Explore Berbagai Keindahan Menjangan Island di Pulau Dewata Bali

Satu hal yang perlu kita ketahui jika Pulau Dewata Bali merupakan surganya pagi para wisatawan. Tak hanya itu banyak dari sebagian mereka rela menghabiskan banyak biaya untuk mengunjungi pulau satu Ini.

Tak hanya terkenal di kalangan para wisatawan, Pulau Dewata Bali juga menjadi salah satu destinasi terbaik bagi para wisatawan asing. Salah satu destinasi yang menjadi spot menarik bagi para wisatawan yaitu Pantai Kuta Bali.

Nah, tapi pembahasan kali bukan tentang pantai Kuta Bali, melainkan pulau kecil nan indah yang berada tak jauh dari pantai Barat Laut Bali. Yaitu, Menjangan Island / Pulau Menjangan.

Menjangan Island
Menjangan Island | source, instagram.com/vndmedia

Menjangan Island merupakan Pulau Kecil yang masuk dalam kawasan cagar laut yang dilindungi di Taman Nasional Bali Barat. Selain berada di kawasan Taman Nasional Yang dilindungi, Pulau Menjangan juga memiliki beribu-ribu hektar taman terumbu karang yang indah dengan ekologi hayati yang sangat beragam yang mengelilingi pulau tersebut.

Selain menyajikan pemandangan yang indah berupa bentangan terumbu karang yang mengelilinginya. Terdapat juga tempat yang cukup populer bagi penduduk lokal maupun wisatawan yang mana dijadikan sebagai tempat untuk mengeksplorasi ikan dan terumbu karang.

Menariknya di Pulau Menjangan terdapat berbagai spesies karang yang bisa kamu eksplorasi dan tak luput juga dari aktivitas snorkeling ataupun diving yang biasa dilakukan oleh wisatawan ketika berkunjung ke Pulau Menjangan.

Daya Tarik Menjangan Island 

Satu hal yang perlu diketahui bahwa pulau ini tidaklah benar-benar kosong / tak berpenghuni. Melainkan terdapat segombolan rusa yang hidup dipulau ini. Alasan satu-satunya kenapa rusa bisa hidup di pulau ini, dikarenakan dari namanya Menjangan yang di ambil dari bahasa Jawa yang berarti Rusa.

Menjangan Island
Source, instagram.com/ms.ninda

Selain menikmati pemandangan alam bawa lautnya, tentunya kamu juga bisa melihat kehidupan rusa-rusa disekitar pulau yang mana bisa kamu jumpai ketika berkunjung ke pulau ini.

Meski terbilang pulau kecil tapi banyak hal yang bisa membuat kamu betah ingin berlama-lama disini. 

Dua Spot Snorkling Menarik

Biasanya snorkling merupakan aktivitas yang paling di gemari oleh para wisatawan. Kali ini dipulau Menjangan terdapat 2 spot snorkling yang bisa kamu jadikan pilihan untuk menjelajahi alam bawah lautnya.

Menjangan Island
Source, instagram.com/adelliarp

Spot yang yang pertama berada di dekat dermaga dan dekat dengan pantai yang kamu bisa sedikit jenis ikan. Namun jika kamu berenang ketengah kamu akan menjumpai aneka jenis ikan yang banyak dan tentunya dengan terumbu karangnya yang ber warna-warni.

Spot Yang Kedua berada di dekat tebing yang mana kamu bisa menyaksikan dunia bawah airnya Tanpa harus menyelam/snorkeling. Tapi bagi kamu yang ingin menyelam juga bisa di spot kedua ini, tapi jika ingin menyaksikan aneka karang dan terumbu karang kamu bisa menyaksikannya langsung dari atas tebing. Pasalnya air di sekitar tebing terlihat begitu jernih sampai bisa terlihat jelas kehidupan bawah lautnya.

Tiga Spot Diving Menarik

Jika tadi Menjangan Island mempunyai 2 spot Snorkling yang menarik, kini terdapat 3 spot diving yang menarik diantaranya, 

  • Anchor Wreck
Anchor Wreck merupakan spot diving bagi para penyelam profesional. Menariknya di tempat ini kamu bisa menemukan bangkai kapal Belanda yang tenggelam pada abad 19. 

  • Eel Gardens 
Eel Gardens merupakan kawasan diving terfavorit karena pemandangan alam bawah lautnya yang indah, dipenuhi dengan garen eel dan sea fans.

Menjangan Island
Source, instagram.com/indodivephotos

  • Secret Bay 
khusus untuk penyuka macro diving. Tempat menyelam ini masih sangat alami dan lautnya pun dangkal dipenuhi dengan berbagai jenis terumbu karang di dalamnya.

Kapal Selam Odyssey Submarine

Selain Snorkeling ataupun Diving dipulau ini terdapat juga Kapal selam yang bernama Odyssey Submarine. Yang mana bisa menjadi alternatif bagi kamu, jika tidak ingin basah-basah kamu dapat menggunakan fasilitas satu ini.

Kapal Selam Odyssey Submarine
Source, instagram.com/medcomid

Dari dalam kapal selam kamu bisa menikmati keindahan bawah laut pulau Menjangan yang dihiasi dengan terumbu karang berwarna warni dan aneka jenis ikan. Kapal ini hanya beroperasi di dua daerah yaitu Maui Hawaii dan Amuk Bay Bali. Harganya memang sedikit agak mahal, namun dengan pengalaman yang didapatkan akan terasa sebanding. 

Wisata Religi

Selain kegiatan didalam air terdapat juga wisata religi dengan mengunjungi beberapa pura di Menjangan. Pura Menjangan memiliki suasana tenang dan hening, banyak umat Hindu datang untuk berdoa karena suasananya yang khusyuk.

Tips Berkunjung Ke Menjangan Island 

Ketika berkunjung ke Menjangan Island ada baiknya kamu mengunakan pemandu lokal yang sebagian besar telah di sediakan oleh pihak hotel ataupun tur di area pantai Pemuteran. Dan bisa juga kamu temukan di kantor taman di Labuhan Lalang.

Bagi kamu yang ingin snorkeling atau diving di Pulau Menjangan, kamu bisa membawa peralatan sendiri atau bisa juga menyewa dengan harga mulai dari IDR50.000. Sementara untuk menyewa kapal atau boat pengunjung harus merogoh kocek sekitar IDR500.000. 

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Pulau Menjangan adalah saat bulan April sampai November dimana cuaca sedang baik. Bawalah perlengkapan yang kamu butuhkan seperti makanan, minuman, obat-obatan pribadi dan tabir surya, karena Pulau Menjangan adalah pulau yang tidak berpenghuni.

Rute Menuju Menjangan Island

Pulau Menjangan adalah pulau yang terpisah dari pulau Bali, jadi untuk bisa sampai kesini harus menyebrang dengan perahu. Berikut ini adalah rute menuju Menjangan Island.

Rute yang bisa kamu tempuh adalah dengan menaiki kapal atau perahu motor dari Labuan Lalang dan Pemuteran dengan biaya kurang lebih IDR300.000-IDR 400.000.

Tapi kami sarankan untuk mengikuti day tour karena biasanya sudah termasuk transportasi PP dan sudah tidak perlu ribet mencari transportasi di Pulau Menjangan.

Fasilitas Di Menjangan Island 

  • Spot diving 
  • Spot Snorkeling
  • Penginapan (homestay, villa dan hotel) 
  • Penyewaan peralatan snorkeling dan diving Penyewaan Kapal
  • Pura

Lokasi in Google Maps


Pulau Menjangan ada di sebelah timur Taman Nasional Bali Barat, tepatnya di Sumber Klampok, Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali, Indonesia. [ Lihat Maps ]
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url