Goa Jomblang, Daya Tarik Hingga Pesonanya yang Memukau | Yogyakarta

Apa kamu sedang berada di Yogyakarta atau sedang berlibur menikmati keindahan alam yang saat ini tidak ingin di ganggu. Tenang dulu banyak destinasi pilihan yang bisa kamu jumpai dimanapun termasuk di Yogyakarta, salah satunya Goa Jomblang.

Tapi tunggu dulu bukan cuma kulinernya aja yang terkenal jika berada di Yogyakarta. Kamu harus nyobain destinasi wisata Goa Jomblang yang menjadi andalan para wisatawan ini. Tapi sebelum itu kamu harus kenal dulu sama goa yang satu ini.

Goa Jomblang
goa jomblang source image instagram.com/rendyjoanda

Goa Jomblang atau dalam bahasa Jawa Luweng Jomblang merupakan sebuah tempat wisata alam berupa dinding bebatuan yang letaknya menjulang kebawah dengan kedalaman yang bervariasi. Dengan kedalam tertinggi mencapai 80 meter terhitung mulai dari bibir hingga dasar goa. 

Dengan bentuknya yang vertikal dan dihiasi hutan purba di dasarnya, membuat goa sepanjang 300 m kerap ramai dikunjungi para wisatawan lokal maupun luar.

Perlu diketahui, Goa Jomblang terbentuk adanya proses geologi pada ribuan tahun lalu yang mengakibatkan ablesnya tanah beserta vegetasi yang ada didasar bumi. Karena Reruntuhan tersebut, terbentuklah sebuah sinkhole atau sumur besar dengan berluas sekitar 50 m.

Lokasi masuk Goa Jomblang
Ket : beberapa wisatan yang hendak memasuki goa jomblang
source image : instagram.com/qhventures


Daya Tarik Goa Jomblang

Goa Jomblang mempunyai daya tarik tersendiri bagi para pengunjungnya, tak hanya menawarkan keindahan alam goa, tempat ini juga menjadi salah tempat untuk menguji adrenanalin, dan sangat cocok untuk kamu yang memiliki jiwa petualang.

Menariknya, meskipun berada di bawah permukaan tanah, membuat goa ini terkesan sangat unik dengan adanya pepohonan dan banyaknya bebatuan, membuat wisatawan yang datang menyebutnya dengan sebutan hutan purba. 


Tah hanya itu saja, berbagai spot menarik juga terdapat di goa Jomblang ini salah satunya yaitu adanya cahaya ilahi yang memancar dari atas goa berupa lampu sorot tapi tidak bergerak. Yap Pancaran sinar matahari tersebut dapat kamu jumpai jika berkunjung ke Goa Jomblang ini.

ludoganang41
source image : instagram.com/ludoganang41

Akses Dan Rute Menuju Goa Jomblang 

Jarak yang akan Anda tempuh untuk menuju lokasi ini dari pusat kota Jogja terbilang cukup jauh yaitu sekitar 48,9 kilometer. Karena jarak tersebut, Anda harus menempuh waktu sekitar 1 jam 37 menit dengan kendaraan normal roda dua atau empat.

Untuk menuju Goa Jomblang bisa dibilang susah-susah gampang, rutenya pun berkelok-kelok dan terjal. Tapi untuk menuju lokasinya terbilang cukup mudah ditemukan karena berada di deretan objek wisata Gunung Kidul. 

Fasilitas Goa Jomblang 

Melihat pontensi alam yang banyak dimininati oleh pengunjung tentunya membuat pengelola tersebut telah mempersiapkan berbagai fasitas umum yang memadai seperti,
  • Tempat Parkir
  • Kamar Mandi / Toilet
  • Penginapan And Resort 
  • Mushola
  • Penitipan barang-barang
  • Pemandu Lokal
Sedikit penjelasan,
karena medannya yang begitu ekstrim tentunya pemandu lokal sangat di butuhkan di tempat ini. Dan untuk menyusuri goa kamu juga harus memiliki peralatan standar caving dan keahlian teknik menyusur atau single rope. Bukan cuma itu kamu juga harus memiliki safety set berupa seat & chest harness, auto descender, ascender/croll, jammer, cowstail, panjang pendek, carabiner, serta footloop. Serta penunjang lainnga seperti sepatu boat coveral dan helm yang di lengkapi headlamp.

Tips, Berkunjung ke Goa Jomblang

Untuk kamu yang ingin berkunjung sangat disarankan jika kamu mengunjungi pada saat musim kemarau sebab jika musim penghujan Medan akan terasa sangat sulit dan juga berlumpur, tapi itu tergantung teman-teman sendiri. Dan juga ada baiknya menggunakan jasa pemandul lokal sebagai akomodasi saat berada di Goa Jomblang.

Lokasi in Google Maps

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url