Mengenal Budaya Ngopi di Indonesia Untuk Segala Aktivitas


Seperti yang kita ketahui, jika Indonesia sendiri terkenal dengan budaya kopinya dan termasuk sebagai salah satu penghasil kopi ke - 4 terbesar didunia setelah Brazil, Vietnam, dan Kolombia. Pertumbuhan kopi juga tersebar luas di nusantara dan kini juga telah banyak sekali kedai kopi sederhana maupun modern dihampir setiap sudut jalan.

Ngopi sejatinya tak hanya sekedar minum kopi. Penyerhanaan istilah 'minum kopi' menjadi 'ngopi' justru menunjukan kompleksitas kegiatan tersebut. Seperti yang kita lihat saat ini ngopi sudah bukan lagi sekedar minum kopi, tetapi sudah menjado rutinitas bagi anak muda zaman sekarang.

Dilansir dari Seasia.co, dalam beberapa tahun terakhir komsumsi kopi juga telah banyak mengalami peningkatan khususnya di Indonesia. Dari sekian banyaknya kedai kopi yang bermunculan membuat penikmat kopi mengalami peningkatan jumlah pengunjung untuk kedai kopi tersebut.

Sejarah perkembangan kopi di Indonesia

Perkembangan kopi di Indonesia memilki sejarah yang panjang karena biji kopi pertama kali di bawa ke Indonesia pada abad ke - 17 oleh Belanda pada masa penjajahan. Pertumbuhan kopi juga tersebar luas di Indonesia mulai dari Jawa, Sumatera, Bali, dan Sulawesi. Dan sekarang pun kita dapat menikmati berbagai varietas kopi dari sekuruh nusantara.

Perlu Di Ketahui, Sebenarnya kopi bukanlah tanaman asli Indonesia melainkan dari daratan Afrika. Hal ini terbukti dalam sejarah kopi bahwa tanaman kopi ditemukan di Afrika. Setelah di temukannya tanaman kopi, kemudian tanaman ini mulai di budidayakan dan tersebarlah ke seluruh di dunia.

Sejarah juga mencatat bahwa kopi pertama kali ditemukan oleh orang Ethiopia sekitar 3000 tahun yang lalu ketika itu ada seorang pengembala kambing yang sedang membawa ternaknya. Ia melihat kambing peliharaanya memakan sebuah biji yang mirip berry di pohon dan kemudian kambing itu tetap terjaga dan malah menjadi hyperaktif walaupun matahari telah terbenam. Lalu sang gembala memcoba mengolah dan memakan biji tersebut dan ia merasakan perbedaanya pada saat mengkomsumsinya.

Daerah dengan penghasil kopi di Indonesia

Terdapat beberapa daerah penghasil kopi di seluruh Indonesia namun sebagian besar berada di Sumatera yang merupakan penghasil kopi terbesar di Indonesia. Kamu juga dapat menemukan perkebunan di tempat lain seperti Jawa, Sulawesi dan Bali.

Tetapi satu hal yang perlu di perhatikan adalah bahwa ini biasanya kecil dan sebagian besar pertanian dab penanam tidak bekerja untuk perusahaan melainkan bekerja di sebidang kecil tanah mereka sendiri yang merupakan hanya beberapa hektar saja.

Jadi, untuk perkebunan kopi sendiri tidak banyak yang bisa di harapkan karena banyak perkebunan yang masih kecil, tetapi beberapa memang ada dalam skala yang lebih besar dan lebih terorganisir jika kamu tahu kemana harus mencarinya.

  • Jawa
Pulau Jawa tentunya identik dengan kopi dan ada sejumlah tempat dimana kamu bisa mengunjungi perkebunan sekaligus menikmati kopi. Ada beberapa tempat terbaik yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati kopi di sekitar kota Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya.

Terdapat juga beberapa perkebunan yang cukup terkenal di Jawa salah satunya MesaStila Resort and Spa yang kerap melakukan aktivitas tur perkebunan dinsekitar Yogyakarta serta perkebunan Kaliklatikl yang dekat dengan gunung Bromo.

  • Sumtera
Pulau Sumatera juga menjadi salah satu pulau dengan penghasil kopi terbesar di Indonesia yang memiliki berbagai macam campuran kopi termasuk karo, Lingong, Mandaiking dan Kerinci.

Jika ingin mencoba beberapa kacang-kacangan dan berwisata perkebunan maka anda dapat menuju kota Berastagi di Kabupaten Karo yang dapat di akses melalui Kota Medan.

  • Bali
Dan yang terakhir yaitu Bali yang terkenal dengan perkebunan kopinya. Banyak di antaranya terletak di dalam dan sekitar kota Ubud yang dikenal dengan teras sawah berundak, jadi inilah tempat yang tepat untuk melihat bagaimana kopi Indonesia di tanam dan diolah.

Salah satu perkebunan di bali di kenal juga dengan perkebunan satria dan bisa juga mendaftar untuk tour serta mencoba mencicipi beberapa minuman terkenal pada saat bersamaan.

Merk kopi yang terkenal di Indonesia

Jika berbicara tentang merek kopi Indonesia, Anda tidak akan menemukan terlalu banyak kopi bermerek sebenarnya yang bukan kopi instan.

Jika Anda ingin mencoba kopi instan atau kopi kemasan di Indonesia maka beberapa merek yang paling terkenal adalah kopi Kapal Api, Tanamera dan Anomali. Akan sangat membantu jika Anda berada di Indonesia untuk tidak terlalu fokus pada merek kopi tetapi pada biji-bijian tertentu, seperti Mandailing di Sumatera, Kopi Gayo dari Aceh dan Lintong yang juga dari Sumatera.

Di tempat lain seperti sulawesi biasanya biji kakao hanya dikenal dengan sebutan sulawesi yang mirip dengan tempat lain seperti jawa dan bali dimana biji kakao tidak memiliki nama daerah seperti itu. Kopi khas Indonesia Jenis kopi spesialti utama di Indonesia dikenal dengan kopi luwak.

Kopi jenis ini menjadi terkenal dalam beberapa tahun terakhir karena dibuat dari musang yang memakan biji kopi dan kemudian mengeluarkannya. Biji yang tercerna sebagian kemudian dikumpulkan, dibersihkan, dan digunakan untuk membuat kopi, yang menyebabkan kopi luwak dikenal sebagai kopi poo. Ini juga salah satu kopi termahal di wilayah ini karena padat karya.

Anda dapat mencoba kopi luwak di seluruh Indonesia karena ini sebenarnya bukan kopi daerah, tetapi banyak dijual di seluruh nusantara. Kopi khas lainnya adalah kopi Aceh yang aslinya berasal dari Aceh tapi bisa Anda temukan di seluruh pelosok negeri. Bedanya jika berbicara tentang kopi Acehi yang dikenal adalah kandungannya yang sangat kental dan ampas kopinya membuat semacam lumpur di dasar gelas Anda

Untuk membuatnya lebih mudah dan lebih enak untuk diminum, kopi dilewatkan melalui saringan yang sering disebut sebagai ‘kaus kaki’ sehingga Anda mendapatkan secangkir kopi yang sangat pahit di ujungnya. Jika Anda kebetulan berada di ibu kota Aceh yaitu Banda Aceh maka pergilah ke Warung Kopi Salong yang pertama kali dibuka pada tahun 1970-an dan konon merupakan salah satu tempat terbaik di Aceh untuk mendapatkan kopi tradisional semacam ini.

Mereka juga menggiling biji kopi di tempat dan menjual biji kopi utuh atau bubuk dalam kantong sehingga Anda dapat membeli tas untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh dari jenis kopi Indonesia yang sangat unik ini
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url