Curug Sodong Ciletuh Geopark, Dengan Kearifan Cerita Mistis Yang Melekat

Pernah kah kamu berpikir "apakah ada air terjun terjun dengan pemandangan yang indah  ?" mungkin ada, baik, kali ini saya akan membawa kamu menuju ke Jawa Barat. kali ini kamu tidak boleh melewati air terjun yang satu yaitu, Curug Sodong.

Curug Sodong Waterfall
Curug Sodong Waterfall, instagram.com/id.fauzy_

Curug Sodong Ciletuh Geopark, atau yang biasa dikenal Curug Sodong, merupakan nama dari Air Terjun yang terletak di dalam kawasan Ciletuh Geopark. Atau lebih tepatnya Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Dinamakan sodong karena di balik air terjun ini terdapat cekungan yang menyerupai sebuah gua. Dan dalam istilah bahasa sunda, cekungan yang menyerupai gua tersebut sering disebut sebagai “sodong”. 

Air terjun ini juga dikenal sebagai air terjun kembar karena bentuknya yang memiliki dua aliran air yang jatuh kebawa, dengan ketinggian mencapai sekitar 20 meter.

Curug Sodong Waterfall In Ciltetuh Geopark
instagram.com/zianlutfiana

Cerita mistis dan juga mitos dari masyarakat juga masih melekat pada air terjun ini, ada yang mengatakan bahwa dulunya Curug Sodong sering digunakan oleh sejumlah orang untuk mengetes ilmu kebatinan dan kanuragan. 

Dan ada juga yang mengatakan jika sepasang kekasih yang belum menikah dilarang untuk berenang di danau kecil dari hasil tumpahan air terjun ini. Jika mitos ini dilanggar maka pasangan kekasih tersebut akan mati tenggelam. 

Percaya atau tidak percaya intinya kita tetap harus mematuhi segala bentuk peraturan yang terdapat pada kawasan Geopark Ciletuh. Karna pada dasarnya kita hanyalah pengunjung yang hanya ingin sekedar menikmati panorama yang disuguhkan oleh alam

Lokasi : Curug sodong

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url