Desa Sade : Tujuan Wisata Daerah Lombok, NTB

Mungin bagi sebagian orang berkunjung ke Lombok merupakan salah satu cara untuk merefresh otak dari aktivitas yang begitu melelahkan terlebih dari gempuran dunia kerja.

Apalagi bagi sebagian orang yang telah berkunjung untuk menghabiskan waktunya disana untuk berlibur. Rasanya tak cukup jika hanya seminggu untuk menjelajahi setiap daerah yang tentunya memiliki banyak pemandangan indah.

Hamparan pantai dengan pasir putih yang sangat memukau, air terjun yang sangat jernih, budaya, dan adat istiadat yang kental menjadi daya tarik para wisatawan lokal maupun internasional. Di Lombok sendiri terdapat daerah yang bernama Desa Sade yang merupakan salah satu ikon di Lombok.

desa sade, lombok nusa tenggara barat
Desa Sade source image : Instagram.com/ridwanrinaz_26

Desa Sade, merupakan sebuah desa wisata yang masih mempertahankan adat istiadat, tradisi bahkan bangunan rumah maupun budayanya. Desa Sade sendiri berada di Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Saat mengunjungi Desa Sade, Anda akan dibawa menuju Lombok pada masa lampau di mana bangunan rumah terbuat dari bambu dengan atap ijuk. Ditambah lagi, berbagai aktivitas warga menambah kesan apik dari Desa Sade.


Hal Unik Dari Desa Sade

Desa Sade ialah arsitektur bangunan rumah adat yang masih terjaga dan asri. Warga Desa Sade masih mempertahankan keaslian bangunan Suku Sasak dan mempertahankan keutuhan rumah tradisional Lombok. 

Atap rumah di Desa Sade terbuat dari ijuk, kuda atapnya terbuat dari bambu, dindingnya terbuat dari anyaman bambu, lantainya dari tanah yang di lumuri kotoran kerbau, hal ini dilakukan supaya mengurangi debu, memberikan kehangatan, dan mengurangi potensi serangga masuk.

desa sade, lombok nusa tenggara barat
source image : Instagram.com/gabrielarompis

Bagi orang sasak bangunan tersebut di namakan bale. Rumah di Desa Sade terdiri dari beberapa tipe bangunan antara lain: Bale Bonter, Bale Kodong, dan Bale Tani. Setiap bale memiliki fungsi masing-masing.

Bale Bonter berfungsi sebagai rumah pejabat desa dan juga menjadi tempat untuk persidangan adat. Bale Kodong berfungsi sebagai rumah bagi para orang tua atau jompo maupun orang yang baru menikah dan belum memiliki tempat tinggal.

Bale Tani, rumah bagi para masyarakat yang yang mayoritas menjadi petani. Terdapat 150 KK di Desa Sade, rumah-rumah dengan atap daun alang-alang, dinding bambu dengan lantai yang terbuat dari campuran tanah liat dengan sekam padi. 

Rumah-rumah di Desa Sade sangat ikonik dan memiliki arsitektur khusus yang menjadi salah satu ciri khas Suku Sasak. Rumah di Desa Sade terdiri dari 3 petak, yakni bagian depan yang digunakan untuk kamar laki-laki dan orang tua, kedua digunakan untuk dapur, dan terakhir terdapat ruangan kecil yang digunakan ketika ibu hendak melahirkan.

Saat mengunjugi desa Sade, Anda akan menjumpai banyak warga desa yang menenun. Hasil tenunan yang sangat rapi dengan pengerjaan yang sangat hati-hati, menjadikan tenun Desa Sade menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Penenun di Desa Sade didominasi oleh perempuan dari dewasa hingga tua. Di sela-sela proses penenunan, banyak wisatawan yang belajar untuk menenun.

hasil tenunan dari desa sade
source image : Instagram.com/gabrielarompis

Setiap proses pembuatan kain tenun masih tradisional, mulai dari memintal benang, memberi warna dengan menggunakan bahan alami, hingga pada proses penenunan. Para warga menjual hasil tenunan mereka pada setiap wisatawan.

Anda dapat menjadikan kain tenun khas Lombok sebagai oleh-oleh untuk orang tersayang. Saat berkunjung ke Desa Sade, Anda akan menjumpai berbagai toko oleh-oleh yang menyediakan berbagai kebutuhan, mulai dari kain tenun, gelang, gantungan kunci, dan berbagai oleh-oleh lainnya. Warga Desa Sade sangat ramah dan welcome kepada para wisatawan.


Tips,
Jika Anda ingin berkunjung ke Desa Sade LSebaiknya Anda menggunakan jasa tour & travel agar lebih praktis. sekaligus menjadi akomodasi selama berada disana. 

Itu tadi sedikit ulasan tentang Desa Sade, sebagai salah satu destinasi wisata yang harus Anda kunjungi ketika berlibur ke Lombok.

LOKASI : DESA SADE

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url