Pulau Pahawang Pesawaran Lampung Indonesia

Pulau Pahawang merupakan salah satu objek wisata bahari yang  terletak di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Bandar Lampung. 

Pulau Pahawang sendiri terbagi menjadi dua, yaitu Pulau Pahawang Besar Pulau dan Pahawang kecil.

Pulau Pahawang Besar memliki luas mencapai 1.000 hektar. Pulau ini dihuni lebih dari 300 kepala keluarga, yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai nelayan. Di Pulau Pahawang Besar sudah dilengkpai sekolah dan puskesmas.

Pulau Pahawang Kecil ukurannya sekitar 13 hektare, dan tidak berpenghuni. Kebetulan pulau ini memiliki pasir landai yang saat surut akan menjadi jembatan pasir yang menghubungkan Pulau Pahawang Kecil dengan pulau kecil lainnya yang ada di sebelahnya.

Pulau Pahawang
source image : instagram.com/pulaumahitam.official

Obyek Wisata Pulau pahawang di Pesawaran Lampung merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah lampung juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota lampung juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Pulau pahawang di Pesawaran Lampung ini. 

Dengan keindahan alam seputar dan dunia airnya, Pulau Pahawang bisa jadi kesenangan tersendiri untuk beberapa diver (penyelam) serta pengagum snorkling

Dengan air lautnya yang berwarna biru jernih tampak kontras dengan warna hijau dari pohon-pohon. Pulau Pahawang mempunyai enam dusun, yakni Suakbuah, Penggetahan, Jeralangan, Kelompok, Pahawang dan Cukuhnyai dengan penghuni 1. 533 jiwa. Pulau Pahawang menyimpan banyak keindahan.

Pemandangan yang indah, bukit pepohonan yang hijau, pasir pantai yang berwarna putih, air laut yang jernih dan segar dapat Anda nikmati di pulau ini. Sangat cocok bagi Anda yang suka bersnokeling. 

Bahkan di Pulau Pahawang Kecil terdapat satu jembatan alami yang disebut dengan Tanjung Putus. Tanjung Putus menghubungkan antara Pulau Tanjung Putus dengan Pulau Pahawang Kecil. Tanjung Putus hanya dapat terlihat saat air laut surut karena saat air laut pasang, jembatan alami ini akan terendam air. Kawasan Tanjung Putus juga merupakan salah satu spot menyelam favorit bagi para pengunjung.

Objek Wisata Pahawang Lampung
source image : instagram.com/pulaumahitam.official

Selain Pahawang Besar dan Pahawang Kecil, ada juga pulau Kelagian Besar dan Kelagian Kecil. Spot-spot snorkeling banyak tersebar di keempat pulau tersebut, yang paling populer adalah Wisata Taman Nemo sebagai tempat untuk menikmati habitat alam ikan nemo.

Oleh karena itu, island hopping atau menjelajah pulau menjadi aktivitas yang wajib dilakukan untuk melengkapi pengalaman wisata. Selain untuk menikmati spot snorkeling yang berbeda, tiap pulau tentunya menawarkan panorama alam tersendiri.

Pulau Pahawang
 source image : instagram.com/pulaumahitam.official

Selain menawarkan keindahan bawah laut, pantai di Pahawang beserta pantai lain di pulau sekitarnya cenderung asri yang pastinya layak dijelajahi. Memungkinkan Anda menikmati indahnya sunrise dan sunset, serta melihat flora dan fauna khas hutan mangrove.

Objek Wisata Alam Bawah Laut
source image : instagram.com/villapahawanglampung

Akses Masuk Menuju Pulau Pahawang

Akses Menuju dan masuk Pulau Pahawang sangat mudah. Kamu bisa menyeberang dari Dermaga Ketapang. Banyak perahu yang bisa kamu sewa seharian penuh.

Untuk tiket masuk pulau pada dasarnya tidak dikenakan biaya. Karena pulau ini sangat luas. Kecuali kamu masuk ke area pantai yang sudah dikelola warga atau pihak cottage.

Bagaimana? Tertarik ingin mengunjunginya?
Kamu juga dapat melihat lokasi pulau pada Google Maps :

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url