10 Destinasi Wisata di Lombok Yang Menjadi Incaran Para Wisatawan

Pulau Lombok
source, instagram.com/explorelombok

Sebagai salah satu bentuk kekayaan alam yang di miliki oleh Indonesia, Pulau Lombok tentunya memiliki beragam destinasi wisata menarik untuk di kunjungi. Selain memiliki pulau yang menawan juga eksotis banyak dari sebagian wisatawan menjadikan pulau Lombok sebagai surga baharinya indonesia.

{tocify} $title={Table of Contents}

Nah, bagi kamu yang ingin berhibernasi di Pulau Lombok, berikut beberapa destinasi wisata di Lombok yang bisa kamu kunjungi:

Pantai Pink

Pantai_Pink
Source image, instagram.com/hasfarany

Pantai Pink menjadi salah satu tempat wisata baharinya pulau lombok yang menyajikan pemandangan indah berupa hamparan pasir pantainya yang tak lain berwarna pink.

Selain itu, Pantai Pink juga menjadi destinasi wisata populer bagi para wisatawan dengan pemandangan bawah lautnya yang indah bahkan Pantai Pink menjadi spot andalan untuk para pengemar diving maupun snorkeling.

Bagi kamu yang tertarik mengunjungi Pantai Pink, kamu dapat menempuh perjalanan sekitar 2  jam perjalanan dari kota mataram menggunakan kendaraan roda 2 ataupun roda 4. 

Terdapat tiga alternatif jalur yang bisa kamu tempuh yaitu melalui Jalan Raya Sengkerang, Jalan Raya Mataram-Labuhan Lombok (Jalan Raya Mataram-Sikur), dan Jalan Raya Bypass Bandara Internasional Lombok.

Bukit Merese

Bukit_Meresse
Source image, instagram.com/demen_dolan97

Bukit Merese, merupakan salah salah satu destinasi andalan Lombok dengan menghadirkan panorama alam perbukitan yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus (GEK) Mandalika.

Sebagai salah satu destinasi andalan Lombok, Bukit Merese menyuguhkan keindahan alamnya yang begitu memukau dengan bentangan alamnya berupa perbukitan hijau. Bahkan banyak menjadikan bukit satu ini sebagai bukit cinta yang dimiliki oleh Bukit Merese.

Pantai Kuta Mandalika

Pantai_Kuta_Mandalika
Source image, instagram.com/whatsnewbali

Pantai Kuta Mandalika merupakan salah satu kawasan wisata yang memiliki keindahan pantai yang tiada tara. Terletak di wilayah selatan Pulau Lombok, pantai indah Kuta Mandalika menyuguhkan keindahan berupa hamparan pasir putih yang bersih serta garis pantai yang lebih bergelombang dengan jajaran terumbu karang yang sehat.

Pantai Kuta Mandalika memiliki garis pantai sepanjang 7,2 Kilometer. Di sebelah barat pantai, terdapat sebuah bukit yang dinamai Bukit Mandalika.Nah, menurut cerita setempat nama ini diambil dari cerita kuno masyarakat, tentang seorang putri bernama Mandalika. Putri Mandalika imi akhirnya melompat ke laut dari bukit ini, karena menghindari kejaran seorang pangeran yang hendak mempersuntingnya.

Desa Sesaot

Desa_Sesaot
Source image, instagram.com/weexplore0

Desa Sesaot merupakan salah satu kawasan wisata yang menghadirkan beragam objek wisata yang bisa kamu kunjungi . Salah satunya adalah Pusat Rekreasi Masyarakat atau Purekmas yang menjadi destinasi unggulan berupa pemandian air alami nan bersih dan jernih. Purekmas Sesaot telah memiliki sertifikat Cleanliness, Health, Safety and Environment (CHSE) sebagai standar protokol kesehatan di masa pandemi.

 Desa Sesaot juga dikenal dengan wisata alam berupa air terjun. Di sana, terdapat Air Terjun Tibu Sendalem yang berada di dalam hutan belantara. Air terjun tersebut memiliki ketinggian sekitar lima-enam meter dan terdapat kolam seluas 400 meter persegi dari hasil tumpahan air terjun.

Gili Nanggu

Gili_Nanggu
Source image, instagram.com/melatipermanaa

Gili Nanggu terletak di Selat Lombok atau di pesisir barat Pulau Lombok. Secara administratif, pulau ini berada di wilayah Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.

Layaknya panorama gili lainnya, Gili Nanggu juga punya hamparan pasir putih nan lembut dengan air laut yang berwarna gradasi biru jernih.Tak cuma itu, suasananya yang begitu tenang membuat Gili Nanggu kerap dipilih sebagai destinasi bulan madu bagi pengantin baru.

Selain panorama alamnya yang memukau, kamu juga bisa melakukan sejumlah kegiatan seru di Gili Nanggu. Dari sekadar menikmati percikan ombak dan sun bathing, plesir ke pulau-pulau kecil di sekitar Gili Nanggu, berburu foto keren, dan hingga menjajal olahraga air seperti snorkeling atau diving. Pemandangan matahari tenggelam merupakan momen yang paling indah di pulau seluas sekitar 8 hektare ini.

Taman Mayura

Taman_Mayura
Source image, instagram.com/wisatabali_official

Sama halnya seperti Bali, Lombok juga mempunyai wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Salah satu tempat wisata sejarah tersebut yaitu Taman Mayura yang berada di Kawasan Lombok Barat, tepatnya di kawasan Kecamatan Cakranegara. Objek wisata ini menawarkan wisata sejarah dan religi dengan pemandangan alam yang tentunya juga memukau wisatawan.

Wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini akan merasakan nuansa yang berbeda yaitu perpaduan antara pemandangan alam yang asri, nuansa religius yang kental dan sejarah yang melekat di dalamnya. Hal tersebut tentunya dikarenakan wilayah taman yang terbagi menjadi dua yaitu area taman dan area pura sebagai tempat ibadah.

Pohon yang tertata dengan rapi dapat dijumpai di area taman dengan suasana yang sangat alami. Di seluruh taman dikelilingi dengan Pohon Manggis yang menimbulkan nuansa sejuk dengan rumput hijau yang terawat rapi di bawahnya. Selain itu, di dalam taman wisatawan juga dapat menemukan sebuah kolam dengan bangunan yang berada di tengah-tengahnya.

Pura Meru

Pura_Meru
Source image, instagram.com/vinasukmadewi

Pura Meru merupakan salah satu pura terbesar yang ada di Pulau Lombok. Pura ini sangat menarik karena memiliki sejarah yang panjang. Pura tertua di Pulau Lombok ini menjadi salah satu tujuan wisata. Selain itu, pada hari-hari besar umat Hindu, pura ini selalu ramai. 

Menurut sejarah, pura ini didirikan pada abad ke-18 oleh ke 33 kepala desa di Pulau Lombok. Bentuk bangunan atap yang bertingkat-tingkat dan pendirian pura ini dilakukan oleh Anak Agung Made Karangasem pada tahun 1720.

Untuk memasuki Pura ini, wisatawan harus memakai kain kuning yang bermotif, kain ini disediakan oleh para pengelola kawasan pura tersebut. Dengan maksud untuk menghormati kawasan suci yang akan dimasuki oleh para pengunjung.

Alasan mendirikan pura ini adalah sebagai untuk menyatukan semua orang. Fungsinya jika diadakan kegiatan negosiasi, serta sebagai tempat penghakiman orang terhadap kejahatan yang telah dilakukan seseorang.

Pantai Malimbu

Pantai_Malimbu
Source image, instagram.com/syidaaris_zn

Pantai Malimbu merupakan destinasi wisata yang sangat memanjakan mata di Lombok Utara. Pohon-pohon kelapa yang tinggi nan subur, air laut yang terlihat sunyi dan tenang, dibalut dengan hamparan pasir putih yang lembut seolah melengkapi pemandangan pantai. Tak heran jika pantai ini menjadi sasaran wisatawan untuk berlibur.

Selain pemandangan pantai yang eksotis, ternyata wisatawan juga dapat menikmati pesona bukit yang menjulang di sisi pantai. Bukit nan indah ini disebut Bukit Malimbu, keberadaannya tepat di atas Pantai Malimbu.

Pantai Tanjung Aan

Pantai_Tanjung_Aan
Source image, instagram.com/xavivierge_97

Namanya ialah Pantai Tanjung Aan atau Pantai Aan, pantai yang satu ini selain memiliki keindahan alam yang luar biasa, juga memiliki tekstur pasir yang lain dari yang lain.

Ombak yang ada di Pantai Tanjung Aan tak begitu besar, bahkan suatu waktu deburan ombaknya sangat tenang. Kedalaman lautnya cukup dangkal dengan dihiasi keindahan bawah laut yang dapat kita nikmati.

Area Pantai Tanjung Aan cukup luas, serta dihiasi oleh bukit hijau yang menawan. Tempat yang tepat untuk mengajak serta keluarga tercinta berlibur.

Taman Nasional Gunung Rinjani

Taman_Nasional_Gunung_Rinjani
Source image, instagram.com/mgctravelagen

Taman Nasional Gunung Rinjani (disingkat TNGR) adalah salah satu taman nasional di Indonesia. Letaknya di Gunung Rinjani, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Taman Nasional Gunung RInjani ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 1990. Ekosistem yang ada termasuk jenis hutan hujan tropika, hutan hujan pegunungan dan sub alpin. 

Taman Nasional Gunung Rinjani mempunyai keanekaragaman hayati yang tinggi. Kawasannya dijadika sebagai tempat penelitian dan sumber pengumpulan plasma nutfah. 

Taman Nasional Gunung Rinjani juga menjadi tempat wisata alam dan pendidikan.[2] Taman Nasional Gunung Rinjani ditetapkan sebagai kawasan Taman Nasional melalui Surat Keputusan Menteri Kehutanan No.280/Kpts-II/1997 dengan luas 40.000hA walaupun dilapangan luasnya lebih dari 41,000hA.

Nah itu dia beberapa destinasi di Lombok yang bisa kamu kunjungi ketika sedang berlibur, selain itu masih banyak lagi destinasi yang menarik dan tentunya dengan berbagai panorama keindahanhya #visitlombok
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url