Bukit Anak Dara 1920 'mdpl' Sembalun, Nusa Tenggara Barat

Bukit  Anak Dara merupakan salah satu bukit yang terletak di Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Dengan ketinggian kurang lebih 1920 mdpl. Jika dilihat sekilas, Bukit Anak Dara terlihat sangat dekat dan tidak terlalu tinggi. Meskipun jalur pendakian sedikit curam dan membutuhkan tenaga ekstra, rasa capek para pendaki akan terbayar tuntas dengan panorama alam dari puncak bukit.

Bukit Anak Dara
Gunung Anak Dara ( source image : instagram.com/hendriwlsss )

Pada puncak Bukit  Anak Dara Anda dapat menikmati pemandangan alam yang cantik. Seperti bukit-bukit yang dilengkapi hamparan rumput hijau yang menyegarkan mata. Selain menikmati hijaunya rumput dan birunya langit, Anda juga dapat menikmati sunrise ataupun sunset dengan latar bukit ini yang ciamik.

dari  ini bukit ini juga , Anda bisa menikmati keindahan alam Lombok dari sisi yang berbeda. Bukit yang indah ini berada di sisi timur kaki Gunung Rinjani yang menjulang tinggi nan indah

Bukit Anak Dara ini selain dikelilingi hamparan rumput hijau, juga dihiasi oleh awan yang mengelilingi kawasan. Tentu, hal tersebut akan membuat Anda seperti sedang berada di dunia dongeng.

Penting untuk Anda ketahui, bukit ini juga dijuluki sebagai lokasi terbaik untuk menikmati keindahan matahari terbit (sunrise) di daerah Lombok. Selain dari pemandangan bukit yang indah dan pemukiman warga, terdapat juga spot menarik lain seperti sawah dan kebun strawberry yang dapat Anda pandang dari bukit ini.

Untuk nuansa berbeda, Anda dapat menikmati nuansa malamnya. Anda akan ditemani oleh keindahan langit malam disertai taburan bintang-bintang yang cantik. Pesona alam bukit cantik ini selalu berhasil memukau jutaan mata pengunjung.




Jalur Pendakian Gunung Dara 

Setiap wisatawan yang hendak mendaki ke Gunung Anak Dara dibekali dengan kantong plastik oleh para pengelola, tujuannya agar para pendaki tidak membuang sampah sembarangan serta mengumpulkan sampah bekas di posko tiketting sebagai bukti bahwa para pengunjung tidak mencemari lingkungan.

Jalur pendakian menuju ke puncak spot wisata ini terkesan lebih menantang jika dibandingkan dengan jalur pendakian ke Bukit Pergasingan. Selain jarak yang lebih jauh, medan pendakian juga ternyata lebih ekstrem dengan “tetangga” Bukit Anak Dara ini.

Jalur pendakian juga dapat dilakukan dari dua arah yakni dari Sembalun Bumbung atau Sembalun Lawang. Selama pendakian disarankan agar para pendaki tidak melakukan pengabadian gambar dengan posisi yang berbahaya (dari tebing rawan celaka).

Jika ingin memotret di tengah jalan, harap dilakukan dengan berhenti sejenak, pasti Anda akan terpesona dengan pesona padang savana yang dilengkapi dengan hamparan bunga edelweiss di sekelilingnya.

Untuk menuju ke spot wisata ini terdapat dua rute. Rute pertama melalui rute yang agak jauh namun sedikit lebih aman bagi para pendaki pemula. Yakni terletak di sela-sela antara bukit Pergasingan dan Anak Dara.

Sementara rute yang kedua adalah rute yang sebenarnya lebih cepat namun agak terjal. Yakni rute dari bukit Selong. Namun, untuk menuju ke bukit ini, pintu masuk dan lokasi mendaftar untuk pendakian tetap sama, yakni di pengelola bukit Selong.

Biaya masuk ke lokasi wisata sendiri yaitu sekitar 10 ribu dan belum termasuk biaya parkir mobil atau motor Anda. Bukanlah sebuah harga yang mahal untuk menikmati pemandangan maha karya ciptaan Tuhan ini.

Untuk menuju ke tempat wisata memerlukan waktu yang tidak sedikit. Kurang lebih 4 jam perjalanan. Jika Anda akan menapaki rute yang cukup terjal dan menanjak, maka bisa jadi akan sangat melelahkan dan cukup lama bagi Anda.

Udara dingin bukit pun akan membuat kaki Anda terasa sulit digerakkan. Namun setelah sampai di sana, pemandangan yang Anda akan nikmati dari puncak bukit sangat mempesona. Bukit indah ini serasa seperti surga tersembunyi di sudut ketinggian Sembalun.

source : firstlomboktour.com

Lokasi : Bukit Anak Dara


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url