7 Tempat Wisata Popuper di Tenggarong Yang Wajib Kamu Kunjungi

7 Tempat Wisata Popuper di Tenggarong Yang Wajib Kamu Kunjungi
Tenggarong merupakan salah satu kota wisata yang terletak di Kalimantan Timur yang terkenal dengan sebutan Kota Raja. Tenggarong juga merupakan sebuah Ibukota dari Kutai Kartanegara (Kukar), yang menyimpan berbagai peninggalan sejarah berupa makam para raja mengingat wilayah Tenggarong dulunya merupakan ibu kota Kesultanan Kutai Kartanegara.

Tenggarong bukanlah kota besar seperti Samarinda atau Balikpapan melainkan Kabupaten/Kota yang sebagian wilayahnya memiliki topografi bergelombang dan berbukit-bukit yang tentunya terkenal akan keindahan alamnya.

Keindahan alamnya pun bisa dilihat dari berbagai destinasi obyek wisata yang ada di Kutai Kartanegara seperti halnya dengan Bukit Biru yang pernah terkenal akan keindahan alamnya melalui alam perbukitan Tenggarong. Dan Berikut 7 Tempat Wisata Popuper Tenggarong Yang Wajib Kamu Kunjungi.

1. Museum Mulawarman

Meseum Mulawarman
Source image: instagram.com/info_kukar

Museum Mulawarman adalah tempat yang cukup popuper bagi para wisatawan . Museum ini merupakan bekas istana dari Kesultanan Kutai Kartanegara yang dibangun pada tahun 1936 dan memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi.

Berkunjung ke Tenggarong, tidak akan lengkap tanpa singgah di Museum Mulawarman. Di sini kita bisa mempelajari sekilas tentang sejarah dari kesultanan yang dahulu pernah berjaya selama kurang lebih 7 abad dan menguasai sebagian besar wilayah Kutai Kertanegara, Kalimatan Timur.

Di museum yang pernah berfungsi sebagai istana kesultanan ini, pengunjung dapat menyaksikan berbagai koleksi benda-benda peninggalan kesultanan dan kekayaan kebudayaan yang dimiliki oleh kerajaan Kutai dimasa lampau seperti, pakaian-pakaian kebesaran para Sultan Kutai, senjata tradisional serta Koleksi keramik kuno dan peninggalan numismatika (mata uang) yang pernah ditemukan di wilayah Kutai. Dan masih banyak lagi peninggalan sejarah yang bisa kamu temukan ketika berkunjung ke Museum Mulawarman.

2. Jembatan Repo-Repo

Jembatan Repo-repo
Source image: instagram.com/explorekalimantantimur

Jembatan Repo-Repo merupakan jembatan yang menghubungkan antara kota tenggarong dengan pulau kumala dengan bentangan sepanjang 230 meter dan lebar hanya 3,5 meter. Jembatan yang dibangun hanya untuk pejalan kaki ini menjadi objek wisata favorit bagi wisatawan khususnya warga Tenggarong, Kutai Kartanegara.

Menariknya dari Jembatan Repo-Repo yakni terdapat banyak gembok di tengah jembatan yang sengaja di pasang sebagai kenang-kenangan ataupun simbol cinta dari pengujung. Hal ini inilah yang menjadi nama dari Jembatan Repo-Repo yang memiliki arti gembok.

Jembatan Repo-Repo juga pernah mendapatkan penghargaan dari memecahkan sebagai pendapatan daerah terbesar karena pengunjung yang membludak ke jembatan ini.

Bagi anda yang belum pernah kesana ada baiknya mencoba jembatan ini sambil menikmati aliran sungai mahakam dibawahnya, yang mana akan menjadi sensasi yeng menyenangkan. dan sekalian berkunjung ke Pulau Kumala menikmati keindahan alam dan berbagai permainan disana, dengan orang-orang terkasih anda.

3. Taman Kota Raja Tenggarong

Taman Kota Raja Tenggarong
Source image: instagram.com/hendra.com_

Taman Kota Raja merupakan taman yang berada di Kutai Kartanegara dibangun di lingkungan perkotaan yang memiliki berbagai spot menarik untuk menjadi spot berfoto, lokasinya pun menyuguhkan pemandangan yang berlatar belakang Jembatan Kartanegara

Taman ini juga sengaja dibangun di lingkungan perkotaan agar dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat. Selain menjadi tempat untuk berkumpul dan bersantai, taman juga menambah keindahan dari sebuah perkotaan.

Nah bagi and yang ingin berkunjung ke Taman Kota Raja Tenggarong Tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk berlibur. Anda bisa berkunjung ke Taman Kota Raja Tenggarong untuk merasakan sensasi bersantai yang mengesankan. Sekaligus menjadi taman alternatif warga Tenggarong untuk melepas penat.

4. Ladang Budaya Tenggarong

Ladang Budaya Tenggarong
Source image: instagram.com/ririe.wtriretnani

Ladang Budaya Tenggarong merupakan sebuah kawasan wisata yang dikelola oleh Yayasan Lanjong yang dimana di dalamnya terdapat kebun binatang mini, berbagai spot foto, dan penginapan rumah kayu yang unik.

Objek wisata yang dikelola Yayasan Lanjong ini memiliki beberapa wahana menarik, seperti outbond, mini zoo, paint ball dan rumah-rumah Odah Rehat yang bisa disewakan dengan unit rumah kayu berbentuk segitiga dengan atap menjuntai ke lantai.

Tempat ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga, terutama jika mengajak anak-anak. Terdapat berbagai wahana permainan yang menarik, salah satunya yaitu flying fox. Sehingga menjadi pilihan yang tepat untuk anda yang sedang berlibur.

5. Museum Kayu Tenggarong

Museum Kayu Tenggarong
Source image: instagram.com/emera_1811

Museum Kayu Tenggarong merupakan Museum Kayu yang dibangun pada tahun 1990-an dengan menggunakan kayu sebagai bahan dasar. Dengan bentuk bangunan menyerupai rumah panggung khas Kalimantan, museum ini menyimpan berbagai jenis-jenis kayu yang cukup langka.

Koleksi lain di Museum Kayu adalah lempengan kayu kapur dengan diameter 60 centimeter. Di alam, pohon ini mampu tumbuh hingga ketinggian mencapai 60 meter. Kayu ini biasa digunakan sebagai pondasi bangunan.

Tidak hanya keragaman flora dengan produk yang dihasilkan yang menjadi koleksi museum ini. Museum Kayu juga menyimpan seekor buaya muara yang telah diawetkan. Buaya dengan panjang 6 meter konon katanya telah menelan orang korban pada masanya. Dan buaya inilah yang menjadi simbol dari museum kayu tersebut.

6. Pulau Kumala

Pulau Kumala
Ket, patung pada foto merupakan hewan dalam mitologi rakyat Kutai yang hidup sejak zaman kerjaan Kutai atau yang di kenal dengan Lembuswana.
Source image: instagram.com/kaltim.id


Pulau Kumala adalah tempat wisata populer yang terletak sebelah Barat Kota Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan, tepatnya di Kecamatan Tenggarong.

Sebagai salah satu tempat wisata populer, Pulau Kumala memiliki sekitar sepuluh wahana permainan yang bisa dinikmati seperti jet coaster, bombom car, gokart, komedi putar, kereta gantung, dan kereta api mini untuk mengelilingi pulau.

Selain itu, Sobat Pesona juga dapat menikmati Kota Tenggarong dari ketinggian dengan menaiki Sky Tower dengan ketinggian Sky Tower mencapai 75 meter.

Objek Wisata Pulau Kumala juga memiliki sebuah akuarium raksasa yang dipergunakan khusus untuk menampung ikan pesut (orcaella brevirostris), yaitu spesies lumba-lumba air tawar yang juga terdapat di Sungai Irawady, Brasil dan Sungai Mekong di China. Bahkan banyak dari wisatawan yang menyebut Pulau Kumala ini sebagai gabungan dari Taman Mini Indonesia Indah dan Dunia Fantasi asal Tenggarong

7. Planetarium Jagat Raya Tenggarong

Planetarium Jagat Raya Tenggarong
Source image: instagram.com/chiarawidya

Planetarium Jagad Raya Tenggarong merupakan sebuah sarana wisata pendidikan untuk menikmati keindahan alam semesta berupa bintang-bintang, planet dan objek-objek langit lainnya. Planetarium ini juga menjadi tempat Teater Bintang atau teater alam, karena dapat memperlihatkan isi alam semesta serta susunannya.

Planetarium menjadi salah satu wahana pendidikan yang memungkinkan masyarakat umum mengenal objek-objek langit yang tersebar di seluruh penjuru jagat raya. Melalui proyektor khusus di dalam ruangan berbentuk kubah ini, pengunjung dapat menyaksikan proyeksi dari berbagai benda langit dalam suatu format pertunjukan yang cukup atraktif.

Saat ini, Indonesia memiliki tiga unit planetarium, salah satunya terdapat di Tenggarong, Kalimantan Timur. Kompleks planetarium yang berada di sebelah utara kompleks Museum Mulawarman, tepatnya di Jalan Diponegoro, Tenggarong, Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur, ini merupakan planetarium ketiga setelah Planetarium Jakarta dan Surabaya.

Bagi anda yang ingin mendapatkan informasi lebih banyak tentang Planetarium, silakan hubungi:

Planetarium Jagat Raya
Jl. Diponegoro Tenggarong
Kutai Kartanegara
Kalimantan Timur 75514
0541-661045, 661335


Kutai Kartanegara memang menyimpan banyak destinasi wisata yang sangat menarik untuk ditelusuri. Berikut beberapa destinasi yang wajib kamu kunjungi saat berada di Tenggarong. Untuk lebih mengenal tempat wisata di Tenggarong, tak ada salahnya manfaatkan momen liburanmu selanjutnya untuk jelajahi berbagai tujuan tempat wisata di Kutai Kartanegara dan jangan lupa ajak teman-temanmu juga ya..
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url