Pesona Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang, Jama Timur


Tumpak Sewu Lumajang Jatim
Tumpak sewu Lumajang Jawa Timur | source image : instagram.com/malthezimaoff

Air terjun Tumpak Sewu merupakan salah satu air terjun terindah di Indonesia. Oleh karena itu, tempat ini layak menjadi destinasi wisata favorit yang wajib dikunjungi.

Keindahan air terjun Tumpak Sewu yang terlihat, tidak hanya dua atau tiga mata air, tetapi wisatawan bisa menyaksikan air yang mengalir dari beberapa sumber mata air. Pancuran air itu membentuk seperti ditumpuk-tumpuk sehingga disebutlah Tumpak Sewu.

Air Terjun Tumpak Sewu terlihat seperti tirai putih raksasa yang menutupi tebing batu. Keindahan inilah yang membuat Tumpak Sewu selalu dikunjungi wisatawan lokal, baik dari Lumajang, Malang dan kota-kota lainnya serta wisatawan mancanegara.

Wisatawan menilai, air terjun Tumpak Sewu merupakan air terjun terindah di Pulau Jawa dan Indonesia. Hal itu karena air terjun Tumpak Sewu memiliki formasi unik yakni memiliki aliran air yang melebar seperti tirai sehingga termasuk dalam tipe air terjun Tiered.

Lokasi Air Terjun Tumpak Sewa berada di dalam sebuah lembah curam memanjang dengan elevasi 500 meter di atas permukaan air laut. Air Terjun Tumpak Sewu terbentuk di aliran Sungai Glidih yang berhulu di Gunung Semeru.

Air terjun ini berada di dalam hutan yang rimbun dengan tanaman dan pepohonan hijau. Bentuk air terjun ini dikatakan mirip Niagara di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada. Saking indahnya, banyak juga yang mengatakan bahwa Air Terjun Tumpak Sewu ini adalah satu-satunya air terjun terindah yang ada di Indonesia.

source image : instagram.com/watchluke



AKSES MENUJU TUMPAK SEWU

Bila wisatawan datang saat cuaca sedang cerah, dapat melihat gagahnya puncak Gunung Semeru dari lokasi air terjun ini. Konon, banyak cerita yang beredar di masyarakat dan menjadi mitos di warga sekitar mengenai air terjun Tumpak Sewu. Jadi, siapapun yang mencuci wajahnya dengan air yang mengalir dari air terjun ini akan awet muda.

Meskipun belum pasti kebenarannya, mitos tersebut pastinya membuat sebagian orang yang percaya bersemangat untuk mendatangi air terjun ini 

Dicap sebagai air terjun terindah di Pulau Jawa dan Indonesia, air terjun ini punya beragam daya tarik yang tidak dimiliki air terjun lain. Pertama untuk menikmati keindahan air terjun ini bisa dari atas dan dari bawah.

Bagi wisatawan yang ingin melihat dan merasakan langsung kesegaran airnya, bisa turun ke lembah melewati track yang cukup curam sepanjang 800 meter yang penuh adrenalin

Bagi wisatawan yang ingin melihat keindahan Tumpak Sewu, tapi malas atau tidak berani turun ke bawah, ada pilihan untuk menikmati pesona yang ada. Lokasi untuk itu ada di Bukit Panorama.

Di sini sudah disediakan sebuah gardu pandang permanen berupa bangunan seluas 30 meter persegi. Bangunan ini mampu menampung sekitar 50 orang pengunjung yang biasanya sangat ramai pada akhir pekan. Jarak gardu pandang ini dari lokasi air terjun sekitar 100 meter. Meski cukup jauh, namun pemandangan air terjun yang tersaji dari tempat ini juga tak kalah indahnya.

Selain menikmati keindahan air terjun Tumpak Sewu, wisatawan juga bisa menikmati air terjun bernama Goa Tetes pada saat memasuki Tumpak Sewu dari pintu masuk Lumajang. Dinamai Goa Tetes karena di balik air terjun ini ada sebuah goa yang konon sering dijadikan tempat menyepi oleh orang-orang yang menganut kepercayaan tertentu.
 
source : investor.id

LOKASI : TUMPAK SEWU

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url