Pesona Gunung Sindoro di Kab. Temanggung, Jawa Tengah

Gunung Sindoro atau yang juga dikenal dengan sebutan Sindara, merupakan gunung berapi aktif yang yang terletak di dua kecamatan yakni, Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah. 

Dengan ketinggian 3.136 mdpl menjadikan Gunung Sindoro sebagai salah satu gunung tertinggi di Jawa tengah. Bagi warga sekitar gunung Sindoro juga disebut sebagai gunung kembar karena letaknya yang berdekatan dengan Gunung Sumbing. 

Makanya jangan heran kalau ada teman ataupun kerabat yang ingin mendaki ke gunung Sindoro tapi yang diperlihatkan malah panorama dari gunung Sumbing.

Gunung Sindoro | source image Instagram.com/vianvz

Seperti gunung pada umumnya yang memberikan panorama keindahannya melalui ketinggian, berbeda dengan gunung Sindoro yang memberikan panorama keindahan berupa hamparan pegunungan yang menjulang tinggi di atas daratan tanah Jawa. 

Gunung Sindoro juga terbilang sebagai jalur pendakian paling mudah karena ada banyak jalur pendakian yang bisa ditempuh untuk mencapai puncak Sindoro Salah satunya Yaitu, Jalur Pendakian via Kledung. Ya walaupun jika dilihat sekilas gunung ini terlihat menjulang tinggi keatas, akan tetapi dengan adanya berbagai pilihan jalur pendakian tentunya akan sangat membantu untuk kamu yang ingin mencapai puncak Sindoro.

Keistimewaan dari Gunung Sindoro

  • Telaga Ajaib di Kawah Gunung
Karena gunung Sindoro merupakan gunung api aktif, tak heran jika gunung ini mengeluarkan asap dan gas sulfututara atau ( belerang ). Tapi bukan itu yang menariknya, melainkan adanya dua danau kecil yang berisikan air yang jernih yang terdapat dalam kawah Gunung Sindoro yang dikenal dengan sebutan Telaga Ajaib.

source image : Instagram.com/rbihsan

  • Bersebelahan Dengan Gunung Sumbing
Dari sebutan Gunung kembar, tentunya ini yang membuat gunung Sindoro memiliki bentuk dan tinggi yang tidak jauh berbeda dengan Gunung Sumbing. Karena kemiripannya, tentu banyak yang sulit membedakannya. 

Saat berada di puncak Gunung, kamu akan melihat jelas pemandangan Gunung Sumbing dengan segenap kumpulan awan disekeliling gunung Sumbing, dan menjadi pesona khas yang dimiliki Gunung Sindoro.

source image : Instagram.com/totokjadul_sindoro

  • Hamparan Bunga Edelweiss
Nah yang terakhir yaitu, hamparan bunga Edelweissnya yang menjadi pesona untuk Gunung Sindoro. Tak heran banyak dari traveler yang menjadikan Gunung Sindoro sebagai salah satu tujuan untuk mendaki

Pemandangan Gunung Dengan Hamparan Bunga Edelweiss source image : Instagram.com/desmin.palamba

Nah, untuk kamu yang ingin melihat hamparan bunga Edelweiss disarankan untuk melakukan pendakian antara bulan Mei hingga Agustus.

Lokasi in Google Maps

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url