Pesona Gua Haji Mangku Berau Kalimantan Timur

Kabupaten Berau Kalimantan timur, seakan tidak pernah habis memberikan kejutan yang berupa keindahan alamnya mulai dari Labuan Cermin, Kepulauan Derawan, Kakaban, Nah kali ini ada lagi Gua Haji Mangku yang berada di Pulau Maratua.

Gua Haji Mangku merupakan gua yang berada di Pulau Maratua, Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. 

Lokasinya berada sekitar puluhan meter dari bibir pantai utara Pulau Maratua. merupakan  gua yang terletak di tebing pantai terpencil yang memiliki air teramat jernih dan tenang. Serta ditambah dengan pemandangan gua yang mempesona selayaknya gua alam.

Gua Haji Mangku
gua haji mangku ( source image : instagram.com/verniars )

Objek wisata Gua Haji Mangku terkenal akan tempatnya yang tersembunyi. Hal ini disebabkan sebelum mencapainya para wisatawan harus melalui sebuah gua terlebih dahulu.

Gua tersebut merupakan pintu masuk dari danau air payau yang sejuk ini. Pada saat melewati pintu gua yang berair, para pengunjung akan merasakan sensasi yang bercampur aduk antara menyeramkan, menegangkan serta menyenangkan.

Sementara itu, danau berwarna kebiruan ini memiliki ruang yang cukup sempit, sehingga jika dilihat lebih dalam maka akan nampak seperti jurang yang dalam.

Gua Haji Mangku

Meskipun lokasinya tersembunyi, namun rasa lelah serta takut akan terbayarkan dengan sebuah pengalaman yang tak terlupakan.

Airnya yang berwarna biru toska yang bergemilang, menjadikan danau ini nampak seperti dunia yang ada di dimensi lain.

Untuk menuju Gua Haji Mangku dapat memulai perjalanan dari Pulau Maratua. Hal ini dikarenakan lokasi Gua Haji Mangku lebih dekat bila diakses dari Maratua.

Sementara itu untuk sampai ke tujuan, para wisatawan bisa memilih satu diantara dua pilihan transportasi yakni lewat darat atau lewat laut.

Bila menggunakan jalur darat, pengunjung bisa memakai kendaraan bermotor dari Pulau Maratua menuju Desa Payung-Payung. Setelah itu, lanjutkan dengan trekking sekitar beberapa jam hingga sampai ke lokasi gua.

Gua Haji Mangku
asource image : instagram.com/aliyaedy rl
Gimana Tertarik Ingin Mengunjunginya,, ?

Lokasi in Google Maps

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url