Yuk, Intip Keindahan Tukad Capung Waterfall Di Kab. Bangli, BALI

Kali ini masih tentang Bali, dengan sejuta pesonanya yang kian selalu melekat pada turis-turis mancanegara, dengan ragam budayanya, tak luput juga dengan destinasi wisatanya salah satunya, Tukad Cepung Waterfall Bangli.

Tukad Capung Waterfall Bangli, merupakan tempat wisata alam berupa air terjun yang terkenal dengan keunikannya yaitu,. Terdapat sinar matahari yang menyinari puncak air terjun sehingga menciptakan pancaran sinar alami yang melintasi formasi bebatuan.

src, instagram.com/nic.sz

Menurut para wisatawan yang berkunjung, ini merupakan pemandangan yang indah yang jarang mereka temui, dengan pemandangan tersebut sayang banget untuk di lewatkan ketika berkunjung ke Bali.

Informasi
Air Terjun Tukad Cepung memiliki ketinggian sekitar 15 meter, dengan kondisi air yang jernih, serta arus air yang turun tidak begitu deras. 

Dahulunya, air terjun ini merupakan lokasi yang di sakralan oleh masyarakat setempat khususnya masyarakat Kab. Bangli. Banyak dari mereka yang menjadikan lokasi ini sebagai tempat untuk melaksanakan Melukat atau penyucian diri dan jiwa.

Melukat jika di artikan adalah upacara turun temurun yang di selenggarakan oleh umat beragama Hindu dengan tujuan untuk membersihkan pikiran dan jiwa secara spiritual dalam diri manusia.

Upacara Melukat Search Google

Seiring berjalannya waktu, lokasi ini pun berubah menjadi tempat wisata yang cukup ramai di kunjungi oleh para wisatawan. Banyak dari mereka yang memposting keindahanya, terutama pada lokasi air terjun.

Daya Tarik Air Terjun Tukad Cepung

Daya tarik utama pada air terjun ini yaitu, keindahannya yang menyerupai tirai raksasa, disorot sinar matahari sehingga memantulkan cahaya keindahan ke dalam goa yang sedikit gelap dengan terjunan air yang tidak begitu deras sehingga sangat cocok untuk di abadikan jika berkunjung ke air terjun ini.

Tukad Capung Waterfall
src, instagram.com/eyeofshe
Nah, dari sekian banyaknya air terjun yang ada, uniknya air terjun ini tidak memiliki palung atau kolam utama. Sehingga air yang turun langsung mengalir di sepanjang jalur yang tadi dilewati oleh para wisatawan.

Dengan kondisi goa yang tidak terlalu sempit, tentunya udara yang berada di dalam goa tidak terasa pengap, apa lagi lembab tidak seperti goa lainya. Hal ini terjadi mungkin karena adanya sirkulasi udara yang besar terdapat pada lubang tempat turunnya air terjun, Hal inilah yang membuat udara didalam goa terasa sejuk di tambah dengan tetesan air, yang di hasilkan oleh adanya sumber mata air diatas air terjun tersebut.

Akses Menuju Air Terjun Tukad Capung

Untuk mengunjungi air terjun ini cukup mudah, kamu dapat menggunakan mobil ataupun motor dari denpasar menuju air terjun dengan jarak sekitar 40 km. Dengan akses yang cukup mudah untuk bisa sampai ke lokasi area air terjun karena jalan yang cukup mulus dan tentunya aman untuk dilalui kendaraan. 

Lokasi,

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url