Gili Air Island, Destinasi Pilihan Untuk Berlibur - Nusa Tenggara Barat

Kalau di pembahasan sebelumnya tentang Gili Meno Island. Nah, kali ini ada Gili Air yang masuk dalam kawasan wisata bahari yang terdapat di Gugusan 3 kepulauan Gili, Nusa Tenggara Barat.

source image : instagram.com/giliisland.info

Gili Air merupakan salah satu dari tiga gili terkenal di pulau Lombok yaitu gili Air, gili Trawangan, dan gili Meno. Ketiga gili ini berada pada posisi yang berjejer dan berada di kawasan pantai utara Lombok. 

Jika Gili Meno Berada di tengah-tengah pulau, nah untuk Gili air sendiri berada disebelah timurnya  para gili-gili  tersebut.

Dibandingkan gili Trawangan dan gili Meno, gili air merupakan gili yang paling dekat dengan pulau Lombok dan berlokasi tepatnya di Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara.


Daya Tarik Gili Air

Berada disebelah timur Gili Meno tentunya tidak membuat Gili lepas dari para wisatawan yang hendak ingin berkunjung Meskipun Gili air tak setenar Gili Trawangan.

Gili Air sendiri menawarkan keindahan alam bawah lautnya yang masih terjaga keasrian dan kealamaianya. Jika anda berwisata ke Gili air tentunya kamu akan disuguhi dengan ke aneka ragaman hayati laut Indonesia.

Untuk kamu yang hobi menyelam maka Gili air tempat yang pas bagi kamu untuk melakukan snorkling ataupun diving. Dengan menjelajahi alam bawah lautnya tentunya akan memberikan kesan tersendiri bagi kamu yang hobi menyelam.

Kamu tidak perlu khawatir dengan peralatan menyelamnya, karena terdapat banyak jasa penyewaan yang menyediakan peralatan menyelam bagi para penyelam yang ingin menikmati keindahan alam bawah laut.

Jika kamu baru pertama kali dan ingin mencoba menyelam untuk menikmati pemandangan bawah lautnya, kamu dapat meminta ditemani pemandu selam profesional. Spot yang biasanya dikunjungi para penyelam adalah di bagian timur.

Di sini para penyelam akan disuguhi pemandangan yang luar biasa selama snorkeling. Kawasan aman yang biasa digunakan untuk snorkeling memiliki kedalaman 1.5 meter hingga 3 meter. Jika kamu ingin mencoba, upayakan snorkeling saat ombak tenang dan menyelam agak ke tengah agar dapat menikmati pemandangan bawah laut yang mempesona.

Kamu juga dapat mengunjung tempat favorit wisatawan yang memperlihatkan pemandangan alam bawah laut yaitu Air wall, Frogfish point, Air slope, Malang Reef, dan Segaluh. Di tempat-tempat ini anda dapat melihat indahnya gugusan terumbu karang dan ikan-ikan berwarna-warni yang berenang bebas.

Setiap tempat memiliki keunikan tersendiri. Misalnya di Air Wall anda akan disuguhi pemandangan gugusan terumbu karang yang membentang seperti dinding. Anda juga dapat menemukan kuda laut dan kura-kura di sini.

source image : Instagram.com/sarjonodwi

Suasana Pantai di Gili Air

Selain snorkeling, kamu juga dapat berjalan-jalan di tepi pantai menikmati udara khas pantai atau mengobrol dan bercengkrama dengan penduduk sekitar, karena penduduk Gili Air terkenal dengan keramahannya. Selain memanjakan mata, wisatawan juga dapat merasakan kekeluargaan penduduk setempat.

Suasana tenang dan nyaman ini sangat cocok untuk anda yang sering berada di tempat keramaian dan bising. Gili ini menjadi tempat favorit wisatawan mancanegara yang datang ke Lombok seperti wisatawan dari Perancis, Inggris, Australia, Belanda, Italia, dan negara lainnya karena mereka menyukai suasana dan pemandangan alam yang ditawarkan wisata pulau Gili Air.

Maka tak heran apabila di sekitaran pantai Anda akan menemukan banyak wisatawan asing. Akan tetapi tak sedikit pula wisatawan lokal yang berkunjung. 

source image : instagram.com/globetrotter_moments

Fasilitas Gili Air

Walaupun berada di tengah-tengah laut, di pulau ini tersedia berbagai banyak fasilitas diantaranya ,

  • Transportasi.
Ada banyak pilihan transportasi yang bisa kamu gunakan untuk menjelajahi Gili Air Salah satunya   Cidomo atau delman yang menjadi transportasi andalan para wisatawan asin.



  • Penginapan / hotel
Di Gili air sendiri tersedia banyak penginapan yang bisa kamu jadikan sebagai tempat peristirahatan salah satunya Pink Coco Hotels.

Pink Coco | source image : Instagram.com/nicoleteixeira_
Pink Coco | source image : instagram.com/nicoleteixeira_
 
  • Cafe / Restoran 
Banyak pilihan cafe ataupun restoran yang bisa menunjang liburanmu diantaranya lihat tripa restaurant dan cafe digili air

  •  Tempat Ibadah.
Nah yang terakhir tempat ibadah tentunya hal ini jangan dilewatkan ya ges, untuk kamu yang berumat muslim tersedia masjid yang cukup besar yaitu, Mesjid Agung Baiturahman sebagai tempat untuk beribadah, sayangnya disini belum tersedia banyak fasilitas tempat ibadah seperti halnya gereja ataupun tempat ibadah lainnya.

Semua fasilitas tersebut dapat memudahkan anda dalam beraktivitas selama berlibur di Gili ini. Sehingga anda akan benar-benar menikmati pemandangan baik di pantai maupun bawah laut dengan tenang tanpa khawatir terganggu. Siapa yang tidak terpikat dan penasaran dengan keindahan alam wisata pulau Gili Air ?

Akses Dan Biaya Menuju Gili Air

Ada dua akses utama menuju Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, yaitu dari Pelabuhan Bangsal (publik) atau dari Teluk Kodek (private). Dari area Senggigi atau Mataram, kamu bisa naik angkutan umum Rp15.000; 2 jam perjalanan), ojeg (Rp50.000 1 jam perjalanan), atau taksi Rp100.000; 45 menit perjalanan).

Untuk angkutan umum, atau biasa disebut engkel, kamu bisa naik dari Cabang 4 Pasar Rembiga, sekitar 200 m dari bekas Bandara Selaparang, lalu turun di pertigaan Pelabuhan Bangsal. Dari pertigaan ini, kalian bisa jalan kaki sekitar 200 m untuk mencapai pelabuhannya atau bisa juga naik Cidomo (semacam andhong) dengan ongkos sekitar Rp5.000, - Rp10.000, (tergantung negosiasi).

Di pelabuhan, kamu tinggal membeli tiket kapal penyeberangan ke Gili Air Rp10.000, Gili Meno Rp12.000, dan Gili Trawangan Rp13.000. Waktu tempuh ke masing-masing pulau berbeda-beda, namun untuk ke Gili Trawangan (yang paling jauh) itu membutuhkan waktu sekitar 45 menit penyeberangan. Yang perlu diingat, kapal publik dari Pelabuhan Bangsal ini baru akan berangkat bila sudah penuh (kapasitas sekitar 20 orang), jadi kamu perlu pertimbangkan waktu menunggu kapalnya. Pastikan sebelum pukul 16.00 WITA kalian sudah sampai di Pelabuhan Bangsal karena kapal hanya beroperasi maksimal pukul 17.00 WITA.

Jika kamu berasal dari area Bali, ada beberapa alternatif lain untuk menuju ke 3 gili tanpa harus ke Bandara Internasional Lombok, yaitu dengan naik fast boat dari Bali (Tanjung Benoa / Sanur) langsung ke Gili Trawangan. Namun demikian, cara ini jarang sekali ditempuh karena ongkos yang dibutuhkan terkesan cukup mahal, meskipun sebenarnya jauh lebih cepat dan efektif.

Jika kamu berminat menempuh cara tersebut, kalian Lio bisa datang langsung ke Sanur / Tanjung Benoa untuk memesan tiket kapalnya. Harga yang ditawarkan variatif, tergantung tipe kapal dan fasilitas lainnya, namun rata-rata operator mematok tarif sekitar Rp350.000, - Rp500.000 sekali jalan. Selain Gili Trawangan, di Lombok, fast boat tersebut juga bisa mengantarkan kamu ke Teluk Kodek dan dilanjutkan ke Senggigi dengan bus

Tips,

Jika Anda ingin berkunjung ke Pulau Gili Sebaiknya Anda menggunakan jasa tour & travel agar lebih praktis. sekaligus menjadi akomodasi selama berada disana. Salah satu jasa tour travel yang bisa menemani kamu menjelajahi pulau Lombok yaitu, lomboktourplus.com kamu bisa menghubunginya lewat nomor yang tertera pada situs. 

LOKASI : GILI AIR ISLAND

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url