Destinasi Wisata Keluarga Situ Patenggang Ciwidey Bandung

Hallo sobat traveler's yang sedang merencanakan liburan akhir pekan bersama kerabat ataupun doi, kali ini gua mau bahas sedikit tempat wisata alam yang cukup populer Di Bandung yaitu Situ Patenggang.

Situ Patenggang Ciwidey Bandung
Situ Patenggang Ciwidey Bandung | source, instagram.com/luvtraveling 

Situ Patenggang atau Situ Patengan merupakan sebuah kawasan wisata alam berupa danau yang terletak di kawasan wisata alam Ciwidey, Bandung. Karena letaknya yang berada di bawah kaki Gunung Patuha membuat tempat wisata ini di sebut juga sebagai Situ Patenggang. Atau jika di artikan ke bahasa sunda "Situ" yang berarti "Danau" Dan "Patengan" yang berartikan saling "saling mencari".

Terletak di atas ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut, membuat objek wisata ini memiliki pemandangan yang sangat eksotis ditambah dengan panorama hijaunya kebun teh yang mengelilingi danau tersebut, menjadikannya sebagai pilihan terbaik untuk berwisata.

Perlu Di Ketahui : Danau seluas 45.000 hektar tersebut berada di dalam cagar alam sebesar 123.077 hektar. Sejak tahun lokasi ini 1981 dikembangkan menjadi taman wisata alam.

Mitos Dan Legenda Situ Patenggang

Selain menyajikan pemandangan alam yang indah Situ Patenggang juga menyimpan berbagai cerita legenda atau mitos yang melekat pada masyarakat yang mana di kisahkan. Pada sepasang kekasih yang bernama Ki Santang dan Dewi Rengganis yang telah lama berpisahkan, namun diantara keduanya masih menyimpan perasaan cinta yang begitu mendalam.

akhirnya Ki Santang dan Dewi Rengganis pun memutuskan untuk saling mencari satu sama lainnya. Dan pada akhirnya dewa menakdirkan untuk mereka berdua bertemu di sebuah tempat atau lokasi yang mana sekarang di beri nama Batu Cinta yang berada di tengah Situ Patenggang.

Setelah bertemunya mereka, Dewi Rengganis pun meminta kepada Ki Santang untuk dibuatkan danau lengkap dengan perahunya dengan tujuannya untuk mereka sendiri. Sebagai simbol bersatunya cinta mereka diatas sebuah perahu tersebut.

Dan pada akhirnya perahu yang menjadi simbol Situ Patenggang yang sampai sekarang bisa di saksikan bahkan dikunjungi menjadi sebuah pulau yang berbentuk hati. Yang mana dinamai pulau Asmara atau Pulau Sasaka di Situ Patenggang.

Sering berkembangnya zaman dan banyak masyarakat yang berkunjung ketempat ini. Banyak yang meyakini jika berkunjung ke Situ Patenggang atau tepatnya ke Batu Cinta dan kemudian berkeliling ke pulau Asmara maka akhir kisah cintanya akan seperti Ki Santang Dan Dewi Rengganis yang abadi dan selalu bersama.

Gimana tertarik ingin mengunjungi ? Ngomong-ngomong soal legenda atau mitos tentunya semua destinasi wisata memiliki mitos dan legenda yang melekat pada masyarakatnya tak terkecuali Situ Patenggang sendiri. Tapi itu kembali lagi ke diri masing-masing ya, karena semua mitos atau legenda bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk budaya Indonesia yang wajib di lestarikan.

Daya Tarik Situ Patenggang

Dari semua tempat wisata di Indonesia daya tarik menjadi nomor satu sebagai tujuan untuk berlibur tak hanya keindahan alamnya. Sama halnya dengan Situ Patenggang, yang keindahan alamnya tidak di ragukan lagi. Situ Patenggang menawarkan tempat wisata alam khas dataran tinggi yang mana di hiasi dengan background berupa pegunungan dan hamparan kebun teh yang mengelilinginya.

Situ Patenggang Ciwidey Bandung
Situ Patenggang Ciwidey Bandung| source, instagram.com/letsgobandung

Glamping Lakeside Rancabali
Glamping Lakeside Rancabali | source, instagram.com/afrillceartine

Pinisi Resto
Pinisi Resto| source, instagram.com/w_trip_

Sesekali jika anda berkunjung tempat wisata satu ini, anda akan akan disuguhkan berupa pemandangan yang terlihat yaitu, kabut tebal yang menghiasi kawasan Situ Patenggang. Dan bagi anda yang berkunjung ke tempat wisata satu ini jangan lupa persiapankan kamera untuk di bawa. Dan tentunya spot instagenic jangan sampai terlewat ketika mengunjungi situ Patenggang.

Fasilitass Situ Patenggang

Untuk memberikan kenyamanan pada setiap wisatawan yang berkunjung tentunya pihak pengelola telah menyediakan berbagai fasilitas umum seperti, 

1. Pinisi Resto

Pinisi Resto merupakan sebuah restoran atau tempat makan yang di bangun dengan konsep menyerupai kapal layar tradisional yang sangat terkenal pada masanya. Pinisi Resto sendiri mengusung konsep restoran berupa bahtera resto yang megah, dengan berbagai sajian kuliner khas Sunda. 

2. Glamping Lakeside

Salah fasilitas yang menarik selain tempat makan/restoran. Kawasan wisata satu ini juga menyediakan fasilitas berupa penginapan murah bernuansa romantis. Glamping Lakeside merupakan sebuah penginapan mewah dengan bernuansa alam terbuka *yaa seperti camping gitulah* dengan fasilitas layanan sekelas hotel. 

3. Gazebo

Jika berkunjung ke tempat wisata satu ini, disana anda akan menemukan tempat beristirahat dan juga untuk bersantai berupa saung-saung yang sangat nyaman didiami bersama dengan keluarga, teman dan pasangan anda.

4. Toko Souvenir

Di Situ Patenggang juga tersedia Toko Souvenir yang mana kamu gunakan untuk mencari oleh-oleh untuk di bawa pulang. Apalagi ketika anda berjalan ke arah pulang anda juga bisa mampir di salah satu toko kerajinan kulit yang paling terkenal di Bandung yaitu Cibaduyut.

6. Tempat Parkir

Untuk keperluan parkir kendaraan, Objek wisata Situ Patenggang sangat memberikan keleluasaan kepada pengunjungnya, dengan memberikan area parkir yang cukup luas dan bisa menampung berbagai tipe ukuran kendaraan, mulai dari Bus Pariwisata, Kendaraan roda empat biasa hingga roda dua. 

7. Tempat Ibadah

Bagi anda pengunjung yang beraga muslim, jika anda berkunjung ke sini, maka anda tidak perlu khawatir jika sudah tiba waktu sholat dan anda mau melakukan sholat. Tempatnya bagus dan refresentatif.

Gimana tertarik ingin mengunjunginya ..?

Lokasi in Google Maps


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url