Tips Jago Public Speaking bagi Orang Introvert

Bagi sebagian orang memiliki kemampuan public speaking merupakan sebuah ke ahlian khusus yang perlu di apresiasi. Public speaking bukan hanya masalah berani tampil di depan umum, tapi juga bagaimana kamu bisa menyampaikan ide dan pemikiranmu secara verbal atau non verbal.

Didalam sebuah kasus, seseorang dengan kepribadian introvert kerap kali dihubungkan dengan sifatnya yang pemalu dan tertutup. Dan salah satu masalah yang kerap terjadi pada seorang introvert adalah kesulitan untuk melakukan public speaking.

Nah, bagi kamu yang memiliki kepribadian introvert, masalah public speaking tentu bisa di atasi dengam cara melatihnya dengan baik. Dan juga kamu bisa simak tips berikut ini mengenai tips public speking yang perlu kamu terapkan.

Belajar Intonasi

Belajar Intonasi
Image by Freepik

Dalam sebuah public speaking, berbicara dengan suara yang datar, audiens pasti akan cepat merasa bosan. Gunakan intonasi yang variatif dan sesuai dengan jenis acara.

Dalam acara formal, gunakan intonasi yang meyakinkan dan tegas. Untuk acara santai, kita bisa lebih kreatif dalam menggunakan intonasi yang terdengar menyenangkan.

Dalam menyampaikan hal yang penting, kita juga bisa memberi penekanan. Contohnya ketika pengumuman pemenang lomba, kita bisa mengucapkannya dengan lebih lantang.

Ekspresif

Ekspresif
Image by Freepik

Nah, Ekspresif menjadi salah satu cara agar terlihat semangat dan percaya diri akan membuat audiens lebih tertarik. Jika pembicara berwajah kusut dan suram, tentu audiens tidak akan tertarik untuk mendengarkan.

Karena sekitar 80% dari komunikasi manusia bersifat nonverbal, jadi berhati-hatilah dalam menggunakan ekspresi wajah, intonasi suara, dan gerak tubuh.

Bicara Perlahan

Bicara Perlahan
Image by Freepik

Mudah bagi siapa pun yang merasa ragu untuk berbicara terlalu cepat dan malah melewati poin-poin penting yang ingin disampaikan.

Akhirnya, informasi yang disampaikan malah tidak jelas dan sulit dipahami oleh khalayak.

Coba latih dirimu untuk berbicara perlahan dengan artikulasi yang jelas. Berhenti sejenak untuk menarik nafas jika terlalu tegang, dan lanjutkan kembali presentasimu.

Hilangkan Perasaan Ragu

Hilangkan Perasaan Ragu
Image by Freepik

Perlu dipahami, saat berbicara di depan umum, kamu adalah satu-satunya orang yang menjadi soritam. Tidak perlu harus memikirkan untuk mengobrol dengan banyak orang yang melelahkan. Semua yang datang berusaha untuk menjadi pendengar materi yang kamu bawakan.

Langsung saja berbicara terkait sesuatu yang penting, terkait segala materi yang ingin dibawakan. Fokus pada perbedaan antara acara sosial dan presentasi untuk membantu dalam mengurangi perasaan cemas dan meningkatkan keterampilan presentasi.

Fokus pada Apa yang Akan Disampaikan

Fokus pada Apa yang Akan Disampaikan
Image by Freepik

Banyak audiens yang menginginkan sesuatu yang bermakna dan berguna, agar bisa diterapkan di kehidupan nyata. Jika kamu fokus pada apa yang akan disampaikan, tentu public speaking dapat berjalan dengan baik. Bisa juga untuk membagikan sesuatu yang unik terkait topik yang disampaikan, agar menarik bagi audiens.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk melakukan public speaking pada seseorang dengan kepribadian introvert. Cobalah untuk menerapkan semua tips yang disebutkan, agar presentasi yang dilakukan di depan banyak orang berjalan dengan lancar.

Sumber,
halodoc.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url