25 Tempat Wisata Populer di Balikpapan Terbaru 2023

Balikpapan merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang terkenal dengan sebutan kota minyak. Sebagai salah satu kota dengan penghasil minyak terbesar, Balikpapan juga terkenal dengan kota biaya hidup termahal.

Tak hanya itu Balikpapan juga juga dikenal sebagai Pusat Bisnis dan Industri dengan perekonomian terbesar di seluruh Indonesia.

Balikpapan juga merupakan salah satu dari 3 gerbang menuju ibu kota Indonesia yang baru, dengan keberadaan Pelabuhan Semayang (tersibuk kedua setelah Pelabuhan Samarinda) dan Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman yang merupakan yang tersibuk ketiga di Kalimantan, setelah Banjarmasin dan Pontianak.

Nah, ngomong-ngomong soal Balikpapan kali ini aku mau rekomendasikan; 

25 tempat wisata populer di Balikpapan yang bisa kamu kunjungi untuk sekedar mengisi hari libur anda dengan mengunjungi tempat wisata di Balikpapan

{tocify} $title={Table of Contents}

Pantai Melawai

Pantai_Melawai
source image: instagram.com/yoesrilim

Pantai Melawai merupakan salah satu tempat wisata yang wajib kamu kunjungi ni sob ketika berada di Balikpapan. Pantai Melawai sendiri terletak di area tepian yang menghadirkan berbagai menu kuliner di tepi jalan sambil menikmati indahnya matahari terbenam.

Alamat: Jl. Pelabuhan Semayang, Prapatan, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. [ Lihat Maps ]

Pantai Benua Patra

Pantai Benua Patra
source image: instagram.com/pedro_denny

Pantai Benua Patra merupakan kawasan wisata yang lokasinya berdekatan dengan Pantai Melawai lokasinya pun mudah di jangkau hanya berjarak beberapa meter dari jalan besar.

Pantai Benua Patra menawarkan pemandangan kontras dari warna pasir dan air lautnya. Pasir putih dengan warna laut yang biru menjadi perpaduan yang sempurna. Area pesisirnya memiliki daratan yang tidak begitu luas dan terapit dua tebing batu di kanan kirinya. Di sekitar tebing penuh dengan pepohonan yang membuat pantai ini terlihat sangat rindang dan teduh.

Alamat: Jalan Jenderal Sudirman, Perapatan, Balikpapan Kota, Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia [ Lihat Maps ]

Kemala Beach

Kemala Beach
source image: instagram.com/adtgws

Pantai Kemala atau yang biasa disebut dengan Pantai Polda merupakan salah satu tujuan wisata yang berada di Kota Balikpapan. Disebut dengan naman Pantai Polda karena pantai ini dikelola oleh Polda Kalimantan Timur. 

Pantai Kemala terletak di pusat kota, tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Balikpapan, Propinsi Kalimantan Timur. Lokasinya yang berada di pinggir jalan namun terhalang oleh bangunan perkantoran menjadikan obyek wisata satu ini tidak begitu mencolok.

Alamat: Jalan Jenderal Sudirman, Prapatan, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia [ Lihat Maps ]

Pantai Monpera

Pantai Monpera
source image: instagram.com/balikpapan_city

Pantai Monpera merupakan salah satu kawasan wisata yang lengkap dengan wisata kulinernya. Selain menjadi tempat wisata Pantai Monpera juga terdapat tugu pahlawan yang bisa kamu saksikan ketik berkunjung ke Pantai Monpera.

Lokasinya pun tidak begitu jauh dari Kemala Beach yang hanya berjarak beberapa meter saja dari pantai Kemala Beach yang dapat kamu tempuh dengan menyusuri pantai di sekitar dengan berjalan kaki.

Alamat: Jalan Jenderal Sudirman No.1, RT.11, Klandasan Ulu, Kecamatan Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia [ Lihat Maps ]

Pasar Klandasan

Pasar Klandasan
source imagae: instagram.com/bpnfoodies

Pasar Klandasan terletak di Jalan Jendral Sudirman, Balikpapan Kota dan berada dekat dengan Kantor Walikota Balikpapan. Pasar yang berdiri sekitar tahun 1996 ini juga berada persis di pinggiran pesisir pantai Kota Balikpapan. Karena hal itu, selain berbelanja masyarakat bisa menikmati keeksotisan pesisir pantai Balikpapan.

Melalui Dermaga Pasar Klandasan, masyarakat bisa santai sejenak dan menikmati embusan angin pantai. Keindahannya semakin terasa ketika melihat kapal yang berlalu lalang menuju Pelabuhan Semayang.

Alamat: Jalan Jenderal Sudirman No.9, Klandasan Ulu, Kecamatan Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia [ Lihat Maps ]

Taman Bekapai

Taman Bekapai
source image: instagram.com/yennips

Taman Bekapai menjadi salah satu andalan bagi masyarakat Kota Balikpapan untuk melepas lelah. Pasalnya pohon pohon yang berdiri sejajar dan bangku bangku yang ditata apik sedemikian rupa akan mampu membuat suasana hati menjadi lebih rileks. Untuk itu, bagi Anda yang sedang mencari tempat untuk berteduh atau melepas lelah, maka Taman Bekapai dapat menjadi tujuan wisata.

Pasalnya, taman satu ini merupakan salah satu kawasan yang memang dibuat pemerintah untuk memberikan ruang terbuka yang hijau dan juga untuk menjaga kesegaran kota. Tak heran banyak masyarakat Balikpapan maupun pelancong yang sering terlihat mengunjungi taman satu ini.

Alamat: Jalan Jenderal Sudirman No.86, RT.11, Damai, Kecamatan Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia [ Lihat Maps ]

Taman 3 Generasi

Taman 3 Generasi
source image: instagram.com/info_kaltim

Salah satu taman yang sedang naik daun dan jadi perhatian banyak pihak adalah Taman Tiga Generasi. Dibangun perlahan sejak 2012 lalu, taman ini bak gula yang mengundang
semut-semut, semakin manis dan kian menunjukkan kemolekannya.

Perlahan namun pasti, warga berduyun-duyun menikmatinya. Makin lengkap kecantikan taman ini dengan puluhan lampu lampion disebar oleh Dinas Pariwisata. Pemkot melaunching lampu-lampu lampion berwarna warni untuk membuat taman ini semakin gemerlap di malam hari.

Alamat: Jl. Jamrud I, Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia [ Lihat Maps ]

Caribbean Island Water Park

Caribbean Island Water Park
source image: instagram.com/caribbeanislandwaterpark

Caribbean Island Water park merupakan sebuah taman rekreasi keluarga dengan menghadirkan berbagai wahana bermain air. Caribbean Island Waterpark sangat jelas dirasakan dari berbagai wahana, bangunan, dan ornamen penunjang lainnya.

Suasananya akan mengajak pengunjung seolah tengah berada di sebuah pulau karibia lengkap dengan bajak lautnya. Tema ini tentu akan sangat menarik perhatian anak-anak.

Alamat: Perumahan Balikpapan Regency Kol. Syarifuddin Yoes II ( Ring Road II, Jalan Ruhui Rahayu, Sepinggan, , Balikpapan Selatan, Balikpapan, Kalimatan Timur, Indonesia [ Lihat Maps ]

Kawasan Kampung Atas Air

Kawasan Kampung Atas Air
source image: instagram.com/fro_pamungkas

Kawasan Kampung Atas Air merupakan salah tempat wisata di Balikpapan yang memiliki pemandangan indah berupa matahari terbenam yang dapat kamu saksikan ketika berkunjung ke Kawasan satu ini.

Kampung atas air Mergasari Balikpapan adalah salah satu kampung yang pernah mengantarkan Balikpapan menerima penghargaan Inovasi Manajemen Perkotaan (IMP) Award 2013 silam. Kampung ini menjadi bukti berhasilnya pemerintah kota menyulap kawasan kumuh menjadi kawasan yang tertata rapi dan lebih terlihat hijau.

Alamat: Jalan. Sepaku Laut, Marga Sari, Kec. Balikpapan Barat, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia [ Lihat Maps ]

Mangrove Centre Graha Indah

Mangrove Centre Graha Indah
source image: instagram.com/riskimustafa1027

Mangrove Centre Graha Indah merupakan sebuah kawasan wisata alam edukasi berupa konservasi pohon bakau dan satwa endemik Kalimantan. berlokasi tak jauh dari pusat kota Balikpapan, Jika Anda ingin berkunjung ke Graha Indah, ada baiknya untuk mengetahui informasi mendalam mengenai objek wisata tersebut.

Alamat: Graha Indah Gg. Mangrove VI No.RT. 14, Batu Ampar, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur Indonesia [ Lihat Maps ]

Pantai Auri Sepinggan

Pantai Auri Sepinggan
source image: instagram.com/bpp_kece

Pantai Auri menjadi salah satu tujuan untuk berakhir pekan bagi warga Balikpapan dengan Menghabiskan waktu liburan akhir pekan di Balikpapan bisa menjadi lebih seru ketika mengunjungi wisata Pantai Auri Sepinggan. Destinasi bahari yang populer untuk dinikmati bersama keluarga ataupun komunitas.

Jika Anda ingin merasakan hembusan angin yang lebih sejuk, Anda bisa menyusuri pantai. Bahkan ada juga jembatan kayu yang sangat panjang menuju arah tengah laut untuk dapat menikmati keindahannya.

Alamat: Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia [ Lihat Maps ]

Dahor Heritage Balikpapan

Dahor Heritage Balikpapan
source image: instagram.com/balikpapan_city

Dahor Heritage adalah rumah panggung yang menjadi salah satu cagar budaya yang terletak di jalan Letjen Suprapto kota Balikpapan. Rumah ini menjadi bagian dari kompleks perumahan yang dikelola langsung oleh Pertamina karena menjadi saksi bisu cerita para pekerja kilang minyak pada masa kolonial Belanda.

Dimana, kemudian rumah antik ini dijadikan sebagai museum ataupun perpustakaan. Menjadi salah satu wisata edukasi yang menarik, rumah untuk dikunjungi.

Alamat: Jl. Dahor No.1, Baru Ilir, Kec. Balikpapan Bar., Kota Balikpapan, Kalimantan Timu, Indonesia [ Lihat Maps ]

Kebun Raya Balikpapan

Kebun Raya Balikpapan
source image: instagram.com/bpp_kece

Kebun Raya Balikpapan yang merupakan bagian kawasan yang berada di dalam kawasan Hutan Lindung Sungai Wain,ditunjuk sebagai Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KDTK)

Sebagai kawasan wisata alam berupa taman konservasi berupa penelitian, pendidikan dan pariwisata menjadikan Kebun Raya Balikpapan menjadi salah satu kawasan yang wajib untuk kamu kunjungi.

Alamat: Jalan Soekarno Hatta Km. 15, Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia [ Lihat Maps ]

Aquaboom Waterpark

Aquaboom Waterpark
source image: instagram.com/pentacity.doomo

Aquaboom Waterpark merupakan Tempat wisata keluarga yang ada di kota Balikpapan yang terbilang baru, karena baru diresmikan pada tanggal 10 Oktober 2018.

Dan salah satu tempat wisata yang Keberadaan Aquaboom Waterpark Balikpapan telah menyedot perhatian masyarakat karena keunikannya yang berada di atas ketinggian yakni di lantai 7 dari pusat perbelanjaan.
Dan ini diklaim sebagai waterpark pertama tertinggi di Indonesia yang berada di gedung.

Alamat: Jalan Jend.Sudirman, Balikpapan Superblok Complex, Nicopolis South Tower Astara Lt. 7, Gunung Bahagia, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia [ Lihat Maps ]

Gunung Dubs

Gunung Dubs
source image: instagram.com/dhanipuspito

Gunung Duds bukanlah sebuah gunung melaikan nama kawasan dataran tinggi di Balikpapan tempat kompleks perumahan Pertamina dan juga dekat dengan kilang minyak.Nah, di kawasan ini kita bisa melihat pemandangan kota di malam hari yang apik.
 
Alamat: Balikpapan, Prapatan, Kecamatan Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia [ Lihat Maps ]

Mahavihara Buddhamanggala

Mahavihara Buddhamanggala
source image: instagram.com/ref.drone

Mahavihara ini berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 2.5 hektare dengan posisi yang strategis, yakni di sebuah bukit di jantung kota Balikpapan. W
isata ke Balikpapan, tapi berasa di Thailand.

Inilah nuansa yang terasa saat mengunjungi Mahavihara Buddha Manggala. Patung gajah putih menyambut bagi para pengunjung vihara. Di area ini, bahkan terdapat buddha tidur persis seperti yang ada di Thailand. Ini adalah vihara yang dijadikan sebagai tempat ibadat Umat Buddha Theravada Kota Balikpapan.

Alamat: Jl.MT. Haryono, Graha Indah Ring Road No.153, RT.043/RW.000, Batu Ampar, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia [ Lihat Maps ]

Pantai Lamaru

Pantai Lamaru
source image: instagram.com/oktavianisarahma

Pantai Lamaru merupakan salah satu pantai yang memiliki ombak yang cukup tenang, sehingga sangat aman untuk bermain air di kawasan pantai ini. Bahkan, gulungan ombak yang hadir tidak sampai ke bibir pantai.

Pantai ini juga memiliki deretan pemecah gelombang air laut yang berjajar, sehingga air yang datang sangat tenang dan aman. Hamparan pasir putih yang ada di pantai ini juga menjadikannya sangat menarik untuk bermain-main di area Pantai Lamaru.

Alamat: Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur Indonesia [ Lihat Maps ]

Pantai Manggar Sagara Sari

Pantai Manggar Sagara Sari
source image: instagram.com/potretbalikpapan

Pantai Segara Sari termasuk tempat wisata yang masuk ke dalam administrasi dua wilayah yakni Teritip dan Manggar Balikpapan. Letak lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota yakni sekitar 20 km saja. Untuk bisa menuju ke destinasi ini Anda bisa menggunakan beberapa alat transportasi karena aksesnya sangat mudah.

Selain itu, masih banyak lagi objek wisata yang dimiliki oleh Pantai Segara Sari, sehingga sangat disarankan untuk menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat ini. Jika beruntung, sunset yang seolah tersembunyi di balik permukaan laut juga bisa dinikmati secara langsung. Itu indah bukan?

Alamat: Jalan Pantai Manggar Segarasari, Manggar Baru, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur Indonesia [ Lihat Maps ]

Bukit Manggar Lestari

Bukit Manggar Lestari
source image: instagram.com/portalbalikpapan

Bukit yang sempat menjadi tren di tahun 2015 ini, dikenal sebagai salah satu tempat yang memiliki spot foto yang instagramable. Karena di destinasi ini menawarkan pemandangan berupa hamparan perbukitan hijau dengan udara yang sejuk.

Bukit yang populer di kalangan anak muda ini, juga menyuguhkan hamparan ilalang hijau yang sangat cocok digunakan sebagai salah satu spot foto kekinian wajar jika wisata ini menjadi salah satu lokasi favorit prewedding.

Alamat: Manggar, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia [ Lihat Maps ]

KWPLH Balikpapan

KWPLH Balikpapan
source image: instagram.com/iraindriani91

Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH), atau yang dikenal sebagai Pusat Beruang Madu, adalah sebuah fasilitas pendidikan lingkungan hidup yang terletak 23 km di sebelah utara kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia.

KWPLH atau Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup merupakan salah satu tempat penangkaran Beruang Madu yang diubah menjadi sebuah tempat wisata edukasi.

Alamat: Jalan Soekarno-Hatta Km. 23, No. 185 RT. 42, Karang Joang, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur Indonesia [ Lihat Maps ]

Danau Cermin Lamaru

Danau Cermin Lamaru
source image: instagram.com/inibalikpapanbosku

Danau Cermin merupakan sebuah danau yang di mana nama aslinya sebenarnya Danau Rawamangun atau sering disebut Danau Belakang Lapangan Tembak, karena memang posisinya berada di belakang lapangan tembak tempat latihan anggota TNI/Polri dan para atlet.

Danau ini juga sebenarnya tak sengaja terbentuk. Awalnya adalah bekas urukan tanah proyek yang membentuk cekungan untuk proyek lapangan tembak.

Danau ini tidaklah berukuran besar, namun pantulan airnya menawarkan sensasi lain. Tak seperti hijaunya air di danau lain yang keruh, di sini meski kehijauan air tetap jernih. Tak heran banyak kawula muda yang datang demi ber-selfie ria.

Alamat: Lamaru, Kecamatan Balikpapan Timur Kota Balikpapan, Kalimantan Timur Indonesia [ Lihat Maps ]

Penangkaran Buaya Teritip

Penangkaran Buaya Teritip
source image: instagram.com/polrestabalikpapan

Penangkaran Buaya Teritip merupakan salah satu objek wisata yang berbasis Ekowisata unik yang ada Di Balikpapan yaitu Penangkaran Buaya Teritip. Letaknya tidak jauh dari Pantai Manggar yang merupakan objek wisata favorit di Balikpapan.

Penangkaran ini cukup luas, luas area penangkarannya sekitar 5 ha. Jumlah buaya yang ada di penagkaran ini pun cukup banyak yaitu sekitar 3.000 yang terdiri dari tiga jenis buaya yaitu buaya muara, buaya supit dan buaya air tawar. Buaya Air Tawar dan buaya Sumpit masuk kedalam katagori buaya langka..

Alamat: Jl Mulawarman No 66, Desa Teritip Kecamatan Balikpapan Timur Indonesia [ Lihat Maps ]
,

Griya Water Park Balikpapan

Griya Water Park Balikpapan
source image: instagram.com/pr.ditha

Griya Water Park merupakan salah salah satu taman rekreasi air yang berlokasi tidak jauh dari Caribbean Island Waterpark. 

Akses jalan sangat muda dari Caribean bisa melalui Jalan Sarifuddin Yoes ke arah selatan serta belok kanan masuk ke jalan ruhui Rahayu dan masuk ke kawasan perumahan griya permata sari.

Kawasan griya waterpak memiliki luas 3 Ha sangat cocok sekali untuk acara - acara besar seperti gathering corporate, ulang tahun, atau acara sekolah. tempat ini mampu menangpung 5000 pengunjung dan tidak akan mengantri panjang untuk menikmati wahana permainan.

Alamat: Jalan Raya Lumban Gaol Ring Road Damai III No.RT 042, Gn. Bahagia, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur Indonesia [ Lihat Maps ]

Hutan Mangrove Margasari

Hutan Mangrove Margasari
source image: instagram.com/gdedonald

Hutan Mangrove Margomulyo menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup popuker di Kota Balikpapan. Wisata ini memiliki berbagai macam daya tarik, salah satunya adalah karena tempat ini merupakan kawasan konservasi dan edukasi berkaitan dengan keanekaragaman flora dan fauna di Kalimantan.

Alamat: Marga Sari, Kec. Balikpapan Barat Kota Balikpapan, Kalimantan Timur Indonesia [ Lihat Maps ] 

Kampung Warna Warni, Teluk Seribu

Kampung Warna Warni, Teluk Seribu
source image: instagram.com/inibalikpapanbosku

Kampung Warna Warni Teluk Seribu adalah sebuah perkampungan yang di cat dengan penuh warna dan juga lukisan tiga dimensi sebagai daya tarik wisata.

Kampung nelayan Manggar Baru di Balikpapan Timur disulap menjadi kampung yang penuh warna dengan berbagai lukisan yang unik.
Kampung Warna Warni Teluk Seribu di cat oleh penduduk sekitar, melibatkan para sukarelawan dari komunitas dan instansi di Balikpapan.


Alamat: Manggar Baru, Kec. Balikpapan Tim., Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia [ Lihat Maps ]

Bagi kamu yang berkunjung ke Balikpapan Kalimantan Timur, tentu pilihan tempat wisata di atas bisa menjadi referensi bagi kalian yang sedang mencari tempat wisata populer di Balikpapan.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url