Mengenal Videografi dari Hobi Hingga Menjadi Profesi

Kebiasaan mengubah hobi jadi uang tampaknya bukan perilaku yang asing lagi bagi kaum millenials.

Internet dan produk-produk teknologi yang telah berkembang tentunya, membuat semuanya semakin mudah untuk memulai bisnis apalagi untuk dibidang videografi.

Tapi sebelum apa itu videografi?
Videografi adalah proses pengambilan video menggunakan media elektronik seperti atau kamera atau handphone. 

Di antara sekian banyak hobi, videografi punya pamor tersendiri dalam mengubah kegiatan yang digemari jadi ladang meraup untung.

Kegiatan mengabadikan momen tersebut sebenarnya memiliki cukup banyak macam dalam spektrumnya.

Dalam videografi misalnya, kamu pasti sudah tidak aneh dengan istilah video blog atau vlog. Meski terkesan sederhana dan ‘spontan’ dalam proses produksinya, namun vlog yang baik tentu berpaku pada pakem-pakem videografi tertentu. Dan, pastinya, penghasilan para vlogger yang sukses sudah tidak dapat diragukan lagi.

Tahukah kamu kalau duo YouTubers pencetus video reaction bisa mengantongi hingga sekitar 113 milyar rupiah lewat vlog-vlog mereka? Vlog hanyalah ujung dari gunung es. Masih banyak jalur yang kamu pilih sendiri untuk berbisnis di kancah videografi seperti contohnya.,
  • Wedding documentation
  • Advertising
  • Media production
Apapun pilihanmu, terjun menyelami bisnis videografi perlu dicoba untuk kamu yang memiliki hasrat besar dalam merekam momen.

Mengenal apa itu videografi ?

Videografi adalah suatu media untuk merekam adegan atau kejadian dalam satu gambar berbentuk video atau suara.

Seperti yang sekilas disebutkan di awal, produk profesional tidak luput dari peranan fotografer handal yang memahami teknik pengambilan gambar. Berbekal kemampuan tersebut diperoleh hasil video yang bisa dinikmati berbagai kalangan. Sebelum menghasilkan produk jadi, setiap adegan yang direkam akan melewati proses editing sesuai kebutuhan.

Berbagai efek dan filter bisa ditambahkan, demikian pula dengan teks, suara, atau komponen videografi lainnya. Proses editing ini membutuhkan aplikasi khusus yang beberapa diantaranya ada yang bisa digunakan secara gratis ataupun berbayar.

Selesai pengeditan, video bisa menjadi konten yang siap diunggah sesuai tujuan produksi Berikut ini beberapa jenis videografi sesuai penggunaannya, diantaranya:

Video Komunikasi Visual

Jenis ini mengharuskan video yang dibuat harus mampu menjadikan gambar sebagai perwakilan dalam penyampaian suatu pesan.

Dibutuhkan kepekaan saat syuting, teknik pengambilan gambar yang baik, skenario matang, dan penyutradaraan handal agar pesan bisa disampaikan sebagaimana seharusnya.

Video Jurnalistik

Jenis berikutnya videografi jurnalistik ini memiliki nilai berita. Terdapat narasumber, pendapat ahli, verifikasi, konfirmasi, dan data yang valid. Video dikemas sedemikian rupa menjadi produk berita yang layak diinformasikan kepada penonton. Video Biografi Biografi seorang tokoh berpengaruh tidak hanya dapat disajikan dalam bentuk tulisan atau buku.

Kini Anda juga bisa mengemas biografi dalam bentuk video yang menarik. Suguhan biografi dalam bentuk video pun dinilai lebih membekas dalam ingatan audience yang menjadi sasarannya.

Video Training

Jenis videografi ini biasanya dibutuhkan oleh perusahaan atau organisasi. Pengemasan kegiatan training dalam bentuk video memberi kemudahan tersendiri terutama dalam pemahaman.

Pasalnya adanya ilustrasi atau gambar memberi pemahaman yang lebih baik dibanding tulisan.

Video Dokumentasi Acara

Dokumentasi menjadi satu hal penting, baik untuk acara personal ataupun perusahaan. Dokumentasi ibarat bukti konkret telah berlangsungnya suatu acara.

Untuk dokumentasi personal seperti pernikahan misalnya sekarang ini bisa dikemas lebih menarik dalam bentuk video. Mengabadikan momen sakral yang dibidik dan dirangkai menjadi cerita yang manis untuk dikenang di masa mendatang.

Video Dokumenter

Video dokumenter merupakan video yang menyuguhkan dokumentasi. Penggunaan teknik dasar videografi dalam jenis video ini diperlukan agar mendapat sajian yang bagus dan meninggalkan kesan dalam diri penontonnya. Sehingga mereka yang menonton bisa mengetahui fakta-fakta yang memang ingin disampaikan melalui pembuatan video dokumenter tersebut.

Video Tutorial

Penggunaan teknologi sekarang terus berkembang dan semakin intens. Banyak orang mulai memanfaatkan teknologi untuk menunjukkan bakat atau hal-hal yang digemari. Bakat tersebut kemudian dikemas dalam bentuk video yang tidak jarang dijadikan tutorial. Seperti tutorial memasak, berdandan, menggunakan hijab, dan lain sebagainya.

Produk video tutorial kemudian diunggah ke media sosial dan menghasilkan pundi-pundi dalam jumlah menjanjikan.

Video Promosi

Videografi juga bisa ditujukan untuk kegiatan promosi. Di mana adegan gambar diambil mengikuti skenario tertentu dan ditujukan untuk mempromosikan sesuatu. Promosi ini pun begitu luas, bisa untuk produk ataupun jasa.

Pengemasan yang baik tentunya akan menghasilkan video promosi menarik yang selalu terlintas diingatkan mereka yang menontonnya.

Itulah beberapa jenis produk videografi sesuai penggunaannya. Kebutuhan akan videografi dewasa ini terus meningkat. Tidak hanya untuk industri hiburan saja, tapi sejumlah pekerjaan sekarang bisa dikemas menjadi video yang interaktif. Seperti untuk kebutuhan tutorial, travelling, pemasaran, dan lain sebagainya seperti yang sudah disebutkan di atas.

Penggunaannya pun luas bisa untuk perorangan hingga organisasi atau perusahaan

Untuk memulai bisnis jasa pembuatan videografi, tentunya kamu perlu memperhatikan 6 hal-hal berikut ini


  • Tim solid
Foto team
Image by senivpetro on Freepik

Tentunya ketika kamu mau menjalankan bisnis jasa pembuatan videografi, maka kamu harus mempunyai sebuah tim yang mampu mengelola bisnis kamu dengan baik.

Tim ini mempunyai tugasnya masing-masing, seperti kameramen, video editor, dan mengatur lighting. Usahakan orang yang tergabung dalam tim kamu adalah orang yang memiliki kemampuan yang baik dalam bidang video maupun audio.

Jumlah tim produksi shooting sesuai dengan kebutuhan SDM yang bergantung pada acara dan juga peralatan yang digunakan. Dan yang paling penting, usahakan kemampuan kerja sama dalam tim kamu bisa berjalan baik, karena bisnis ini tidak akan dilakukan oleh seorang diri. Lakukan good teamwork skill dan terapkan kemampuan bekerja sama dalam bisnis ini.

  • Survei tempat yang akan dijadikan kantor atau lokasi bisnis
Foto survei tempat
Image by master1305 on Freepik

Sebelum kamu memulai membuka usaha jasa videografi, kamu harus survei dulu terkait tempat yang akan dijadikan lokasi usaha. Survei ini dilakukan untuk mengetahui apakah di lingkungan tersebut sudah terdapat layanan jasa yang serupa atau belum.

Apabila di tempat atau lingkungan tersebut belum ada yang menawarkan jasa videografi, maka kamu bisa menjadikan lokasi tersebut sebagai tempat usaha.

  • Memiliki peralatan sebagai penunjang
Foto orang bekerja dengan orang baru
Image by Freepik

Ketika kamu mau shooting video, tentunya harus memiliki perlengkapan penting, seperti roll kabel power, komputer editing, printer, roll kabel RCA untuk video. Selain itu, kamu juga membutuhkan lampu, tripod, stand lampu mixer video, dan kamera video. Kalau modal kamu terbatas, belilah peralatan ini sesuai dengan kemampuan kamu.

  • Memperhatikan marketing skill dan negosiasi
images saucasian man drinking coffee with computer screen showing marketing strategy
Image by rawpixel.com on Freepik

Dalam berbisnis, marketing skill sangat diperlukan dalam memasarkan bisnis kamu. Kalau kamu tidak mempunyai skill ini, maka kamu akan kesulitan memasarkan bisnis kamu. Kamu harus berupaya menguasai pasar dengan melakukan marketing baik secara konvensional maupun dalam bentuk online. Dan jangan lupa untuk selalu memanfaatkan media digital dalam melakukan pemasaran jasa tersebut.

Selain itu, kamu juga harus mempunyai kemampuan persuasif dan negosiasi. Sebab tidak hanya memperkenalkan sebuah jasa melainkan pebisnis juga harus sebisa mungkin mengajak orang-orang untuk memakai jasanya. Selain persuasi, kemampuan negosiasi juga sangat penting agar sebuah transaksi dapat memuaskan dan dapat memenuhi kedua belah pihak.

  • Memiliki kemampuan analisis dan teliti
Images, Asian woman suitstanding office pointing clipboard with poster word
Image by pressfoto on Freepik

Kemampuan analisis dalam berbisnis sangat dibutuhkan ketika kamu akan menentukan target pasar secara tepat. Selain itu, kemampuan ini juga sangat berguna buat mengetahui keinginan pasar, sehingga kamu dapat dengan mudah mengembangkan jasamu. Selain itu, pebisnis juga harus mempunyai sifat yang teliti.

Karena, bisnis yang dilakukan ini akan berhubungan dengan orang banyak orang jadi tentu saja sifat ini perlu untuk diterapkan. Kesalahan kecil saja yang kamu lakukan pada saat melakukan pekerjaan maka akan dapat menjadi penilaian negatif bagi masyarakat.

Bisnis videografi ini memang tergantung pada saat momen tertentu saja, tetapi hal ini tidak perlu kamu dikhawatirkan. Yang terpenting adalah, kamu harus menjalankan bisnis ini dengan keseriusan dan mempunyai konsistensi terhadap bisnis yang akan dijalankan. Jangan ragu kalau kamu mempunyai keterampilan dalam bidang ini sebab semua harus dicoba dengan ide-ide yang tentunya kreatif.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url