News Chrome OS 105 - Luncurkan Fitur Baru Penghemat Baterai Bagi Pengunanya

Google Chorme New Fitur


Google Chrome, selalu menjadi pilihan untuk berselancar di dunia internet, dengan kemajuan teknologi membuat perusahaan sebesar Google terus melakukan upaya dalam perkembangan produknya. Salah satunya Google Chromebooks. 

Dalam postingan terbarunya, Perusahaan membahas satu trik aneh yang bereksperimen dengan Chrome mengurangi aktivitas CPU untuk meningkatkan masa pakai baterai.

Teknisi Google juga mengklaim telah mengurangi keseluruhan jejak browser pada ruang penyimpanan. Tentunya Ini bisa sangat bermanfaat bagi Chromebook perusahaan. Apa yang dilakukan Google tentunya untuk menguji metode baru untuk menangani tab tersembunyi.

source googlechromebook
source, abouthromebooks.com

Ini adalah tab di browser yang tidak dilihat oleh pengguna. Jika Anda seperti kami, ini bisa berada di kisaran 20-40 tab (setidaknya) duduk di sana dengan sabar. Saat ini, Google membiarkan tab tersebut duduk selama lima menit sebelum membatasi Javascript pada tab tersebut. Setelah lima menit habis, ia kemudian memeriksa tab setiap menit. Ini memastikannya siap bagi pengguna untuk melihatnya ketika mereka melakukannya. Ini disebut Intensive Wake Up Throttling, dan awalnya dikirimkan di Chrome 86. 

Dikutip dari situs web Aboutchromebooks melihat perubahan di Chrome OS 105. Ini merupakan saluran pengembang, untuk menguji fitur baru dalam versi OS 105, pengatur waktu 5 menit Chrome juga telah diubah menjadi pengatur waktu 10 detik. Itu berarti sebelum Javascript berjalan selama lima menit pada tab tersembunyi OS bekerja sebelum membatasinya.

Tentunya ini sangat berpengaruh jika anda memiliki banyak tab tersembunyi, ini sangat memengaruhi masa pakai baterai. Dokumentasi ini juga menjelaskan alasan perubahan tersebut. Tercatat, 

 “ batas waktu 5 menit sangat konservatif dan dipilih untuk memungkinkan peluncuran Intensive Wake Up Throttling dengan risiko regresi minimal. Jadi sekarang kami sedang mempertimbangkan untuk mengurangi batas waktu menjadi 10 detik, hanya untuk halaman yang dianggap dimuat saat disembunyikan.” Ini menyebut fitur ini“ Pembatasan timer intensif cepat dari halaman latar belakang yang dimuat.” 

Dokumen itu juga mengatakan bahwa sejauh ini terlihat hasil positif dalam pengujiannya. 

Ini diharapkan dapat memperpanjang masa pakai baterai. Eksperimen di saluran Canary dan Dev tidak mengungkapkan regresi apa pun pada metrik pemandu kami dan ada peningkatan yang signifikan (~10%) pada waktu CPU ketika semua tab disembunyikan dan diam.” 

Pengurangan 10 persen dalam waktu CPU secara keseluruhan tidak sama dengan peningkatan 10 persen dalam masa pakai baterai — peningkatan umur apa pun akan menjadi sebagian kecil dari jumlah ini.

Meskipun demikian blog ini membahas tentang perilakunya di Chromebook, tentunya orang akan mengharapkan tersedianya untuk pengguna Chrome mana pun jika berhasil dalam jangka panjang.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url