban memiliki spesies ubur-ubur yang hanya terdapat di 2 wilayah di seluruh dunia, yaitu di Pulau Kakaban dan Kepulauan Micronesia yang berada di kawasan tenggara Laut Pasifik.

Salah satu keunikan yang dimiliki oleh pulau ini adalah air danau yang berasal dari rembesan air laut dan kucuran air hujan, di mana danau ini menjadi habitat bagi ubur-ubur mini yang berjumlah ribuan.

Pulau Kakaban
source image : instagram.com/reizhard
Jenis ubur-ubur yang berhabitat di danau ini juga beragam seperti, golden jellyfish dan moon jellyfish, di mana keduanya memiliki perbedaan warna mulai dari jingga, merah, putih, sampai dengan yang terlihat seperti ungu muda.
Nah, bila kamu tertarik dan ingin berenang bersama dengan ubur-ubur di Danau Kakaban, maka kamu perlu mematuhi dan mengikuti aturan ini. Pertama, kamu dilarang menggunakan sunblock ataupun bahan kimia lainnya. Hal ini dikarenakan zat kimia yang kamu kenakan dapat mencemari habitat ubur-ubur. 

Pulaun Kakaban
source image : instagram.com/winnyangelia

Nah,Jika kamu mencoba wall diving, maka kamu dapat melihat berbagai jenis ikan berukuran besar dan juga warna-warna yang beragam yang dimiliki oleh soft coral. Olahraga ini dinilai cukup aman karena arus pada daerah ini dinilai cukup tenang dan tidak terlalu deras.

Dipulau ini juga terdapat Kehe Daeng yang memiliki arti lubang ikan, dimana keistimewaan yang dimiliki oleh tempat wisata ini akan terlihat pada saat air pasang. Saat terjadi air pasang, maka air laut akan masuk ke dalam goa atau lubang ikan bersamaan dengan ikan-ikan, terumbu dan bintang laut, lho. 
.
Namun, pada saat surut, beberapa terumbu atau bintang laut yang tidak ikut terbawa oleh air laut akan tertinggal di lubang ikan. Selain itu, air yang berada di Kehe Daeng memiliki warna yang berbeda dengan air laut biasanya yaitu air Kehe Daeng memiliki warna hijau tosca

image Pulaun Kakaban
kehe daeng ( source image : googlemaps/andry huzain

Gimana tertarik ingin mengungjungi.. ?

Untuk menuju Pulau Kakaban dapat  menggunakan pesawat terbang dan mendarat di bandara di Balikpapan atau Samarinda.
Kemudian dilanjutkan dengan menuju ke Kabupaten Berau lewat udara kembali maupun lewat jalur darat. Jika hendak menggunakan jalur udara, perjalananmu akan dilanjutkan menuju Bandara Kalimarau di Berau dengan waktu tempuh sekitar 1 jam atau menuju Bandara Maratua dengan waktu yang sama.
Selanjutnya dilanjutkan dengan menggunakan speedboat selama kurang lebih 3 jam jika dari Berau, namun jika dari Maratua hanya sekitar 25 menit. 
Cara selanjutnya jika menggunakan jalur darat akan menempuh waktu perjalanan sekitar 12 hingga 15 jam, menuju Kabupaten Berau dengan menggunakan mobil travel dari masing-masing penyedia jasa travel di Kota dan Kabupaten yang berada di Provinsi Kaltim.

Lokasi In Google maps.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url