Begini Cara Memulai Bisnis Coffe Shop

Image by Freepik

Industri kopi sepertinya sedang mengalami masa pertumbuhan yang begitu pesat di karena banyaknya generasi muda tertarik tidak hanya pada kopi, tetapi juga kopi gourmet berkualitas tinggi yang hanya bisa mereka dapatkan dari kedai kopi. 
Akibat meningkatnya minat terhadap kopi, inilah saat yang tepat untuk mempertimbangkan membuka kedai kopi atau kafe. 

Jika Anda tertarik untuk memulai kedai kopi tetapi tidak tahu harus mulai dari mana, 
Berikut langkah-langkat yang tepat untuk memulai bisnis coffe shop.

Melakukan Penelitian

Gambar oleh freepik.com

Ditahap awal untuk memulai bisnis coffe shop yaitu melakukan penelitian. Bahkan sebelum Anda memutuskan ingin membuka kafe, Anda harus melakukan penelitian menyeluruh. Penelitian biasanya memberi tahu Anda jika ada kebutuhan akan kedai kopi yang bagus di daerah Anda, Nah, apakah Anda dapat bersaing dengan bisnis yang ada? dan apakah Anda mampu memiliki bisnis komersial di lokasi tertentu? 

Andapun harus memberikan perhatian khusus pada penelitian pesaing dan melihat apakah kedai kopi di area tersebut adalah waralaba atau independen, karena bisnis independen mungkin dapat bersaing dengan jaringan besar, tetapi belum tentu dengan kedai kopi independen lainnya.

Selain itu, jika Anda tidak memiliki pengalaman dalam industri jasa makanan atau memiliki bisnis tetapi tertarik untuk memulai kedai kopi, sebaiknya bicarakan dengan pemilik bisnis lain di wilayah Anda. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan nasihat mereka sebelum mulai menulis rencana bisnis. Mereka mungkin dapat memberikan masukan yang berharga tentang apakah pekerjaan itu cocok untuk Anda atau tidak.

Memilih Konsep

Gambar oleh freepik.com

Setelah Anda memutuskan untuk memulai sebuah Koffe Shop, Anda dapat mulai memikirkan seperti apa konsep kedai kopi Anda nantinya. Konsep Anda adalah tema pemersatu kafe Anda, dan konsep yang baik akan memberikan bisnis Anda keunggulan kompetitif dibandingkan kedai kopi lain di area tersebut. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipikirkan saat memilih konsep untuk kafe Anda:

  • Apa target demografis Anda? Apakah Anda berniat membuat kopi gourmet untuk generasi milenial atau ingin kedai kopi Anda menarik bagi karyawan kantoran yang sibuk yang hanya menginginkan secangkir kopi panas dan roti bagel?
  • Apakah Anda ingin menawarkan makanan? Jika Anda ingin menambahkan makanan ke menu Anda, apakah Anda akan membeli makanan yang sudah jadi dari toko roti atau membuatnya sendiri dari awal?
  • Apakah Anda akan menawarkan layanan duduk? Apakah Anda berharap sebagian besar pelanggan akan mendapatkan pesanan mereka, atau apakah Anda ingin membuat kedai kopi Anda menjadi lingkungan yang ramah bagi pelanggan untuk bekerja dan bersantai?
Selama tahap ini, Anda juga bisa mulai merencanakan apa nama kedai kopi Anda, seperti apa menunya, dan gaya dekorasi apa yang Anda inginkan. Memiliki konsep yang kuat dan dipahami dengan baik akan membantu menyiapkan kafe Anda untuk kesuksesan di masa depan.

Tuliskan Rencana Bisnis untuk Kedai Kopi Anda

Tuliskan Rencana Bisnis untuk Kedai Kopi Anda
Gambar oleh freepik.com

Rencana bisnis yang solid diperlukan agar semua jenis operasi berjalan dengan lancar. merencanakan struktur kepemilikan Anda, memproyeksikan keuangan Anda, membuat menu Anda, dan membuat daftar penelitian kompetitif Anda. Ini tidak hanya akan membantu Anda maju, tetapi rencana bisnis kedai kopi juga diperlukan saat mencari pendanaan untuk memulai kafe Anda.

Ada tujuh bagian dalam rencana bisnis standar:
  • Ringkasan bisnis plan
  • Tinjauan dan Deskripsi Perusahaan
  • Analisis Pasar
  • Penawaran Bisnis
  • Rencana Pengelolaan dan Struktur Kepemilikan
  • Strategi Pemasaran dan Periklanan
  • Proyeksi Keuangan
  • Kami membuat panduan untuk membantu Anda melalui proses penulisan rencana bisnis. Meskipun panduan ini berfokus pada rencana bisnis roti , logika dan saran yang sama berlaku untuk kedai kopi dan semua jenis rencana bisnis.

Desain dan Tata Letak

Desain dan Tata Letak
Gambar oleh freepik.com

Menciptakan desain yang optimal untuk area depan dan belakang kedai Anda sangat penting untuk efisiensi dan kenyamanan pelanggan Anda. Kami akan menguraikan bagaimana Anda harus mulai mendesain tata letak yang akan Anda gunakan di kafe baru Anda.

Merancang Tata Letak Depan Kedai

papan menu kedai kopi berwarna-warni
Saat mendesain area depan rumah Anda , pikirkan suasana seperti apa yang ingin Anda ciptakan. Apakah Anda ingin menawarkan privasi untuk menarik orang yang sedang bekerja atau mengadakan rapat? Atau apakah Anda lebih suka konsep terbuka yang terasa lapang dan modern?  Nah, pertimbangkan ukuran ruang Anda dan bagaimana Anda dapat memaksimalkan tempat pelanggan Anda.

Pastikan juga untuk mempertimbangkan pilihan warna dan gaya furnitur yang Anda gunakan, dan bagaimana pengaruhnya terhadap pelanggan Anda. Warna gelap akan membuat ruangan terasa lebih intim, warna yang lebih terang terasa lebih mengundang, dan warna cerah meningkatkan selera pelanggan. Selain itu, jika Anda menginginkan estetika kontemporer, perabotan Anda harus sesuai dengan gaya tersebut.

Merancang Layout Back-of-House

Biasanya di belakang meja di kedai kopi pada umumnya cenderung ramai, membuat efisiensi dan aliran menjadi penting. Saat merancang bagaimana Anda akan menyiapkan back-of-house Anda, pertimbangkan tempat apa yang akan ada dan bagaimana pesanan akan mengalir. 

Proses ini akan dimulai dari pesanan diambil, lalu disiapkan, kemudian disajikan, dan kemudian peralatan akan dibersihkan. Selain itu, pertimbangkan apakah kedai kopi Anda akan menyajikan makanan dan di mana peralatan makanan sesuai dengan tata letak Anda.

Memberikan Pelatihan untuk Staf Anda

Memberikan Pelatihan untuk Staf Anda
Gambar oleh freepik.com

Layanan pelanggan yang sangat baik penting untuk kesuksesan kafe Anda,Nah jadi selektiflah saat mempekerjakan staf. Selain itu, pertimbangkan tingkat pengalaman apa yang Anda ingin pelamar kerja miliki. Pikirkan tentang gaya manajemen Anda dan apakah Anda ingin melatih sendiri karyawan baru atau mencari barista berpengalaman . Baik Katelyn Reed dari Strange Brew dan Tommy Lowery dari Village Coffee sepakat bahwa karakteristik paling penting yang harus dicari dalam seorang barista adalah kepribadian yang hebat dan kemampuan untuk menyapa pelanggan dengan senyuman.

Saat melatih karyawan Anda, Mengajari mereka cara membuat minuman dengan benar, tetapi juga berguna untuk mengajari mereka tentang kopi itu sendiri dan profil rasanya. Beberapa pelanggan mungkin tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang pilihan kopi Anda, dan staf Anda harus terlatih untuk bisa menjawab pertanyaan mereka dan memberikan saran.

Sumber artikel/
webstaurantstore.com

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url