10 Tempat Wisata Populer di Samarinda Yang Ramai Dikunjungi 2023

10 Destinasi Wisata Populer Samarinda

Samarinda merupakan salah satu kota besar yang berada di Provinsi Kalimantan Timur dan sekaligus menjadi ibukota dari Kalimantan Timur yang Memiliki luas wilayah 718 kilometer persegi.

Sebagai salah kota besar di Kalimantan Timur, Samarinda tentu sangat diminati oleh para wisatawan dengan adanya sungai terbesar ke-2 di Pulau Kalimantan yaitu Sungai Mahakam. Hal inilah yang menjadikan Samarinda memiliki semboyan Kota Tepian ( Teduh, Rapi, Aman dan Nyaman ).

Nah, berbicara mengenai kota Samarinda, kali ini saya akan memberikan rekomendasi tempat wisata di Samarinda yang populer untuk di kunjungi selain Sungai Mahakamnya. Dibanding dengan kota lainya ternyata Samarinda memiliki berbagai tempat populer yang wajib kamu kunjungi. Berikut 10 Tempat Wisata Populer Samarinda Yang Ramai Di Kunjungi Saat Berlibur.

Taman Tepian Mahakam

Taman Tepian Mahakam
source image: instagram.com/ssc.samarinda

Taman Tepian Mahakam merupakan kawasan dengan area yang sangat teduh yang berada di tepi sungai dengan menghadirkan panorama matahari terbenam dan juga beberapa pedagang makanan khas setempat.

Sebagai salah bentuk upaya dari pemerintah setempat diharapkan dapat menarik para wisatawan yang berkunjung ke Kota Samarinda serta masyarakat sekitar untuk menghabiskan waktu luangnya di taman satu ini dengan menghadirkan beberapa wahana dan fasilitas yang dapat menarik para wisatawan

Lokasi, Jalan Gajah Mada, Bugis, Kecamatan Samarinda Kota, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75242, IndonesiaLihat Maps ]

Islamic Center Samarinda

Islamic Center Samarinda
source image: instagram.com/fikrism_

Islamic Center Samarinda, merupakan sebuah Masjid Besar yang terkenal dengan desain khas Timur Tengah modern yang memiliki 7 menara dan interior indah.

Masjid Islamic Center Samarinda (MICS) menjadi ikon syiar Islam yang dibanggakan masyarakat kota setempat dan Provinsi Kalimantan Timur umumnya. Masjid yang berlokasi di Kelurahan Teluk Lerong Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, itu tak jauh dari tepi Sungai Mahakam

Lokasi, Jalan Slamet Riyadi No.Samping, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75243, Indonesia;Lihat Maps ]

Wisata Budaya Pampang

Wisata Budaya Pampang
source image: instagram.com/egheoghi

Wisata Budaya Pampang merupakan situs budaya yang ada di Kalimantan Timur. Desa Pampang menjadi tempat tinggal dari Suku Dayak setelah bermigrasi pada tahun 1960-an.

Sungai Pampang dapat diakses 1,5 jam dari Lamin Utama Desa Pampang. Sungai alami yang memiliki 3 air terjun dan banyak mata air serta kolam alam yang cukup besar.

Lokasi, Jl. Wisata Budaya Pampang, No.32, RT.03, Kelurahan Budaya Pampang, Kec Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75119 Indonesia;Lihat Maps ]


Kampung Tenun Cagar Budaya


Kampung Tenun Cagar Budaya
source image: instagram.com/titagloria

Kampung Tenun Cagar Budaya merupakan Salah satu tempat wisata di Samarinda yang terletak di tepian Sungai Mahakam. Di Kampung Tenun, masyarakatnya masih melestarikan kearifan lokal yang khas dari Kalimantan Timur, yakni kain tenun.

Di sini anda bisa melihat banyak masyakarat yang tengah menenun dengan mesin tenun tradisionalnya. Hal ini tentunya untuk dan memiliki nilainya tersendiri. Di Samarinda sendiri memiliki motif kain batik khas, yakni Belang Hatta.

Lokasi, Jl. Hos Cokro Aminoto, Rapak Dalam, Kec. Samarinda Seberang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75133 Indonesia;Lihat Maps ]

Air Terjun Pinang Seribu

Air Terjun Pinang Seribu
source image: instagram.com/halimbetty6811

Air Terjun Pinang Seribu merupakan objek wisata alam yang terletak di Sempaja Utara yang memiliki bentuk dan karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan air terjun yang lainnya. Jika biasanya air terjun memiliki ketinggian di atas 7 meter, air terjun ini hanya setinggi 5 meter saja dengan sudut kemiringan 45 derajat.

Lokasi, Sempaja Utara, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75127 Indonesia;Lihat Maps ]

Wisata Tebing Lonceng

Wisata Tebing Lonceng
source image: instagram.com/trieanach_

Wisata Tebing Lonceng merupakan salah satu kawasan wisata alam yang menghadirkan panorama kota tepian dari ketinggian. Tidak banyak dataran tinggi yang bisa ditemukan di Samarinda. Namun kini, berkat inisiatif masyarakat sekitar, segelintir tempat itu dimanfaatkan untuk menjadi tempat wisata.

Lokasi, Jl. Dwikora, Rapak Dalam, Kec. Loa Janan Ilir, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75251 Indonesia;Lihat Maps ]

Mahakam Lampion Garden

Mahakam Lampion Garden
source image: instagram.com/ndah_____bdynto

Mahakam Lampion Garden merupakan kawasan berupa taman yang disulap menjadi area bermain anak dengan air mancur, lentera yang menyala di malam hari.

Untuk menikmati berbagai atraksi lampion di taman ini pengunjung akan dibebankan biaya tiket. Harga tiket masuk Mahakam Lampion Garden cukup murah hanya Rp15.000.

Lokasi, Jl. Slamet Riyadi No.75, Karang Asam Ilir, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75243 Indonesia; [ Lihat Maps ]

Kampung Ketupat

Kampung Ketupat
source image: instagram.com/ssc.samarinda

Kampung Ketupat merupakan Salah satu ikon pariwisata di kota Samarinda adalah Kampung Ketupat yang berada di Jalan Mangkupalas Kelurahan Masjid Samarinda Seberang.

Sejak diresmikan Pemkot Samarinda, Warga Kampung Warna-warni melakukan pembenahan. Sedit sudut dibuat menarik agar wisatawan tak sekedar membeli ketupat atau kerajinan lainnya melainkan dapat berswafoto di rumah warna-warni kampung ketupat.

Lokasi, Mesjid, Kec. Samarinda Seberang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75251 Indonesia;Lihat Maps ]

Wisata Pemandian Serayu

Wisata Pemandian Serayu
source image: instagram.com/pemandianserayupemandianserayulestari_psl

Wisata Pemandian Serayu Lestari jadi alternatif wisata yang bisa kamu kunjungi saat singgah ke Kota Samarinda. Tempat pemandian yang menawarkan banyak keseruan bagi pengunjungnya.

Selain banyaknya wahana yang ditawarkan, di sana juga memiliki beberapa jenis kolam renang yang cocok untuk segala umur, lho. Jadi gak hanya anak-anak saja, orang dewasa juga bisa menikmatinya.

Lokasi, Jl. Serayu No.24, Tanah Merah, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75116 Indonesia;Lihat Maps

Puncak Samarinda

Puncak Samarinda
source image: instagram.com/puncak_samarinda

Negeri di atas awan, mungkin itulah nama yang cocok bagi Puncak Samarinda. Menikmati indahnya alam dari atas puncak memiliki sensasi yang berbeda. Tidak sedikit masyarakat yang bahkan sering berkemah di Puncak ini. 

Kabut-kabut seperti awan pun menghampar, menutupi pepohonan dan kebun-kebun di bawahnya. Suara burung dan deru jangkrik pun menambah suasana semakin nyaman.

Lokasi, Jl. Berambai, Sempaja Utara, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75124 Indonesia;Lihat Maps ]

Nah, itu dia beberapa tempat wisata populer di Samarinda yang dapat kamu kunjungi ketika berlibur. Dan masih banyak lagi tempat wisata menarik yang dapat anda Kunjungi ketika berada di Samarinda.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url