10 Rekomendasi Destinasi Wisata di Yogyakarta Yang Lagi Hits Untuk Dikunjungi

Siapa yang tidak kenal Yogyakarta, sebuah provinsi yang ber ibukota kan Yogja atau Jogja yang terkenal dengan konsep budaya Jawanya yang kental dan juga selalu mempertahankan konsep tradisional.

Kota Jogja tidak hanya terkenal dengan budaya khasnya, melainkan juga dengan kulinernya yang tersedia dari seluruh Nusantara. Yaa jika ingin menikmati makanan khas kuliner Indonesia, tentu Jogja menjadi destinasi yang tepat untuk dikunjungi.

*Eitss.. tapi sebelum menjelajahi Wisata kuliner yang ada di Jogja gua mau rekomendasikan sedikit destinasi wisata populer yang tentunya Hits untuk dikunjungi ketika berada di Yogyakarta.

Berikut 10 Rekomendasi Destinasi yang Hits Di Yogyakarta Yang Bisa Kamu Kunjungi


1. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut merupakan salah satu destinasi yang menarik untuk dikunjungi Ketika berada Di Yogyakarta. Objek wisata satu ini cukup menarik untuk dikunjungi, pasalnya air terjun Kedung Pedut memiliki aliran air 2 warna yang berlokasi di Pegunungan Menoreh.

Daya tarik utama dari air terjun ini ialah pada aliran air terjunnya yang memiliki 2 warna yang unik Yakni, biru toska dan putih jernih serta keberadaanya yang di buat menyerupai laksana water park tradisional seperti papan seluncur kayu, pancuran bambu dan masih banyak lagi. Dan yang pastinya keindahan alam ya yang luar biasa.

Bagi kamu yang ingin berdestinasi ke objek wisata satu ini, kamu bisa melakukan perjalanan dari pusat kota Yogyakarta menuju Nanggulan. Karena lokasinya yang begitu tersembunyi, maka kamu harus menaiki perbukitan hinga tiba di goa kiskendo. Lokasi ini merupakan patokan pertama untuk menuju Air terjun dan kamu bisa mengambil jalur kiri setelah melakukan perjalanan sekitar 5 kilometer dan akan bertemu papan petunjuk menuju lokasi air terjun.

Lokasi, Jl. Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.Lihat Maps ]

2. Ekowisata Taman Sungai Mudal

Ekowisata Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal merupakan sebuah objek ekowisata berupa alam terbuka yang menawarkan pesona sebuah kolam pemandian yang bersumber dari mata air alami.

Menariknya mata air yang terdapat pada Taman Sungai Mudal bersumber dari sebuah goa yang yang terletak di dalam Taman Sungai Mudal. Apalagi dengan adanya dukungan fasilitas tentu para wisatawan merasa nyaman saat berada di sana.

Taman Sungai Mudal menjadi salah-satu wisata Kulon Progo yang selalu menjadi destinasi utama saat liburan tiba. Salah-satu alasan utamanya dikarenakan Taman Sungai Mudal mampu menjadi destinasi wisata keluarga yang menyenangkan.

Lokasi, Banyunganti, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta Lihat Maps ]

3. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti merupakan objek wisata pantai yang lagi hits-hitsnya di Yogyakarta yang dapat kamu kunjungi ketika berada di Yogyakarta. Sebagai salah satu pantai yang terletak di GunungKidul, pantai satu ini menawarkan keindahan pantainya yang begitu alami.

Terletak di sebelah timur pantai Sundak, pantai yang yang di batasi bukit karang ini merupakan salah satu pantai yang menyajikan pemandangan berbeda dibandingkan pantai pantai lainnya di Gunung Kidul. Tidak hanya berhiaskan pasir putih, bukit karang, jernihnya air laut Pantai Indrayanti juga dilengkapi dengan berbagai penginapan mewah serta sejumlah restoran dan cafe disekitarnya.

Lokasi, Banjarejo, Tanjungsari, Gunungkidul, Daerah Istimewa YogyakartaLihat Maps ]

4. Tebing Breksi

Tebing Breksi

Tebing Kreasi merupakan salah satu objek wisata yang lagi hits-hitsnya di Yogyakarta. Sebagai objek wisata yang menoreh penghargaan sebagai tempat wisata baru terpopuler pada tahun 2017, membuat Tebing Breaksi kerap ramai dikunjungi wisatawan apalagi pada saat liburan.

Tebing Breksi memiliki daya tarik berupa pemandangan dinding tebing dengan ornamen patahan yang artistik, dan berupa pemandangan kota Yogyakarta, Candi Prambanan, dan Gunung Merapi yang dapat disaksikan dari Bukit Tebing Breaksi.

Tebing kreasi awalnya hanya berupa pertambangan berupa bebatuan kapur yang mana kini telah menjadi destinasi menarik dengan berbagai spot foto yang instagenic.

Lokasi, Jl. Desa Lengkong, RT.02/RW.17, Gn. Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa YogyakartaLihat Maps ]

5. Hutan Pinus Pengger Dlingo

Hutan Pinus Pengger Dlingo

Hutan Pinus Pengger Dlingo merupakan objek wisata yang wajib dikunjungi ketika berada Yogyakarta. Sebagai salah satu objek yang ramai dikunjungi, Hutan Pinus Dlingo menyajikan pemandangan yang indah langsung dari atas perbukitan dengan landscape panorama alam.

Selain menyajikan pemandangan alamnya, Hutan Pinus Pengger juga memeliki suasana yang begitu asri dan menyejukan ditambah dengan rindangnya pohon pinus membuat udara terasa disekitar tentu menjadi sangat sejuk.

Lokasi, Jl. Dlingo-Patuk, Sendangsari, Terong, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.Lihat Maps ]

6. Gumuk Pasir

Gumuk Pasir

Gumuk Pasir merupakan salah satu tempat wisata yang lagi hits dan juga menjadi salah satu destinasi favorit bagi masyarakat Yogyakarta terutama di Parangtritis.  

Gumuk pasir adalah salah satu bentang alam yang proses pembentukannya dipengaruhi angin, terbentuk karena pasir yang menumpuk dalam jumlah besar.

Alasan Gumuk pasir menjadi destinasi favorit karena, pengunjung dapat merasakan suasana gurun pasir yang berada di Indonesia. Jika kamu pecinta olahraga antimainstream, padang pasir berwarna hitam ini juga cocok untuk bermain sandboarding.

Lokasi, Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1 Grogol 10, Parangtritis, Kec. Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. [ Lihat Maps ]

7. Teras Kaca Pantai Nguluran

Teras Kaca Pantai Nguluran

Teras Kaca merupakan salah satu destinasi wisata populer yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Yogyakarta. Teras Kaca menghadirkan berbagai wahana dan spot foto yang instagramable.

Terletak di Pantai Nguluran, Teras Kaca juga Menghadirkan berbagai wahana berbentuk teras diatas tebing dengan dasar kaca sehingga debur ombak di bawah tebing pun bisa terlihat jelas. Sampai wahana ayunan ekstrem yang bikin pengunjung terlihat seolah melayang di udara dengan laut biru sebagai background, semuanya ada di sini.

Kehadirannya bikin lokasi wisata di Jogja semakin variatif dan menarik, yang pastinya bikin Yogyakarta semakin jadi destinasi favorit.

Lokasi, Bolang, Girikarto, Panggang, Gunung Kidul Regency, Special Region of YogyakartaLihat Maps ]

8. Wisata Kalibiru

Wisata Kalibiru

Kalibiru merupakan destinasi wisata alam yang sangat diminati oleh para wisatawan. Dengan landscape panorama alam berupa pemandangan yang indah dari atas puncak.

Sebagai salah satu destinasi favorit, Kalibiru tentu sangat diminati oleh para wisatawan. Apalagi pada saat liburan, bisa di pastikan objek satu selalu ramai dikunjungi wisatawan. 

Di Kalibiru anda juga dapat menikmati pemandangan alam berupa perbukitan menoreh yang subur dan hijau dan pada saat yang bersamaan juga anda bisa melihat langsung sebuah prasasti batu, menara pandang, serta fly over dari atas puncak.

Lokasi, Hargowilis, Kec. Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa YogyakartaLihat Maps ]

9. Museum Ullen Sentalu.

Museum Ullen Sentalu.

Museum Ullen Sentalu menjadi salah satu dari sekian banyaknya museum yang ada di Jogja dan merupakan tempat bersejarah menarik yang wajib Anda kunjungi di Jogja.

Sebagai destinasi wisata yang cukup populer, Museum Ullen Sentalu juga berisi berbagai macam peninggalan kerajaan Mataram Kuno hingga Mataram Islam seperti dari patung, arca, syair, dan gamelan. Selain itu ada pula lukisan serta sejumlah benda hadiah dari Keraton Yogyakarta yang merupakan pecahan dari Kerajaan Mataram Islam.

Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman berkunjung yang memuaskan, pihak pengelola museum telah menyediakan beberapa tur edukasi yang bisa Anda pilih. Salah satu tur tersebut adalah Tur Adiluhung Mataram yang mengajak Anda mengenal peninggalan Mataram melalui seni dan budaya yang ada.

Lokasi, Jl. Boyong No.KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa YogyakartaLihat Maps ]

10. Bungker Kaliadem

Bunker Kaliadem

Sebagai destinasi yang menyajikan berupa pemandangan alam dengan berlatar belakang gunung berapi, kali adem juga menjadi salah satu spot menarik yang dapat anda kunjungi ketika berada di Yogyakarta.

Kaliadem merupakan kawasan Bunker Kaliadem merupakan bekas tempat evakuasi darurat bencana erupsi Gunung Merapi yang sudah tidak berfungsi lagi. Bangunan sedalam tiga meter itu dibuat untuk perlindungan darurat masyarakat sekitar saat terjadi erupsi.

Namun sejak 2006 Bunker Kaliadem sudah tidak difungsikan lagi karena dianggap berbahaya sebagai tempat berlindung.

Bunker Kaliadem hanya berjarak sekitar 2.000 meter dari puncak Merapi sehingga saat cuaca cerah dapat dipastikan Anda bisa melihat dengan jelas penampakan Gunung Merapi. Untuk mencapai Bunker Kaliadem dari pusat Kota Yogyakarta, Anda hanya perlu menempuh jarak 27 kilometer ke utara.

Lokasi, Kinarejo, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa YogyakartaLihat Maps ]

Itu dia beberapa destinasi yang hits dan menarik untuk di kunjungi ketika berada di Yogyakarta.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url