Explore Pulau Rote Dengan 7 Rekomendasi Tempat Wisata Yang Hits, 2022

Ada yang tau engga si.. berapa banyak tempat wisata jika berkunjung ke pulau Rote ? Nah, gua mau bahas sedikit tentang pulau Rote dan beberapa tempat wisatanya yang Hits dan wajib untuk dikunjungi jika berkunjung pulau Rote.
Tapi sebelum itu, kalian harus tau dulu apasih pulau Rote itu ?

Pulau Rote atau yang biasa di sebut juga pulau Roti merupakan pulau yang letak keberadaanya berada di paling selatan Indonesia, dan termasuk salah satu pulau di kepulauan Nusa Tenggara Timur. sumber, Wikipedia

1. Batu Termanu

Batu Permana
Batu Termanu, Src instagram.com/anjaspremana
Batu Termanu, adalah salah satu objek wisata yang menjadi andalan jika berkunjung ke pulau Rote. Daya tarik dari Batu Termanu sendiri terdapat pada areanya yang terdapat banyak sebaran bebatuan pada area di bibir pantai.

Dengan berjarak sekitar 10 km. kearah timur dari dermaga Ba'a, kamu udah bisa menikmati panorama alam berupa pemandangan indah dari tiap sudut batu Termanu.

2. Pantai Aesosole Rote Timur

Src, instagram.com/karenkeikapoyos

Terletak di pelosok Desa Faifua, Kecamatan Rote Timur membuat Pantai ini kerap ramai Dikunjungi oleh para wisatawan yang penasaran akan keberadaanya.

Pesona dari pantai ini terletak pada pantainya yang memiliki hamparan pasir putih serta dengan air yang jernih membuat pantai ini menjadi tujuan utama jika berkunjung ke pulau Rote. Apalagi dengan adanya karang yang menyerupai hati menambah daya tarik tersendiri bagi pantai Aesosole.

3. Mulut Seribu

Pantai Mulut Seribu, Src instagram.com/tengakarta

Mulut seribu merupakan sebuah pantai yang mempunyai banyak tebing dan karang di sekitarnya seperti membentuk gua dan terlihat mempunyai banyak “mulut.”

Banyak yang mengatakan jika mulut seribu merupakan Raja Ampatnya pulau Rote karena bentuknya yang menyerupai Raja Ampat dengan tebing yang menjulang tinggi dan beberapa pulau kecil di tengahnya.

Untuk menikmati pemandangan mulut seribu kamu harus menggunakan kapal nelayan dengan menyewanya beradasarkan tarif yang ditentukan.

4. Pantai Oelangga

Src, instagram.com/alibufteim

Karena letaknya yang berada sebelah sisi selatan Indonesia, membuat pantai menjadi sorotan bagi para wisatawan.

Pasalnya pantai ini sangatlah unik dengan hamparan karangnya yang begitu mempesona ditambah dengan deburan ombak disekitarnya menjadikannya sebagai spot favoritnya para wisatawan. Selain deaerah sekitarnya yang unik, Oelangga juga menawarkan perairan jernih. Permukaannya memancarkan corak hijau kebiruan yang indah, sehingga nampak menyatu bersama bebatuan karang di sekitarnya.


5. Pantai Tolanamon / Pantai Inaoe

Src, instagram.com/rizal_djaha

Pantai Tolanamon atau juga biasa disebut pantai Inaoe menawarkan keindahan alam berupa tebing bebatuan yang mengapit pantai Tolanamon. Bagi anda yang ingin merasakan sensasi berenang di pantai tanpa adanya ombak kamu harus mencoba destinasi wisata satu ini.

Selain itu kawasan wisata ini juga terbilang masih belum terlalu ramai pengunjung, sehingga cocok nih untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu sambil bermain-main di tebing. *Oiya untuk kamu yang memiliki adrenalin tinggi, kamu juga bisa mencoba lompat tebing dan tentunya utaman keselamatan ya ges ya.

6. Mata Air Oemau

Src, instagram.com/moza_ngada

Mata air ini sangat strategis. Letaknya tepat berada di tengah kota Ba’a, Kelurahan Mokdale dan tidak jauh dari kompleks perkantoran Bupati Rote Ndao. Akses menuju mata air Oemau sangat mudah dengan kondisi jalan yang bagus. Kolam Oemau berukuran 8 x 40 m dengan kedalaman 1 m sehingga aman untuk berenang.

Kesegaran air yang terpancar melalui akar dari dalam tanah dan ternaungi kanopi rimbunnya pepohonan memberikan rasa kesegaran luar biasa. Air yang jernih dan ikan kecil yang menggigit kulit kaki saat berenang semakin menambah sensasi berenang di tempat ini.

7. Telaga Nirwana

Src, instagram.com/iw.wm

Dan yang terakhir yaitu, 'Si Cantik dari Pulau Rote' yang masih jarang terjamah wisatawan. Namun beberapa tahun belakangan ini, Telaga Nirwana mulai populer di kalangan wisatawan. 

Salah satu pesona alam memikat yang dimiliki Pulau Rote, yakni Telaga Nirwana. Pemandangan asri yang dimiliki telaga ini seakan menenangkan hati para pengunjungnya.

Maka tak heran, lantaran keindahannya, Telaga Nirwana membuat warga menjulukinya sebagai 'Si Cantik dari Pulau Rote' yang masih jarang terjamah wisatawan.

Telaga Nirwana menyajikan keindahan alam yang luar biasa di mana terdapat sebuah batu yang berbentuk hati. Batu tersebut tercipta secara alami di tengah telaga dan dikelilingi bentangan pasir putih di dasar air yang tembus pandang.

Pemandangan telaga ini sangat memesona dengan kehadiran teluk sepanjang kurang lebih 700 meter dan bermuara pada sebuah telaga yang menjorok tepat ke dalam sebuah gua yang sangat indah.

Telaga yang terlihat berwarna hijau itu secara geografis terletak kurang lebih 200 meter dari bibir pantai Buedale, atau tepatnya di Dusun Kotalai, Desa Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao.

Nah itu dia beberapa tempat wisata yang bisa kamu jadikan referensi ketika berkunjung ke pulau Rote.

Sebenarnya masih banyak tempat wisata yang dapat kamu kunjungi ketika berkunjung ke pulau Rote. Namun tidak semua bisa dikunjungi dalam satu kali perjalanan. Bahkan untuk mengunjungi tempat wisata tersebut setidaknya kamu harus melakukan 1 kali perjalanan dalam sehari dan tentunya itu sangat banyak menguras tenaga.

Untuk itu sangat disarankan menggunakan jasa travel guide sebagai akomodasi saat berada di Pulau Rote dan tentunya jauh lebih praktis ketimbang melakukan solo travelling.

Tapi solo traveling jauh lebih asik kok untuk bisa berlama-lama di daerah tersebut.

Lokasi Pulau Rote,


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url