Destinasi Wisata Kampung Adat Di Sumba Barat Ratenggaro Kesinikah ?

Asik banget kali ya.. bisa jalan-jalan kesumba apalagi bisa menjelajahi seluruh alam perbukitannya yang menjadi incaran bagi para wisatawan. Seperti yang kita tahu jika Sumba merupakan sebuah pulau yang terletak di Nusantara Tenggara Timur yang menyimpan sejuta pesona keindahannya.

Bahkan Pulau Sumba dinobatkan sebagai The Most Beautiful Island Im The World ( pulau terbaik di dunia ) oleh majalah Focus Jerman pada tahun 2018. Maka tidak heran jika banyak yang menjadikan Nusa Tenggara Timur sebagai destinasi wisata populer yang wajib dikunjungi.

Dan salah satu destinasi yang menarik untuk dikunjungi yaitu Desa Adat Ratenggaro yang memiliki desain arsitektur yang cukup unik.

Tulis Judul yang SEO Friendly
Desa Adat Ratenggaro Sumba Barat Daya source, instagram.com/indonesia_geographic

Desa Adat Ratenggaro merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya. [ Lihat Maps ]

Sebagai salah satu desa yang memiliki desain arsitektur yang yang cukup unik, desa satu ini juga menyimpan berbagai cerita rakyat yang masih melekat pada masyarakatnya salah satunya yaitu "Marapu"

Marapu merupakan sebuah kepercayaan terhadap para leluhur yang masih sangat di pegang teguh oleh masyarakat desa Ratenggaro. 

Selain itu di Desa Ratenggaro juga memiliki kisah asal mu asal terbentuknya Desa Ratenggaro yakni, dahulunya pernah terjadi peperangan antar suku yang menyebabkan Suku Garo terbunuh oleh suku lain dan akhirnya dikubur pada lokasi tersebut. Dan Kata Ratenggaro sendiri berasal dari dua penggalan yaitu ‘rate’ yang berarti kuburan serta ‘garo’ yang merupakan nama suku dari desa tersebut.

Budaya unik lainnya yang dapat kita lihat dari pola permukiman adalah adanya empat rumah khusus yang disakralkan oleh penduduk, yaitu Uma Katode Kataku, Uma Kalam, Uma Katode Kuri, dan Uma Katode Amahu yang mewakili empat penjuru mata angin dan saling berhadapan. Posisi dan jumlah rumah di Desa Adat Ratenggaro tidak pernah berubah sejak dahulu dan seluruh bahan bangunannya merupakan bahan alami yang didapatkan di sekitar mereka. Desa adat Ratenggaro juga memiliki banyak situs megalitik berupa kubur batu tua.

Terlepas dari sejarahnya yang cukup seram, nyatanya Desa Adat Ratenggaro menyimpan beraneka macam keindahan alam dan keragaman budayanya. Lokasinya yang berada di ujung selatan Pulau Sumba menyuguhkan pesisir pantai yang indah. Berada di dekat pantai, dengan didukung rumah-rumah tradisional Desa Adat Ratenggaro yang luar biasa indahnya.

Maka tidak heran bila Desa Adat Ratenggaro sangat diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Fasilitas dan amenitas Desa Adat Ratenggaro juga dinilai sudah baik. Terdapat wisata naik kuda serta penyewaan baju adat Sumba. Wisatawan pun dapat berbelanja kain tradisional khas Ratenggaro.

Tulis Judul yang SEO Friendly
source, instagram.com/imelda_simbig
Tulis Judul yang SEO Friendly
source, instagram.com/firlyafro
Tulis Judul yang SEO Friendly
source, instagram.com/explore.sumba
Untuk dapat mencapai Desa Adat Ratenggaro ini, wisatawan dapat menggunakan jasa travel atau sewa kendaraan. Jaraknya sekitar 56 km dari Tambolaka (Ibukota Sumba Barat Daya) dapat ditempuh dalam waktu 1-1,5 jam. Jalannya pun sudah beraspal dan relatif dalam kondisi yang baik. Namun lamanya waktu perjalanan akan sangat setimpal dengan keindahan alam dan kebudayaan yang disuguhkan oleh Desa Adat Ratenggaro.

Lokasi in Google Maps


Sumbet artikel,
masteplandesa.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url