15 Jenis Minuman Kopi yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Mencobanya

Image by @trendymood on Pinterest

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang paling populer dunia, bahkan banyak sekali penggemarnya baik itu dari kalangan anak muda hingga orang tua sekalipun. Dan tentunya paling banyak di konsumsi oleh sebagian orang di dunia ini.

Namun seiring berjalannya waktu dengan munculnya berbagai kedai kopi atau bahasa kerennya Coffe Shop. Konsumen kopi dari segmentasi remaja dan dewasa kian meningkat tiap tahunnya, tak terkecuali di Indonesia sendiri.

Istilah untuk menikmati kopi pun kian banyak di perbincangan entah hanya sebatas nongkrong ( nongki ) ataupun kopi darat ( kopdar ) tentunya semua itu bentuk dari cara kita masing-masing dalam berinteraksi sosial sesama kawula muda. 

Nah, ngomong-ngomong soal kopi pasti dari kalian sudah banyak yang mengenalnya, kopi ya kopi apalagi yakan dengan tekstur yang keras dan juga berwarna hitam dengan rasa yang pahitnya yang begitu melekat pastinya semua orang hampir mencobanya tak terkecuali di Coffe Shop.

Jika kamu berkunjung ke kedai kopi atau Coffe Shop tentunya kamu akan di hadapkan dengan banyaknya berbagai jenis nama-nama minuman kopi seperti, Espresso, Americano, Cappucino, Latte, Affogato, Flat White, Long Black, Cold Brew, dan tentunya masih banyak lagi jenis minuman kopi lainnya dengan nama-nama yang berbeda.

Untuk itu kali ini gua mau bahas sedikit tentang minuman-minuman kopi yang ada di kedai-kedai kopi atau modern cofffe shop yang sering kali kita jumpai ketika berkunjung ke kafe dan tentunya bisa menjadikan reverensi baru untuk menikmati sebuah minuman kopi andalan kalian.

1. Caffe Latte

Caffe Latte
Source, pinterest/gunj4828

Jenis minuman yang satu ini sangat populer di kedai-kedai kopi manapun termasuk Indonesia. Menjadikanya salah satu kopi yang wajib harus ada di Coffe Shop.

Coffe Latte sendiri terdiri dari espresso dan steamed milk atau susu yang di steam menggunakan mesin kopi espresso dengan sedikit busa atau foam di atasnya. Mempunyai rasa perpaduan antara kopi dan susu yang begitu kentara dengan steamed milknya dan tak lupa dengan artnya yaitu, seni menggambar bentuk atau pola di atas busa dari minuman Coffe Latte.

2. Caffucino

Caffucino
Source, pinterest.com/sabrinaporrasv

Jenis minuman yang satu ini tidak begitu jauh berbeda dengan Coffe Latte. Yang membuatnya berbeda adalah busa atau foam yang di hasilkan dari steamed milknya memiliki tekstur yang begitu tebal sehingga rasa yang di hasilkan pun berbeda. Tak heran banyak dari sebagian orang sulit untuk membedakan Caffuccino dengan Coffe Latte. 

3. Flat White 

Flat White
Source, pinterest.com/traveller.com

Minuman yang satu ini memiliki kemiripan hampir sama dengan Caffucino dan juga Coffe Latte dan biasanya tidak banyak kedai kopi yang menyajikan menu minuman Flat White.

Flat White sendiri merupakan variasi minuman kopi yang terdiri dari komponen espresso dan lapisan microfoam dari susu steamed milk yang di hasilkan. Nah, untuk dari segi rasa flat white memiliki rasa espresso yang sedikit lebih kuat dibanding cappuccino. 

Perbedaan mendasar antara caffuccino, coffe latte, dan flat white yaitu terletak pada steamed milk yang di hasilkan.

4. Espresso

Espresso
Source, pinterest.com/M0chacino

Minuman yang satu ini dikenal dengan rasanya yang begitu kuat akan kandungan kopinya dengan cita rasa yang intens, yang di sajikan dalam gelas shot kecil menjadikan espresso sebagai bahan dasar untuk berbagai varian menu kopi. 

5. Black Coffe

Black Coffe
Source, pinterest.com/foodgressing

Jenis minuman kopi yang satu ini yaitu black Coffe atau yang biasa kita kenal dengan kopi hitam. ''siapa sih yang tidak kenal dengan minuman kopi satu ini yakan" Kopi hitam tentunya sangat banyak di ganrungi oleh orang-orang dewasa karena proses pembuatannya yang begitu sederhana.

Dibuat dengan biji kopi bubuk yang di rendam dalam air panas, dan disajikan dalam keadaan hangat, jika ingin terdengar mewah, kamu bisa menyebut long black dengan nama aslinya yakni cafe noir. 

6. Americano

Americano
Source, pinterest.com/toyosiyadeniji


Americano merupakan jenis minuman yang mirip dengan kopi hitam ataupun long black dengan berbahan dasarkan espresso. 

Sebenarnya minuman ini cukup simpel karena dari proses pembuatanya yang begitu cukup mudah dengan mencapurkan air mineral dan espresso disajikan dalam keadaan panas ataupun dingin. 

7. Doppio

Doppio
Source, pinterest.com/tofolo4ek


Doppio merupakan minuman yang di sajikan dengan secangkir espresso shot ganda atau single shot dengan takaran 25 hingga 30 ml. Dan sangat cocok untuk para pecinta kopi yang sedang membutuhkan asupan tenaga untuk memulai aktifitas di pagi hari.

8. Cortado

Cortado
Source, pinterest.com/Roamingphoto1


Cortado merupakan jenis minuman kopi yang menawarkan keseimbangan rasa antara espresso dengan susu steamed milk. dengan menyeimbangkan rasa kopi dan susu dan tentunya untuk mengurangi keasaman pada kopi tersebut. Yang membedakan cortado dengan kopi later lainnya yaitu pada steamilk yang di hasilkan tidak berbusa dan juga tidak bertekstur.

9. Galao 

Galao
Source, instagram.com/lorettamalkiat

Nah jenis minuman yang ke sembilan yaitu Galao tapi Bukan Galau ya.. Galao sendiri merupakan jenis minuman kopi yang asalnya dari Portugal dengan perpaduan antara Kopi Espresso dengan susu yang di steam. Nah jika di bandingkan dengan Cappucino ataupun Caffelate mungkin terlihat sama persisnya dengan kedua minuman tersebut.

Yang membedakan jenis minuman Coffe satu ini terletak pada kandungan milk foamnya yang dua kali lebih banyak dari Coffe latte dengan capuccino dengan tujuan untuk mengurasi rasa asam pada kopi tersebut.

10. Macchiato

Machiato
Source, pinterest.com/fifteenspatulas.com

Macchiato atau yang berartikan tanda/noda merupakan jenis minuman yang paling populer yang berbahan dasarkan espresso yang memiliki sedikit foam diatasnya. 

Nah biasanya untuk jenis minuman ini di sajikan dalam keadaan dingin/ice dengan tambahan sedikit sirup aroma dan tentunya sesuai dengan selera masing-masing

11. Affogato

Affogato
Source, pinterest.com/kurasukyoto

Affogato sendiri merupakan jenis minuman kopi yang berbeda dari minuman kopi lainnya dengan penyajian yang sedikit unik berupa ice cream dengan tambahan espresso. Untuk minuman jenis ini biasanya sering di jadikan sebagai minuman penutup sehabis makan berat atau Dessert. 

12. Mocha

Mocha
Source, Flickr.com/emily

Untuk jenis minuman kopi yang ke duabelas yaitu ada mocha dengan perpaduan antara cokelat panas dengan dengan campuran espresso dan susu yang di steam. Nah biasanya mocha sangat populer untuk para pecinta cokelat. Dengan rasanya yang kaya dan lembut tentunya sangat pas untuk kamu yang pecinta coklat.

13. Cold Brew

Cold brew
Source pinterest.com/lifestyleofafoodie

Untuk jenis minuman yang ke tiga belas ada cold brew salah satu minuman kopi yang di sajikan hanya dalam keadaan dingin atau es. Cold brew sendiri merupakan jenis minuman yang proses pembuatannya sangat sederhana dengan menyeduh biji kopi yang telah di digiling menggunakan air dingin.

Biasanya kopi tersebut di endapkan terlebih dahulu selama satu malam di dalam kulkas guna untuk menghasilkan rasa yang istimewa dan tentunya lebih ringan. 

14. Caffe au lait

Caffe au lait
Source, pinterest.com/sipherbals

Caffe au lait salah satu jenis minuman kopi yang hampir sama dengan caffe latte biasanya dibuat menggunakan kopi hitam dengan tambahan susu dengan perbandingan 1:1 guna untuk menghasilkan rasa yang tidak terlalu intens. 

Nah biasanya bagi orang-orang Perancis menikmati caffe au lait paling pas di pagi hari pada saat sarapan pagi. 

15. Ice Coffe

Ice Coffe
Source, pinterest.com/browneyedbaker

Nah untuk jenis minuman kopi yang terakhir yaitu ice coffe atau es kopi. Salah satu minuman yang kerap kali di jumpai di kedai kopi manapun. 

Untuk jenis minuman ini biasanya hanya memiliki sedikit campuran berupa kopi dengan ice dan sedikit pemanis seperti gula ataupun susu dan biasanya memiliki banyak variant seperti ice kopi susu. Yang pastinya dengan nama yang berbeda - beda di setiap kedai kopi atau coffeshop. 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url