5 Tips Agar Terhindar Dari Depresi

Banyak dari sebagian kita tentu telah banyak yang mengalami depresi, seringkali penyebab depresi tidak disadari oleh penderitanya. Depresi juga kerap sering mengangu penderitanya dengan hilangnya rasa semangat pada dalam diri.


Namun, sebenarnya ada beberapa cara yang sangat sederhana yang bisa kamu dilakukan untuk mengindari masalah kesehatan mental tersebut. Dengan melakukan langkah-langkah kecil yang positif hari demi hari, kamu bisa segera menghilangkan kabut tebal depresi dan menemukan diri kamu lebih bahagia.

Sebagai upayanya kamu bisa coba beberapa tips berikut ini untuk terhindar dari depresi.

1. Meditasi

Meditasi
Gambar oleh freepik.com

Sebuah studi klinis membuktikan jika meditasi merupakan salah satu cara ampuh yang bisa membantu kamu terhindar dari depresi. Meditasi merupakan teknik meditasi yang berpengaruh besar dalam meredakan gejala depresi, misalnya berpikir negatif, menyesali keadaan, dan sulit fokus.

Walaupun meditasi bisa menyembuhkan depresi secara efektif, termasuk depresi yang resistan terhadap terapi, ingatlah bahwa cara ini hanya salah satu dari berbagai teknik penyembuhan depresi.

2. Kurangin pengunaan sosial media

Kurangin pengunaan sosial media
Gambar oleh freepik.com

Banyal dari penelitian telah menunjukkan bahwa peningkatan penggunaan media sosial dapat menyebabkan depresi oleh penderitanya. Sebenarnya media sosial memiliki peranan yang penting untuk tetap terhubung dengan keluarga, teman, dan bahkan rekan kerja. Masalahnya, penggunaan media sosial tanpa kontrol justru bisa berimbas pada adiksi atau ketergantungan.

Menggunakan sosial media yang secara berlebihan juga dapat meningkatkan risiko depresi. Sejauh ini, dampak buruk penggunaan media sosial secara mental adalah tumbuhnya kecemburuan sosial dan perundungan virtual. Kedua hal ini pada akhirnya juga bisa menjadi pemicu depresi.

3. Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur
Gambar oleh freepik.com

Berolahraga secara teratur menjadi salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan mental kamu. Olahraga dapat mendukung pengobatan dan pencegahan depresi dengan mekanisme berikut:
  • Meningkatkan suhu tubuh sehingga dapat memberi efek menenangkan pada sistem saraf pusat;
  • Melepaskan endorfin yang bisa meningkatkan mood;
  • Olahraga yang dibarengi dengan pola makan sehat juga dapat meningkatkan percaya diri.

4. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup
Gambar oleh freepik.com

Tidur yang berkualitas tinggi juga diperlukan untuk kesehatan mental dan fisik. Menurut di salah satu studi National Sleep Foundation, orang dengan insomnia memiliki risiko 10 kali lipat terkena depresi dibandingkan mereka yang tidur nyenyak setiap harinya.   

Agar memiliki waktu istirahat yang cukup, kamu bisa:
  • Tidak menggunakan handphone atau gadget 2 jam sebelum tidur;
  • Bermeditasi sebelum tidur;
  • Punya kasur yang nyaman;
  • Hindari kafein setelah siang hari.

5. Kurangi konsumsi alkohol dan nikotin

Kurangi konsumsi alkohol dan nikotin
Gambar oleh freepik.com

Mengkonsumsi alkohol yang berlebihan dan penggunaan narkoba berkaitan erat dengan risiko depresi yang lebih tinggi. Sebagai upaya, batasi asupan alkohol, dan hindari penyalahgunaan narkoba . Merokok dan depresi juga saling berkaitan erat, karena efek nikotin dalam rokok dapat bertindak sebagai pemicu langsung timbulnya depresi.

Well.. jangan buat diri kamu kewalahan dengan mencoba semua langkah tersebut pada waktu yang sama. Jika Anda tidak terbiasa dengan beberapa aktivitas, lakukan ini secara bertahap. Kemungkinan sukses akan lebih besar apabila Anda melangkah dalam kecepatan yang sesuai.

Reference,
halodoc.com/
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url