Destinasi Alam Gunung Tiru Gilimukti Majalengka Dengan Sejarahnya yang Unik

Gunung Tiru Gilimukti, Magelang Jawa Barat, instagram.com/adeomz_

Salah satu negara yang memiliki kekayaan yang alam yang begitu luas dengan beragam destinasi pilihan, membuat siapa saja tertarik ingin mengunjunginya. Salah satunya yaitu, Gunung Tiru Gilimukti.

Gunung Tiru Gilimukti, sebuah destinasi wisata yang cukup populer bagi masyarakat Majalengka terletak di Kecamatan Kasokandel, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. [ Lihat Map

Nah, bagi anda yang ingin mengunjungi destinasi wisata alam satu ini, anda hanya perlu melakukan perjalanaan sekitar 37 menit dari Bandara Internasional Jawa Barat dengan jarak tempuh sekitar 24,5 km melalui rute Jl. Kertajati - Kadipaten.

Daya Tarik Gunung Tiru Gilimukti

Nah, bagi yang belum tau.. Gunung Tiru Gilimukti mempunyai daya tarik tersendiri loh sama seperti gunung yang lainnya, mulai dari keindahan sunset ataupun sunrisenya yang dapat kamu nikmati melalui batu yang terdapat pada gunung tersebut. Seperti foto berikut ini.

Sunset view di Gunung Tiru Gilimukti
source, instagram.com/risma_sumyati

Menariknya dari Gunung Tiru Gilimukti tidak hanya pada keindahan alamnya saja. Melainkan adanya pagelaran budaya lokal yang sering di selenggarakan oleh pemerintah setempat, sebagai bentuk warisan leluhur ataupun budaya yang memiliki pesan moral untuk di wariskan ke pada generasi penerus berikutnya.

Sejarah Singkat Tentang Gunung Tiru Gilimukti

Asal mu asal terbentuknya Gunung Tiru Gilimukti menurut cerita setempat konon pada masa lampau merupakan sebuah pasar yang cukup besar yang dimana ada seorang kakek tengah berjualan minyak dipasar, kemudian ia tersenggol oleh sekor kuda Sembrani. Dan alkisah berubahlah pasar itu menjadi gunung Tilu di masa itu.

Seiring berjalannya waktu dari zaman ke zaman bahkan hingga saat ini gunung tersebut tetaplah ada berupa gunung dengan 3 bebatuan yang menonjol. Dan uniknya 3 gunung bebatuan tersebut memiliki bentuk yang berbeda-beda seperti, bukit yang pertama berupa sebuah tebing, kedua seperti bebatuan yang menumpuk dan yang terakhir seperti bukit biasa yang dimana sering di abadikan sebagai objek foto.

Tips Berkunjung ke Gunung Tiru Gilimukti

Nah bagi anda yang ingin berkunjung ke Gunung Tiru Gilimukti ada baiknya anda datang pada cuaca yang tidak begitu panas atau sekitar jam 3 Sore untuk menikmati indahnya sunset ataupun di pagi hari untuk kamu yang ingin menikmati terbitnya matahari. Dan yang pasti selalu gunakan cream tabir Surya ya.. untuk menjaga kulit kamu dari paparan sinar matahari ketika hendak mendaki.

Lokasi in Google Maps

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url