Kenali Jenis Minuman Kopi ini Sebelum Membuatnya

Kenali Jenis Minuman Kopi Ini Sebelum Membuatnya!!
source image @thenewtreeintheforest on Pinterest

Budaya ngopi sepertinya bukan hal yang baru lagi bagi para pengemar kopi, Banyak dari sebagian mereka yang menghabiskan waktunya hanya untuk bisa menikmati secangkir kopinya. Di indonesia sendiri, pengemar kopi kian terus meningkat apalagi dengan maraknya berbagai kedai-kedai kopi (coffeshop) membuat sebagian masyarakat lebih memilih menikmati kopi di kedai favorit mereka. 

Seiring dengan perkembangannya, banyak dari sebagian orang belum mengetahui jika, beberapa kopi yang mereka nikmati memiliki jenis kopi yang berbeda. Dan di artikel kali saya akan bahas sedikit jenis minuman kopi yang memiliki cita rasa yang berbeda. Tapi sebelum itu, berikut 2 jeni kopi yang wajib kamu ketahui

ARABICA

Arabica merupakan jenis kopi yang memiliki kadar kafein yang lebih rendah dan memiliki citarasa yang terbilang sedikit lebih manis.

Untuk segi rasa kopi Arabica dikenal juga dengan cita rasanya yang kompleks, terlebih beberapa rasa bisa ditemukan seperti, buah-buah dan rempah-rempah yang menjadi ciri khas dari jenis kopi satu ini. Dan biasanya, jenis kopi ini sangat cocok untuk di nikmati sebagai single origin.

Single origin adalah asal mula, atau tempat pertama kopi itu berasal. Umumnya, single origin mengacu kepada satu wilayah, tempat, atau daerah spesifik dan tak bisa direkayasa. Single origin juga bisa berarti wilayah darimana kopi itu berasal.

ROBUSTA

Robusta merupakan jenis kopi yang sebagian besar di gunakan untuk kopi instan dan mengandung kafein sekitar dua kali lebih banyak dari jenis kopi Arabica.

Jika dibandingkan dengan Arabica robusta merupakan bagian dari varietas tanaman kopi Chanepora (Coffea chanepora Var. Robusta) dan merupakan salah satu dari dua jenis kopi yang di budidayakan bersama dengan Arabica.

Perbedaan Robusta & Arabica
Perbedaan Jenis Kopi Antara Robusta Dan Arabica. source image issuu.com

Jika berbicara mengenai jenis kopi diatas, 2 jenis kopi tersebut merupakan jenis kopi yang cukup populer yang mana sering kali di gunakan di kedai kedai kopi pada umumnya. 

Bukan hanya itu, kopi yang kamu nikmati juga tidak begitu saja diambil dari pohon lalu disajikan. Masih ada serangkaian perjalanan yang harus ditempuh oleh kopimu sebelum ia bisa sampai ke cangkir untuk siap dinikmati. 

Pertama-tama, buah kopi yang sudah siap panen akan dipetik dan dipisahkan. Karena yang akan dinikmati adalah bijinya, maka para petani harus memisahkannya dari daging buah. Baru setelah itu biji kopi akan dijemur hingga kering. 

Tujuan dari mengeringkan biji kopi adalah untuk mengurangi kadar air pada biji kopi agar kopi bisa menghasilkan cita rasa yang sempurna ketika nanti diolah. Setelah dijemur, biji kopi ini siap disangrai. Biji kopi yang siap disangrai ini warnanya masih kehijauan. 

Baru setelah disangrai, warnanya akan berubah menjadi kehitaman atau kecokelatan, tergantung jenis metode sangrai yang diminati. Setelah disangrai, baru kemudian biji kopi digiling hingga menjadi kopi bubuk. Kopi bubuk inilah yang kemudian akan diolah melalui beberapa metode penyajian untuk menghasilkan minuman kopi hangat yang siap di meja Temen Ngopi.

Nah, di kedai kopi sendiri penyajian kopi tentunya sangat beragam dari yang menggunakan mesin hingga manual. Sebagai salah satu contoh, untuk bisa menciptakan segelas minuman kopi para roaster harus bisa memahami jenis minuman kopi apa yang akan di buatnya. Tak heran jika di kedai kopi akan ada banyak sekali jenis minuman kopi yang bisa kita jumpai seperti halnya Espresso.

Nah bagi yang belum tau espresso merupakan jenis minuman kopi yang memiliki rasa yang begitu kuat dan juga dengan teksturnya yang dominam ke rasa pahit. Dan biasanya menjadi dasar untuk segala jenis minuman kopi.

Berbagai Jenis Minuman Coffee
Jenis-jenis minuman kopi. source @imanemekki2005 on Pinterest


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url