15 Tempat Wisata di Kepulauan Selayar yang Wajib Kamu Kunjungi Nih...

Kepulauan Selayar ( source image : instagram/sem_muntce_karlo )

Liburan merupakan suatu hal yang di dambakan oleh setiap orang. Dengan mengunjungi tempat wisata yang ada di Indonesia, tentunya bisa menambah wawasan serta pengalaman kita.

Salah satunya di Kepulauan Selayar Pulau Selayar sendiri berada di Selatannya daratan Sulawesi Selatan. 

Tepatnya di Selatan Tanjung Bira. Jika dihubungkan dengan garis lurus, jaraknya sekitar 8-9 mil laut (16an kilometer). Secara administratif masuk wilayah Kabupaten Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Inilah 15 Tempat Wisata di Kepulauan Selayar

{tocify}

Pulau Selayar memanjang dari Utara ke Selatan. Dari ujung ke ujung berjarak sekitar 81 kilometer garis lurus. Luasnya kurang lebih 2000 kilometer persegi. Memiliki pantai, bukit, dan hutan. Sehingga bisa dipastikan memiliki daya tarik yang beragam.

Lalu apa saja yang bisa dikunjungi jika berlibur ke Pulau Selayar ? 

Pantai Batu Karapu

Pantai Batu Karapu | source image : instagram.com/agung_gandi23

Pantai Batu Karapu terletak di 39 kilometer arah Selatan Kota Benteng Selayar. Perjalanan kemari dari Benteng memerlukan waktu tempuh sekitar 1 jam berkendara. Pantai ini berada di Dusun Tongke-tongke, Desa Lowa, Kecamatan Bontosikuyu.

Merupakan tanjung kecil dengan keunikannya berupa adanya karang bolong yang besar. Di Indonesia sebenarnya ada banyak juga karang bolong semacam ini. 

Namun banyak yang menyandingkannya dengan Durdle Door yang ada di Inggris. Bagi kamu yang hobi foto lanskap atau hobi difoto, ga akan cukup kalau hanya 1-2 jam di sini. Karena ada banyak spot foto yang akan menghasilkan foto-foto fenomenal di sini. 

Apalagi kalau lagi musim angin teduh, kamu bisa bermain di pantai dengan laut yang tenang dan jernih.

Lokasi in Google Maps


Pantai Baloiya

Pantai Baloiya | source image : instagram.com/embafals

Pantai ini berada di arah Selatan Bandara H. Aroeppala di Selayar. Jarak dari bandara sekitar 4,5 kilometer atau sekitar 15 menit berkendara.

Keunikan pantai ini adalah adanya barisan batu karang di perairan dangkal. Di beberapa foto yang beredari di media sosial, tampak pengunjung bisa foto-foto di karang tersebut.

Di sini kamu bisa memancing dan snorkeling. Atau duduk santai atau rebahan, menikmati suasana sunset.

Lokasi in Google Maps


Pantai Pinang

Pantai Pinang | source image: instagram.com/pearl_beach_cottage

Pantai Pinang merupakan pantai berpasir putih terpanjang di sisi timur Pulau Selayar. Memiliki pemandangan alam pantai yang indah dengan pepohonan rindang di belakang pantai.

Banyak wisatawan penyelam yang datang kemari untuk berlibur sekaligus menyelam di beberapa spot di sekitar. Bagi kamu wisatawan umum, bisa melakukan aktivitas snorkeling di sini.

Selain bersantai menikmati ketenangan jauh dari hingar bingar kota. Ada Eco Resort di pantai ini. Bisa menjadi pilihan tempat menginap dan berlibur beberapa hari.

Lokasi in Google Maps


Pantai Punagaan

Pantai Punagaan | source image : instagram.com/kantinova

Pantai Punagaan, salah satu spot snorkeling yang indah. Pantai ini juga salah satu destinasi populer di Pulau Selayar. Ada ratusan review di Google Map mengenai pantai ini.

Lokasinya berada di pesisir Timur, berjarak sekitar 15 kilometer dari Kota Benteng. Pantai ini berada dalam sebuah teluk kecil berpasir kelabu dan tebing karang. Lautnya tenang dan jernih. Menjadi salah satu spot diving dan snorkeling juga.

Lokasi in Google Maps


Pantai Ngapaloka

Pantai Ngapaloka | source iamge : instagram.com/inceazharbasir

Pantai Ngapaloka berada di sebelah Utara Pantai Punagaan. Kedua pantai ini memiliki karakter yang hampir sama. Bedanya, di Pantai Ngapaloka ada pemukiman warga.

Di sini kamu bisa snorkeling atau santai menikmati suasana dan panorama.

Lokasi in Google Maps


Pantai Batulohe

Pantai Batulohe | source image : instagram.com/anakpesisir_

Pantai Batulohe berada di pesisir Timur bagian Utara Pulau Selayar. Masuk wilayah Desa Balang Butung, Kecamatan Buki. Keunikan pantai ini adalah adanya semacam relief di dinding tebing.

Sebagian warga meyakini tebing tersebut sengaja dipahat sehingga menyerupai tulisan China. Namun yang jelas belum ada kajian ilmiah mengenai bagaimana terbentuknya tebing tersebut.

Kalau kamu memiliki banyak waktu berlibur, ada baiknya juga mengunjungi pantai ini. Daripada menyesal belakangan.

Lokasi in Google Maps


Pantai Rampang-Rampangan

Pantai Rampang-Rampangan | source image : instagram.com/berselayar

Pantai ini memiliki keindahan berupa hamparan pasir putih. Berada di pesisir timur ujung utara Pulau Selayar. Masuk wilayah Desa Bungaiya, Kecamatan Bontomate’ne.

Pantai ini sering dikunjungi warga lokal pulau. Terutama saat akhir pekan atau hari libur lainnya. Laut di sini tenang dan jernih.

Lokasi in Google Maps


Pantai Pa'badilang

Pantai Pa'badilang | source image : instagram.com/kantinova

Di sebelah Utara Pantai Rampang-rampangan terdapat Pantai Pa’badilang dengan garis pantai berpasir yang lebih pendek.

Lokasi in Google Maps


Pantai Liang Kereta

Pantai Liang Kereta | source image : instagram.com/agung_gandi23

Pantai ini tidak berpenduduk dan berada di beda pulau dengan Pulau Selayar. Pantai adalah destinasi liburan favorit sehingga banyak orang yang memiliki destinasi yang sama.

Tapi jika berkunjung ke Pantai Liang Kareta Wisata yang berada di Pulau Kep Selayar ini adalah salah satu pantai di Indonesia yang tidak berpenduduk.

Sehingga ketika menginjakkan kaki di daratannya, kesunyian akan menyapa Teman Traveler pertama kali selain hembusan lembut angin di sekitar pantai dengan suasana khas pulau pribadi.

Lokasi in Google Maps


Pantai Liang Tarussu

Pantai Liang Tarussu | source image : instagram.com/_anakrumahan98

Berada di Desa Bontoborusu, Kecamatan Bontoharu, berjarak sekitar 8 kilometer dari Kota Benteng. Pantai ini menyuguhkan keindahan yang luar biasa.

Ada pantai berpasir yang dikelilingi oleh tebing karang yang indah menawan. Di sini kamu bisa santai menikmati alam pantai. Bisa juga snorkeling atau mengitari pantai.

Lokasi in Google Maps


Pulau Guang / Pantai Guang

Pulau Guang / Pantai Guang | source image : instagram.com/bang.mik

Di Desa Binanga Sombaiya, Kecamatan Bontosikuyu, terdapat 2 (dua) buah pulau kecil. Keduanya tidak berpenghuni dan memiliki keindahan yag luar biasa. Kedua pulau tersebut memiliki pantai berpasir putih dan juga pantai berbatu karang.

Menurut cerita, dulu di sebelum tahun 1970 kedua pulau ini didiami oleh nelayan Suku Bajo. Kemudian di akhir 1970an atau awal 1980-an, warga di sini dipindahkan ke daratan Pulau Selayar.

Cara ke dua pulau ini sangat mudah. Apalagi lokasinya tidak jauh dari daratan Pulau Selayar.

Lokasi in Google Maps


Pantai Sunari

Pantai Sunari | source image : instagram.com/shindyursula

Sunari Beach Resort Selayar menawarkan akomodasi dengan konsep alami serta pemandangan taman resort dan laut yang menarik juga pohon kelapa yang berbaris dihampir seluruh wilayah pantai yang dapat membuat pengunjung betah bersantai di areal resort.

Sunari Beach Resort Selayar terdiri dari bungalow kayu yang luas dengan desain unik, berdiri pada bulan oktober 2016 menawarkan lokasi yang nyaman dengan tempat yang tenang dan sejuk, tempat romantis dan nyaman dikelilingi oleh pohon kelapa, dari kamar bungalow Anda dapat menikmati pemandangan pantai sunari, pemandangan ke laut dan juga pemandangan Matahari Terbenam.

Bagi yang mendambakan lokasi yang tenang, sejuk, petualangan yang seru dan bersifat natural, anda dapat memilih akomodasi ini.

Lokasi in Google Maps


Musium Tanadoang / Nekara

Musium Tanadoang | source image : instagram.com/hilmafari

Jika sedikit merasa bosan menjelajah pantai di Selayar, anda bisa mencoba mengalihkan diri di Museum Tanadoang yang juga merupakan tempat berlibur di Selayar.

Museum Tanadoang menyediakan beberapa barang-barang bersejarah dan juga tentang kebudayaan Kepulauan Selayar. Lokasi Museum Tanadoang ada di Botobangung, Bontoharu, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Museum Tanadoang buka pada jam 08.00 pagi dan tutup jam 14.00 siang waktu setempat, pada hari Minggu akan tutup.

Lokasi in Google Maps


Hutan Mangrove Matalalang

Hutan Mangrove Matalalang | source image : instagram.com/muhtaufiqhidayat_

Hutan Mangrove Matalalang merupakan salah satu destinasi yang patut untuk kamu kungjungi ketika anda berlibur ke Pulau Selayar. Berada di Bontobangun, Kecamatan Bontoharu, kamu dapat menampakan kaki diatas jembatan yang membelah hamparan bakau.

Menikmati indahnya barisan pohon mangrive, tentu akan semakin lengkap dengan memandang matahri tenggelam di ufuk barat.

Lokasi in Google Maps


Bukit Pusera

Puncak Pusera | source image : Instagram.com/younglenk

Menikmati indahnya langit malam, ditemani dengan bintang yang menyebar dengan indah tentu memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi anda. Puncak Pusera adalah area perbukitan dengan panorama laut yang indah di sebelah timur, tidak hanya itu saja Puncak ini juga memiliki cuaca yang sejuk dan lokasi terbaik untuk camping dan hunting foto.

Puncak Pusera terdapat pada Taipadapa, Bonea Makmur, Kecamatan Bontomanai. Salah satu tempat wisata di Selayar ini, kamu dapat merasakan sebuah panorama keindahan malam yang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Rasakan pengalaman melihat ribuan bintang yang berada di langit, dengan hembusan angin di sekitar perbukitan.

Keindahan dari panorama malam tersebut, membuat banyak wisatawan yang datang dan melakukan caping di Puncak Puserta ini

Lokasi in Google Maps


Terdapat Hewan Endemik

Tidak semua daerah di Indonesia memiliki hewan Tarsius. Hewan ini adalah hewan endemik yang hanya ada di beberapa daerah dan pulau di Indonesia.

Nah, Pulau Selayar ternyata adalah salah satu habitat Tarsius tarsier. Hewan nokturnal dengan tubuh berwarna coklat kemerahan dengan warna kulit kelabu.

Mata tarsius terlihat besar, dengan telinga lebar yang menghadap ke depan. Selain yang sudah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak spot lain yang belum terekspos. Dan pantai-pantai lain yang masih alami.

Kalau kamu berlibur kemari ditemani guide lokal, kamu bisa memintanya untuk mengantar ke tempat-tempat tersebut.

Cara Menuju Pulau Selayar

Bagaimana cara menuju Pulau Selayar? Lewat, darat, laut, udara? Dari Terminal Mallengkeri Makassar ada PO bus yang melayani rute Makassar – Pulau Selayar.

Ada yang tidak perlu berganti bus. Ada yang harus berganti bus saat tiba di pelabuhan Pamatata Selayar. Kamu harus memastikan hal ini saat memesan tiket bus. Moda transportasi kapal laut, tersedia kapal feri penyeberangan dari Pelabuhan Bira menuju Pelabuhan Pamatata Selayar.

Cara paling mudah ke pulau ini adalah dengan pesawat, dari Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar menuju Bandar Udara H. Aroeppala di Selayar.

Tips Keliling Pulau Selayar

Saat Liburan Rata-rata destinasi wisata yang ada di Pulau Selayar ini adalah berupa pantai. Juga beberapa pulau yang berukuran lebih kecil yang lokasinya sangat dekat.

Untuk mengelilingi dan mendatangi beberapa tempat, kamu akan memerlukan waktu yang tidak sebentar. Oleh karena itu sebelum berangkat ada baiknya menentukan terlebih dahulu destinasi yang kamu anggap prioritas. Setiba di Selayar, kamu bisa menyesuaikan dengan situasi dan kondisi di lapangan.

Ada baiknya untuk berkeliling kamu menggunakan kendaraan sewa, atau minta antar oleh guide lokal. Agar travelingmu lebih lancar dan bisa menghemat waktu karena ada yang menemani. Akan lebih lagi kalau sebelum pergi kamu berkonsultasi dengan kontak warga lokal.

Agar kamu bisa lebih memahami pola perjalanan yang akan kamu pilih. Jadi kamu bisa menentukan akan ke mana dan harus menginap di mana. Bisa menyesuaikan dengan budget dan waktu yang tersedia.

Kalau mengikuti paket wisata travel agent, walau lebih mahal, tentu akan banyak kemudahan. Mereka akan mengatur berbagai keperluan saat kamu berlibur di Pulau Selayar

Lokasi Pulau Selayar in Google Maps

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url