Danau Weekuri, Objek Wisata Alam Berupa Laguna Yang Indah, Southwest Sumba

Danau Weekuri Soutwest Sumba
Danau Weekuri, Src Instagram.com/kataomed
Danau Weekuri merupakan danau yang terletak di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Danau tersebut kerap ramai dikunjungi oleh wisatawan karena danaunya yang begitu unik. Bukan karena letak ataupun bentuknya, melainkan pada airnya yang mempunyai kandungan asin dan payaunya. Hal ini lah yang menyebabkan warna pada air tersebut kerap dapat berubah-ubah

Serta terdapat beberapa titik sumber mata air yang membuat gradasi pada warna air danau kerap menjadi seperti warna biruh cerah terkadang juga biru kehijau-hijauan. Bahkan disuatu kondisi danau tersebut akan terasa hangat kadang juga akan terasa dingin.

Banyak yang mengatakan dulunya danau tersebut merupakan Laguna yang dimana proses pembentukannya melalui air lautan yang berada di kisaran danau. Sehingga terjadilah genangan air pada laguna tersebut melalui celah bebatuan yang berada di gugusan karang disekitar danau tersebut.

Src, Instagram.com/akangfirdan

Akses dan Rute Menuju Danau Weekuri

Untuk kamu yang ingin mengunjungi danau tersebut ada baiknya kamu dapat menyewa kendaraan berupa motor / mobil karena untuk kendaraan umum sangat jarang ada yang melintas bahkan nyaris tidak ada. 

Terdapat 2 rute untuk menuju danau yaitu melalui Waikabubak yang merupakan ibukota dari Sumba Barat. Dan Tambolaka yang merupakan ibukota dari Sumba barat daya.

Karena akses untuk menuju lokasi danau masih sangat sulit untuk di jangkau ada baiknya sering bertanya pada warga sekitar untuk memudahkan perjalanan kamu menuju danau weeduri. Bagi kamu yang ingin menyewa kendaraan juga tersedia di pusat kota Sumba. Untuk biaya sewa kendaraan juga bervariasi yakni, Sewa mobil berkisar antara 500 ribu - 600 ribu lengkap beserta dengan drivernya. Sewa motor berkisar antara 100 ribu - 200 ribu untuk perharinya.

Tenang, di perjalan menuju danau weekuri kamu akan suguhkan dengan berbagai pemandangan yang indah salah satunya yang menarik perhatian yaitu, sebuah resort mewah milik warga negara Prancis sekaligus pengelola dari pantai Mandorak salah satu pantai di wilayah kodi yang berdekatan dengan danau Weekuri.

Untuk memasuki wilayah danau Weekuri kamu akan di pertemukan dengan pos penjaga. Biasanya terdapat warga sekitar yang menjaga pos tersebut dengan biaya masuk sekitar Rp 10.000 - Rp 20.000

Selain dapat menikmati pemandangan di sekitar danau, kamu juga bisa menyusuri berbagai area di wilayah danau tersebut. Dengan letaknya yang cukup jauh dari pusat kotamenjadikan danau Weekuri cocok untuk kamu yang mencari ketenangan atau bahasa gaolnya Healing. 

[ View On Google Maps ]

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url