Pulau Togean Sulawesi Tengah Indonesia

Di Sulawesi Tengah terdapat sebuah taman nasional yang menjadi andalan khususnya di Sulawesi Tengah. Diresmikan oleh pemerintah setempat pada tahun 2004 menjadikan taman tersebut kerap ramai dikunjungi oleh berbagai pelancong yaitu Pulau Togean. 
 
Togean Island
Togean Island, src instagram.com/qb_pixels

Pulau Togean merupakan sebuah taman nasional yang berada di kepulauan Togean terletak di teluk Tomini, Sulawesi Tengah. Secara administratif masuk ke dalam wilayah Kabupaten Tojo Una-una. Terbentuk oleh aktivitas vulkanis, pulau ini ditumbuhi oleh tumbuh-tumbuhan yang subur dan rimbun, serta di kelilingi okeh formasi karang. 
 
Batu karang yang terdapat di pulau ini menyediakan tempat bagi beberapa binatang laut untuk tinggal dan berkembang biak seperti kura-kura hijau. Kepulaun Togean juga terkenal akan terumbu karangnya yang melimpah dan berbagai jenis biota laut yang langka. Beberapa aktivitas juga dapat dilakukan di pulau ini seperti menyelam dan snorkling 
 
Akses dan Rute Menuju Pulau Togean 
 
Togean dapat dicapai dari kota Gorontalo dengan kapal umum secara langsung, dua kali seminggu. Jika Anda datang dari Rantepao (Tana Toraja) di Sulawesi Selatan, Togean dapat ditempuh melalui Mangkutana, Pendolo, Tentena dan Poso ke Ampana selama sekitar 14 jam perjalanan dengan mobil. Dapat ditempuh dari Palu selama sekitar 7 jam perjalanan dengan mobil ke Ampana melalui Poso (375 kilometer) dengan bus atau kendaraan sewaan kemudian dengan kapal harian dari Ampana ke Wakai dan Malenge selama sekitar 4 jam berangkat pada jam 10 malam.
 
 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url