Air Terjun Tersembunyi di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan

Sebuah Lokasi yang berada di hulu Sungai Jeneberang Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan.

Air terjun tersembunyi ini berada persis dibawah DAM yang telah porak poranda dihajar air bah sungai Jeneberang dan membentuk air terjun cantik nan mengagumkan.

Ke lokasi air terjun tanpa nama itu, anda bisa melalui dua jalur.

Source image : instagram.com/ramdan_ramdanie

Salah satu pecinta alam dari KPA Jelajah Nusantara, Bang Galang, mengatakan jika ingin berkunjung ke air terjun ini sebaiknya pagi atau siang.

"Agar bisa lebih menikmati keelokan air terjun lebih lama sembari menikmati makan siang atau suguhan kopi nikmat di bawah air terjun," katanya.

Pengunjung bisa lewat Malino, melewati air terjun Takapala dan berhenti di Jembatan Merah Punggawa D' Emba.

Pengunjung juga bisa lewat Kecamatan Parigi yang berjarak 3 Km dari pasar Saluttowa menuju Desa Jonjo, Desa Majannang yang juga menghubungkan jembatan merah.

Setelah memarkir kendaraan diantara jembatan Merah yang lama dan yang baru, perjalanan pun dilanjutkan dengan berjalan kaki selama sejam perjalanan.

Melewati Sungai Jeneberang, melintasi bebatuan licin yang menuntut kehati-hatian setiap melangkah, dan jangan bosan menyeberang sungai berkelok laksana ular.

Ket. Spot yang selalu rame jika berkunjung ke Air Terjun
 source image : instagram.com/alenatraveler_

Sejam perjalanan pun seolah tak terasa dengan suguhan pemandangan indah, dengan tebing di kiri kanan sungai yang menawan.

Saat terbaik mengunjungi air terjun ini hanya di musim kemarau saja.

Jika musim hujan sangat berbahaya, selain berarus deras, perjalanan pun sangat beresiko, tak ada jalur alternatif pun sangat berpotensi pengunjung disapu air bah tiba-tiba.

Bukti kedahsyatan sungai Jeneberang jika sedang mengamuk terlihat dari potongan-potongan bendungan yang terbawa air ratusan meter kebawah.

Pengunjung umum, harus dipandu ke lokasi karena perjalanan memang beresiko, apalagi banyak longsoran tebing disepanjang sungai yang dilewati.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url