Pesona Pulau Kenawa Sumbawa, Nusa Tenggara Barat - INDONESIA

Pulau Lombok merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Pesona yang ditawarkan beragam, mulai dari pantai hingga pegunungannya

Oleh karena itu, tak salah jika Lombok kerap jadi masuk daftar impian para wisatawan untuk berkunjung dan berlibur di sana

Salah satunya pantai yang paling dekat dengan Pulau Lombok yatu, pantai di Pulau Kenawa, pantai dengan pasir putih ini mengelilingi sebuah pulau yang tidak berpenghuni. Dengan berluaskan sebesar 15 hektare dengan garis pantai membentang sejauh sekitar 1,73 kilometer terletak di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

short escape Kenawa island Lombok | source image : instagram.com/endyiron

Selama ini, Pulau Kenawa memang identik dengan wisata bukit dan padang savananya, namun ternyata pantainya tidak kalah menarik loh..

Jika sudah menginjakkan kaki ke pantai Kenawa 
Tentunya kamu tidak bisa melewatkan kesempatan terjun mandi ke laut ataupun untuk sekedar berendam di pantai tersebut.

Saking bening airnya, kita bisa melihat secara langsung ikan dan binatang bawah laut dengan mata telanjang," 

Keindahan lautnya pun masih terjagaa, oleh sebab itu cocok untuk kamu yang hobi snorkeling. Kammu juga  bisa berlama-lama disana untuk bisa puas menikmati keindahan bawah lautnya yang beragam.

source image : instagram.com/beach_girrrl

Selain menyajikan pemandangan air laut yang seperti kolam renang, di tengah Pulau Kenawa ada bukit kecil yang cocok digunakan untuk menikmati matahari terbit di pagi hari dan matahari terbenam di sore hari, serta bintang di malam hari.

Bukit kecil itu menjadi ikon Pulau Kenawa dengan pemandangan padang rumput yang berwana kehijauan saat musim hujan. Sedangkan ketika musim kemarau, padang rumput berubah menjadi padang savana yang kuning gersang.

Kendati demikian, perubahan warna itu juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang.

Bahkan, mereka yang sudah datang saat padang rumput berwarna hijau, ingin datang lagi ketika berwarna kuning gersang. Begitu pun sebaliknya.

Bukit kecil di tengah Pulau Kenawa juga bisa didaki, namun tetap harus berhati-hati sebab selain memiliki kemiringan sekitar 85 derajat, kondisi tanahnya cukup licin.

Saat kita berada di puncak bukit Kenawa, kita bisa melihat padang savana dan lautan lepas yang sangat cantik sekali

Bukit Penawa yang terdapat di tengah-tengah pulau Bukit Penawa | source image : instagram.com/laila.nr

Keindahan laut yang tenang, wisata bawah laut yang luar biasa, bukit dan lainnya di Pulau Kenawa membuat wisatawan ingin kembali lagi, dan lagi ke pulau itu.

Sementara warga setempat , berharap keberadaan ikon Pulau Kenawa berupa bukit sejauh ini sudah cukup mampu menarik wisatawan penasaran ke pulau


FASILITAS PULAU KENAWA

untuk fasilitas kamu tidak perlu khawatir di Pulau Kenawa tentunya sudah terdapat fasilitas "berugak" atau gazebo tempat beristirahat atau shalat, serta toilet umum gratis yang relatif cukup bersih sebagai tempat bilas.

Namun, untuk menggunakan fasilitas tersebut anda hanya perlu membeli air bersih yang dijual per galon. Satu galon dihargai Rp15.000 oleh penjual warung yang ada di Kenawa.

Di Pulau Kenawa juga hanya ada satu warung yang menyediakan berbagai minuman terutama kopi, serta makanan bagi wisatawan yang tidak membawa bekal. 

Bahkan jika seharian anda belum merasa puas melihat melihat warna-warni terumbu karang, ikan dan berbagai jenis binatang laut lainnya, anda bisa menginap di Kenawa.

Tapi tentunya menginap dengan berkemah menggunakan tenda, sebab di Pulau Kenawa merupakan pulau yang tidak berpenghuni jadi tidak ada penginapan khusus.

Saat cuaca bersahabat, setiap akhir pekan Kenawa selalu menjadi tujuan untuk wisata berkemah, dan paginya bisa menikmati matahari terbit.


AKSES MENUJU PULAU KENAWA

Akses menuju Pulau Kenawa cukup mudah, dari Kota Mataram membutuhkan waktu sekitar empat jam, termasuk perjalanan menyeberang dari Pelabuhan Kayangan, Pulau Lombok menuju Pelabuhan Poto Tano, Pulau Sumbawa.

Setelah sampai di Pelabuhan Poto Tano, wisatawan menuju dermaga penyeberangan ke Pulau Kenawa dengan jarak sekitar 200-300 meter dari pelabuhan dengan waktu tempuh sekitar 20 menitan. Dilanjutkan untuk  menyewa perahu nelayan dengan tarif sekitar Rp220.000-250.000 untuk pulang pergi.

LOKASI : PULAU KENAWA

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url