Air Terjun Sipiso-piso, Sejarah Dengan Keunikan Namanya, Sumatera Utara ID

Indonesia tentunya memiliki beribu-ribu objek wisata alam yang tentunya tersebar hingga ke pelosok-pelosok daerah. Salah satu air terjun tersebut adalah Air Terjun Sipiso-Piso yang berada di Sumatera Utara.

Air terjun Sipiso-piso merupakan air terjun dengan tipe plunge waterfall atau air terjun tunggal salah satu objek wisata andalan Provinsi Sumatera Utara. Dengan ketingginya yang mencapai kurang lebih 130 m. menjadikannya sebagai salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. 

Air Terjun Sipiso-piso
Air terjun Sipiso-piso, source instagram.com/albiruny_09

Terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Atau tepatnya berada di sebelah danau terbesar Indonesia yaitu Danau Toba dan berada di ujung Sungai Pajananolon. Menjadikannya sebagai salah satu sumber mata air di Danau Toba.

Sejarah Unik Tentang Air Terjun Sipiso-piso

Jadi, pada zaman dulu sebelum menjadi air terjun, wilayah ini hanyalah hutan biasa dengan tumbuhan semak belukar. Karena adanya bencana alam yang terjadi pada waktu silam yang di akibatkan dari meletusnya balon hijau dor. Sorry.. Yang diakibatkan meletusnya Gunung Toba meruntuhkan kaldera sehingga terbentuklah sebuah lembah. Membuat reruntuhan tersebut menjadikannya sebagai aliran sungai Pajananolon terpotong dan menjadi lah air terjun Sipiso-piso.

Untuk menjadi sebuah air terjun yang sekarang ini bisa kita nikmati keindahan alamnya, tentunya tidak tidak dalam waktu sekejap perlu membutuhkan waktu 3 periode untuk pembentukannya. Setelah sekian lama, terbentuklah aliran sungai yang berada di bawah tanah Plato Karo yang dimana aliranya melewati goa kawah Danau Toba.

Setelah munculnya air terjun tersebut, tempat ini menjadi kawasan yang menarik perhatian. Terlebih lagi air terjun ini merupakan inspirasi dari legenda sipiso yang menjadi nama dari air terjun ini. Legenda Sipiso ini merupakan legenda mengenai seorang anak dari saudara raja yang bernama Sipiso Somalim.

Nama lengkap air terjun ini juga diambil dari sebuah gunung yang berada di timur laut air terjun yaitu Gunung Dolok Sipiso Piso yang memiliki ketinggian sekitar 1.860 meter di atas permukaan air laut.

Sesuai namanya ''piso'' yang berarti pisau, air terjun ini nampak seperti pisau yang tipis namun panjang jatuh dari puncak yang sangat tinggi.

Ari terjun Sipiso-piso
instagram.com/caturn



Daya Tarik Air Terjun Sipiso-piso

Sebagai salah satu air terjun tertinggi di Indonesia, membuat air terjun ini kerap ramai dikunjungi para wisatawan luar maupun lokal. Dengan daya tariknya yang begitu mempesona menjadikan Air Terjun Sipiso-piso sebagai pilihan untuk kamu yang sedang mencari tujuan berlibur.

Ketika berada di air terjun ini kamu akan disuguhi dengan pemandangan yang tak biasa kamu jumpai dimana pun itu. Terlebih dengan megahnya air terjun yang jatuh dengan garis vertikal sempurna.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan dengan berlatarkan danau Toba dengan sensasi udara yang sejuk ditambah dengan butiran air terjun yang terbawa angin. Akan membuat siapa saja yang berkunjung merasa lebih adem dan tentram.

instagram.com/sri_tirsa_oiwari

Akses Dan Rute Menuju Air Terjun Sipiso-piso

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke air terjun Sipiso-piso. Tenang, karena aksesnya cukup mudah yaitu, kamu bisa menggunakan transportasi umum atau bus maupun kereta.

Dari Kota Medan menuju ke Kecamatan Merek dan turun di persimpangan Merek dengan waktu tempuh sekitar kurang lebih 3 jam-an jika menggunakan bus, Jika kamu menggunakan kereta api maka kamu akan turun di stasiun Berastagi dan dilanjutkan dengan perjalan menggunakan angkutan umum menuju simpang Merek. 

Melalui simpang Merek kamu akan menempuh perjalanan lagi sekitar 1 jam-an untuk bisa sampai ke lokasi air terjun.

Tips Berkunjung ke Air Terjun Sipiso-piso,

Ada baiknya sebelum mengunjungi destinasi air terjun tersebut. Kamu perlu mengetahui berbagai informasi yang tersedia tentang lokasi tersebut. Pastikan selalu mengikuti arahan atau panduan, di karenakan lokasinya begitu curam dan licin walaupun telah di beri penghalang berupa pagar tentunya ini akan sangat membantu dalam perjalananmu.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url