Objek Wisata Tegalalang Rice Terrace, BALI

Pulau Dewata Bali tidak hanya memiliki pantai yang indah, namun juga hamparan sawah yang berundak seperti yang disajikan oleh objek wisata Tegalalang. Dalam paket tour di Bali tempat ini sering dikunjungi saat perjalanan dengan rute searah Kintamani – Ubud, lokasinya sendiri berada tidak jauh dari objek wisata Ubud.

Tegalalang Terrace Bali
short escape tegalalang rice terrace ( source image : instagram.com/karl_shakur )

Sawah Tegalalang atau yang lebih diikenal Tegalalang Rice Terrace, karena letaknya di dusun Ceking, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar. Di objek wisata Tegalalang ini memang sangat alami dan indah, pemandangan petak-petak sawah bertingkat, terlihat seperti tangga dengan tanaman padinya.

Hamparan sawah berundak yang disuguhkan di objek wisata Tegalalang Gianyar ini, tidaklah seluas seperti apa yang pernah disaksikan di Jatiluwih Tabanan, namun demikian pemandangan petak sawah terasering di Tegalalang ini lebih spesial, undakannya lebih tajam dan menarik seperti sebuah tangga alami, dikelilingi oleh deretan pohon nyiur seolah membingkai kawasan Tegalalang Rice Terrace, berpadu serasi, tampil lebih cantik, alami dan menawan.


Tentang Tegalalang Dan Lokasinya

Tegalalang sendiri merupakan kota Kecamatan, masih berada dalam satu wilayah Kabupaten Gianyar. Lokasi tempat wisata ini terletak di pinggir jalan raya utama, strategis pada jalur tour di Bali dan berdekatan dengan kawasan pariwisata Ubud, membuat setiap harinya Tegalalang dikunjungi banyak wisatawan.

Pada setiap kesempatan, liburan ke Bali dan berkunjung ke Tegalalang, mungkin juga nuansanya berbeda, terutama dengan tanaman padinya, apakah pada saat tersebut sedang dalam pengolahan sawah seperti pembajakan, pembibitan, atau bahkan sedang panen raya, bisa diyakinkan setiap kesempatan di Tegalalang Rice Terrace akan menyuguhkan pemandangan alam yang mengagumkan mengagumkan.

Kawasan wisata di Tegalalang Gianyar ini sekarang berkembang dengan baik, termasuk juga agrowisata kopi luwak yang sekarang banyak dicari. Di objek wisata rice terrace atau sawah berundak Tegalalang, disediakan tempat-tempat khusus bagi pengunjung untuk menyaksikan hamparan sawah tersebut, sehingga anda bisa mengabadikan tempat rekreasi alam di Bali ini agar lebih maksimal.

Jika ingin lebih relak, bisa bersantai di restoran setempat, sambil bersantap siang atau hanya sekedar menikmati minuman hangat dengan disuguhi pemandangan alam sawah berundak Tegalalang Gianyar yang masih asri.

Sejumlah spot untuk selfie juga tersedia di kawasan ini, termasuk sejumlah rekreasi petualangan uji nyali tersedia di sekitar tempat ini seperti rekreasi swing (ayunan) dan sky bike, yang bisa melengkapi aktivitas liburan anda di kawasan ini.


Hal Menarik Dari Wisata Tegalalang

Ingin mengetahui lebih banyak tentang alam sawah berundak di Tegalalang Gianyar ini, anda juga bisa langsung mengakses lebih dekat lagi ke spot wisata ini dengan menyusuri pematang sawah, mengenal lebih dekat dengan tata cara irigasi di Bali yang dikenal dengan nama Subak, proses pengolahan, pembibitan, pemeliharaan serta saat mereka panen raya.

Trekking ringan menyusuri pematang sawah adalah aktivitas rekreasi menarik di sini, berada lebih dekat dengan dengan alam, atau bahkan ketika para petani membajak sawah, menebar benih atau saat panen raya.

Selain menyaksikan kegiatan para petani anda bisa berphoto dengan mereka yang sedang mengolah garapannya atau yang sedang mencari rumput untuk makanan ternak mereka, sejumlah spot photo selfie juga tersedia di sini, yang akan memberikan pengalaman menarik saat liburan.

Sawah terasering atau sawah berundak di objek wisata Tegalalang Gianyar menghadap ke Timur, sehingga jika anda ingin berphoto dan ingin mendapatkan gambar yang lebih indah, maka berkunjunglah saat matahari agak condong ke Barat dan tidak melawan sinar matahari langsung.

Biasanya wisatawan lebih banyak berkunjung setelah kunjungan tour di Bali mereka dari objek wisata Kintamani, setelah selesai santap siang di Kintamani melanjutkan perjalanan ke Ubud dengan melintasi rute Ceking Rice Terrace.

Sepanjang perjalanan di jalan raya Tegalalang Gianyar, terdapat banyak toko-toko yang memajang aneka kerajinan patung kayu untuk kebutuhan souvenier atau oleh-oleh khas Bali, yang merupakan hasil kerajinan tradisional khas Bali.

Kita bisa temukan patung kayu dan juga dari besi yang berbentuk jerapah, kucing-kucingan, dolphin, topeng kayu, ukiran kayu, ukiran batu padas dan banyak lagi hasil kerajinan tangan dengan harga lebih murah dibandingkan tempat lainnya, apalagi dalam jumlah yang besar.

Di kawasan ini anda bisa menemukan sejumlah agrowisata kopi luwak dan tempat rekreasi swing, berkunjung ke Ceking Rice Terrace selain bisa menghibur mata dan pikiran, juga bisa melengkapi wisata belanja anda, dan kawasan pariwisata Tegalalang ini memang berkembang pesat, terdapat juga penginapan melengkapi kebutuhan anda ketika liburan di Bali.

Jadi jika anda ingin menemukan tempat rekreasi alam indah selain pantai saat liburan di pulau Dewata Bali, maka destinasi wisata sawah berundak di Tegalalang ini menjadi tujuan yang ideal.

source : www.balitoursclub.net 


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url