Bukit Ollon, Wisata Hits di Tana Toraja Sulawesi Selatan

Tana Toraja memang memiliki segudang cerita istimewa yang tidak bisa disebutkan satu per satu. Tak hanya berbagai macam adat dan tradisi yang ada di sini, tapi di Toraja juga banyak destinasi wisata yang indah dan wajib untuk dikunjungi.

Bukan saja pantai dan wisata adat yang bisa kamu nikmati saat ke Tana Toraja, namun ada surga lain yang tersembunyi di sana yang bernama Bukit Ollon. Bukit ini memiliki pemandangan indah layaknya sebuah bukit yang juga ada di daerah bernama yang sama di Swiss lho! Waw...

Bukit Ollon Sulawesi Selatan
Short escape Bukit Ollon Sulawesi Selatan source image : instagram.com/bangdjonku_

Nah, dari sekian wisata bertema alam yang ada di Tana Toraja, Anda tidak boleh melewatkan Lembah Ollon. Ini adalah salah satu spot liburan yang mulai hits di jejaring media sosial. Anda bisa menemukan kawasan tersebut di Lembang Bau, Desa Buakayu, Kecamatan Bonggakaradeng, berselang sekitar 40 km atau satu jam berkendara dari pusat Kota Makale, ibukota Tana Toraja.

Awalnya, Bukit Ollon adalah sebuah lembah biasa, digunakan sebagai lokasi perkebunan dan peternakan warga sekitar yang jumlah hanya sekitar 30 kepala keluarga. Masyarakat setempat sering memanfaatkan kawasan ini untuk dijadikan lahan kebun serta menggunakan tanahnya yang lapang untuk ternak sapi dan kuda. Namun, setelah beberapa traveler mengunggah foto lembah ini ke media sosial, Bukit Ollon pun langsung viral.

Hamparan bukit hijau yang luas akan membuat pengunjung betah berlama-lama berlibur ke tempat ini. Selain itu, Anda pun dapat bermain di sungai yang mengalir di bawahnya atau mengunjungi peternakan kuda, bahkan mencoba menunggang kuda yang dimiliki penduduk lokal. Sementara, untuk mereka yang hobi fotografi, Lembah Ollon tentu menjadi lokasi yang oke untuk diabadikan dengan kamera.

Bukit Ollon Sulawesi Selatan
source image : instagram.com/bangdjonku_
Bukit Ollon Sulawesi Selatan
source image : instagram.com/bangdjonku_


Fasilitas yang disediakan di Lembah Ollon untuk para wisatawan memang masih sangat terbatas. Pengunjung bahkan disarankan untuk membawa bekal sendiri dari kota. Namun, Anda kabarnya bisa meminta air untuk minum kepada warga setempat jika kebetulan tidak membawa. Pemerintah pun baru akan mengembangkan fasilitas di tempat tersebut, termasuk MCK yang memang wajib dimiliki objek wisata. Karena itu, harga tiket masuk ke tempat ini sangat terjangkau, bahkan bisa gratis.

Meski demikian, untuk bisa mencapai puncak bukit, dibutuhkan fisik dan mental yang prima. Pasalnya, Anda perlu melewati jalur yang berliku dan beberapa bagian jalan yang berbahaya. Selain itu, bagian kiri dan kanan jalan merupakan bukit terjal dan jurang yang curam. Jadi, selain jalan kaki, disarankan untuk menggunakan motor berjenis trail atau mobil off-road apabila hendak mengeksplorasi keindahan Lembah Ollon.


Lokasi in Google Maps

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url