7 Destinasi Terbaik Indonesia Yang Engga Pernah Bosan Untuk di Kunjungi!!!

Tak diragukan lagi, Jika Indonesia  menyoroti tempat-tempat terbaik untuk dikunjungi. Namun, dengan lebih dari 18.000 pulau, kepulauan Indonesia yang luas memiliki lebih banyak hal untuk ditawarkan. Meski begitu, tempat yang indah popularitasnya telah menciptakan tantangan yang ditimbulkan oleh para hyper-tourism.

7 Destinasi terbaik Indonesia

Dari sekitar 300 etnis dan pemandangan alam yang begitu luas di negeri ini, jadi mengunjungi tempat-tempat di Indonesia akan menjadi petualangan yang luar biasa. Dengan budayanya yang masih mengakar dalam tradisi dan agama, permata Asia Tenggara ini sangat menarik untuk dijelajahi.

Well...
Jika Anda ingin berpetualang di luar tempat Instagrammable di Indonesia, baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang tujuh tempat terbaik di Indonesia untuk perjalanan Anda berikutnya.

Berikut 7 destinasi di Indonesia yang tidak pernah bosan untuk di kungjungi

1. Taman Nasional Komodo

Untuk melihat beberapa pulau terbaik di Indonesia, Anda dapat melakukan perjalanan ke Taman Nasional Komodo yang terdiri dari beberapa pulau seperti Rinca, Padar, dan Kepulauan Komodo serta pulau-pulau kecil yang tak terhitung jumlahnya di sekitar taman. Ini membuatnya menjadi tujuan wisata populer di Indonesia.

Taman Nasional Komodo
Komodo, salah satu spesies kadal terbesar yang hidup di kepulaun komodo

Terletak di Nusa Tenggara sebagai bagian dari Rantai Pulau Sunda Kecil, tanah di taman ini kaya dan vulkanik. Seperti namanya, ini adalah rumah bagi hewan prasejarah bernama Komodo Dragon, kadal terbesar dan terberat di dunia. Sebaiknya jaga jarak karena hewan ini diketahui memakan 80% dari berat tubuhnya dalam sekali makan. Mereka juga salah satu dari sedikit kadal yang sangat berbisa!

Tapi Komodo bukanlah satu-satunya alasan untuk mengunjungi taman ini. Masing-masing dari tiga pulau utama menawarkan pemandangan menakjubkan yang dipenuhi perbukitan tropis yang rimbun, garis pantai yang indah, dan kehidupan laut yang subur. Bahkan, Taman Nasional Komodo terkenal di dunia karena memiliki scuba diving terbaik di Indonesia dan dunia. Penyelam melakukan perjalanan ke taman untuk berenang bersama paus, hiu, pari manta, dan berbagai macam biota laut.

Selain itu, taman ini juga memiliki beberapa pantai terbaik dan merupakan bukti kekuatan pariwisata Indonesia. Ini juga akan menjadi waktu yang tepat untuk memesan agen tur Indonesia untuk memaksimalkan hari Anda dan mengunjungi berbagai pulau dan pantai di taman.

Taman_nasional_komodo
Taman_nasional_komodo
Taman_nasional_komodo
Taman_nasional_komodo 


Bagaimana menuju ke Komodo? Saya suka menggunakan Booking.com untuk menemukan waktu dan harga terbaik untuk perjalanan saya. Gunakan kotak pencarian di bawah untuk memasukkan titik keberangkatan Anda dan temukan cara terbaik untuk sampai ke Taman Nasional Komodo. 

2. Gunung Bromo

Perjalanan ke kawah Gunung Bromo cukup mudah hanya memakan waktu sekitar satu jam, menjadikannya pendakian yang ideal bagi para petualang dari semua tingkatan. Mungkin salah satu tempat wisata paling dicari di Jawa Tengah, Gunung Bromo adalah salah satu tempat terindah di Indonesia saat matahari terbit. Dikelilingi oleh asap dan diapit oleh langit berwarna-warni saat ini.

Gunung Bromo
Gunung Bromo, puncaknya yang terkenal dengan tempat terbaik meyaksikan matahari terbit

Gunung Bromo juga cukup mudah diakses, mudah dicapai melalui jalur darat dari Surabaya, Banyuwangi, Yogyakarta, ataupun Jakarta. Pendakian ke kawah dibatasi oleh tangga yang curam, dan kawahnya dihiasi dengan uap yang keluar dari bawah.

Meskipun kurangnya transportasi umum, banyak wisatawan mengunjungi gunung berapi karena perjalanannya yang mudah, menjadikannya salah satu hal terbaik yang harus dilakukan di Indonesia. Akhir pekan pasti bisa menjadi sangat menegangkan, jadi pilihlah perjalanan di hari kerja.

Agar perjalanan lebih bermanfaat, Anda juga dapat meluangkan waktu untuk menjelajahi tanah indah di sekitar Gunung Bromo. Karena terletak di Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru, Anda dapat bertamasya menjelajahi padang pasir yang luas, pegunungan dan perbukitan yang rimbun, air terjun, dan hamparan bunga. Jika Anda punya cukup waktu, berkeliling taman bisa dilakukan dalam dua hari.

Foto by @regittanurul on Instagram

3. Tana Toraja

Kabupaten Tana Toraja adalah salah satu rahasia budaya terbaik di Indonesia. Ditemukan pada tahun 1920-an oleh kedatangan misionaris Belanda, komunitas tertutup di dataran tinggi Sulawesi Selatan ini sama sekali tidak berhubungan dengan dunia luar selama berabad-abad. Dengan asal-usulnya yang hampir mistis, Tana Toraja jelas merupakan tempat yang wajib dikunjungi di Indonesia.

Tana Toraja
Salah satu ritual adat yang terkenal di Tana Toraja yaitu "rambu solo"

Salah satu ciri Toraja yang paling menonjol adalah pandangan mereka tentang kematian, yang merupakan tahapan terpenting dalam kehidupan seseorang. Orang Toraja melakukan upacara penguburan yang sangat kompleks yang dikenal sebagai Rambu Solo, dengan kepercayaan bahwa hidup seseorang adalah persiapan untuk kematian.

Begitu seseorang meninggal, dia hanya dianggap “sakit” dan disimpan di rumah orang yang dicintai sampai musim pemakaman. Ini bisa memakan waktu mulai dari berhari-hari hingga bertahun-tahun sampai semua aspek Rambu Solo diberlakukan. Kerabat dan teman terus mengunjungi jenazah untuk diajak bicara, memberi hadiah, dan pada dasarnya menemani sampai pemakaman yang sebenarnya.

Ada beberapa aspek dalam ritual tersebut, termasuk tarian dan pengorbanan babi atau kerbau untuk pesta penguburan yang akan dibagikan oleh desa. Kadang-kadang ada sabung ayam. Pada akhirnya, jenazah dimakamkan di situs leluhur yang diukir dari sebuah gua. Patung seukuran manusia yang disebut Tau Tau ditempatkan di kotak pandang untuk menjaga pintu masuk situs pemakaman.

Rambu Solo tidak diragukan lagi merupakan salah satu praktik paling kuno yang masih dilakukan di mana pun di dunia. Itulah pesona utama Tana Toraja – komitmen desa untuk menjaga tradisi tetap hidup. Di Ke'te Kesu, seseorang akan merasakan tinggal di desa tradisional Toraja.

Situs Warisan Dunia UNESCO ini memiliki enam Tongkonan (rumah tradisional), 12 lumbung, lapangan upacara terbuka, dan gua pemakaman di dekatnya. Namun, desa ini bukan hanya untuk dipajang. Salah satu Tongkonan memiliki museum, namun sawah di sekitarnya masih ditanami dan rumah serta pekarangannya masih digunakan untuk upacara adat.

Daerah menarik lainnya adalah Batutumonga, yang terkenal dengan ketinggiannya di mana orang dapat melihat awan yang menutupi perbukitan. Gunung Sesean adalah jalur trekking yang populer. Pasar Pasar Bolu adalah tempat para pedagang berkumpul untuk bertukar barang.

4. Lombok

Tidak sepopuler Bali tapi mungkin yang lebih indah adalah pulau tetangga Lombok. Lombok biasanya perhentian berikutnya setelah tur Bali, tetapi pelarian pulau ini dapat bertahan dan merupakan salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Indonesia. Dari pantai kartu pos bergambar menakjubkan, selancar kelas dunia, hingga gunung Rinjani yang perkasa dan air terjun yang dramatis, pulau ini harus dilihat oleh setiap penggemar alam luar.

Lombok
Sembalun, daerah paling sejuk untuk relaxaton dengan suguhann pemandangan indah dari atas perbukitan

Lombok saat ini duduk di sweet spot untuk menjadi lebih progresif dan sebagian besar masih belum dijelajahi. Ini berarti para pelancong dapat mengharapkan kenyamanan makhluk biasa tetapi tetap menikmati rasa ketenangan yang hanya dapat diberikan oleh kehidupan pulau.

Pemerintah pusat mempromosikan Lombok sebagai tujuan wisata besar berikutnya, jadi tinggal menunggu waktu sampai wisatawan mulai berbondong-bondong datang. Ini juga membantu bahwa Lombok mungkin adalah tempat terbaik untuk berselancar di Indonesia, sehingga komunitas selancar juga berkembang.

Lombok
Foto by @krisstills on Instagram

Bentang alam yang paling dominan di Lombok adalah Gunung Rinjani yang merupakan gunung berapi aktif yang menjulang setinggi 3.725 meter. Dimungkinkan untuk melakukan perjalanan semalam ke atas dengan pemandu. Lepas pantai adalah Kepulauan Gili, kumpulan dari tiga pulau terbaik untuk dikunjungi di Indonesia. 

Gili Trawangan adalah yang terbesar dari ketiganya dan dianggap sebagai pulau pesta hingga gempa bumi dahsyat melanda daerah tersebut pada Agustus 2018, yang menghancurkan banyak hotel, restoran, dan rumah penduduk setempat. Ini terjadi di sini dan juga di Gili Air dan Gili Meno yang berdekatan.

Lombok
Pink Beach kawasan pantai yang memiliki pasir pantai berwarna merah muda

Rekonstruksi perlahan tapi pasti terjadi dengan laporan dari para pelancong ke pulau-pulau pada bulan Oktober tahun ini yang mengatakan bahwa, meskipun masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan, beberapa bisnis sedang berjalan. Ini termasuk beberapa toko menyelam.

Penduduk pulau sangat ingin orang-orang kembali dan membantu meningkatkan ekonomi lokal, jadi silakan kunjungi. Gili (artinya 'pulau') sangat indah, penduduk setempat ramah dan suasananya positif, inilah saatnya untuk menambahkan surga tropis ini ke rencana perjalanan Lombok Anda.

Jika Anda mencari pantai yang lebih indah, pergilah ke selatan ke kota Kuta (jangan tertukar dengan Kuta, Bali). Ini adalah tempat yang bagus untuk mendasarkan diri Anda untuk menjelajahi daerah tersebut. Jika Anda suka berselancar, pergilah ke sini antara bulan November dan Maret untuk menikmati beberapa ombak terbaik yang ditawarkan Indonesia.

Jadi lain kali Anda melakukan perjalanan ke Bali, mampirlah ke Lombok dan pukul dua burung dengan satu batu di tujuan liburan terbaik di Indonesia.

Jelajahi Lombok dengan beberapa rekomendasi foto terbaik di Lombok
Lombok
Lombok
Lombok
Lombok


5. Bandung

Untuk wisatawan yang mencari pengalaman yang lebih modern dan kosmopolitan tetapi tidak tertarik untuk terjun ke hingar bingar energi Jakarta, Bandung adalah alternatif yang bagus. Pernah disebut Paris of Java, namun Bandung mengalami tingkat perkembangan yang tidak terkendali. Itu masih salah satu kota teratas di Indonesia dan terdiri dari gang-gang berliku di tengah pinggiran kota yang besar.

Bandung
Pasar Baru Bandung - Foto by @vadelfriza On Instagram

Bandung paling populer untuk belanja yang luar biasa dan bahkan restoran yang lebih baik. Harga selalu pada tingkat yang terjangkau karena persaingan sangat tinggi. Jl Riau dan Jl Dago adalah spot favorit para shopaholic dengan semua factory outlet dari ratusan brand dengan setengah harga.

Adegan restoran di Bandung juga cukup seru. Ada tempat-tempat umum seperti Dusun Bambu , yang terletak di atas bukit dengan taman hiburannya sendiri. Lalu ada Kampung Daun yang dikelilingi hutan bambu tempat para tamu bersantap di gubuk-gubuk kecil dengan anjungan makan. Tidak akan pernah ada kekurangan restoran dan kios yang luar biasa untuk dicoba, tetapi satu hal yang pasti – makanan akan selalu enak.

Beberapa rekomendasi spot menarik di Bandung

Bandung
Bandung
Bandung
Bandung
Bandung
Bandung

Tak perlu dikatakan, Bandung adalah salah satu kota di Indonesia untuk dikunjungi untuk melepaskan diri dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari tanpa terlalu jauh dari kehidupan perkotaan.

Bagaimana menuju Bandung? Saya suka menggunakan Boking.com untuk menemukan waktu dan harga terbaik untuk perjalanan saya di Asia. Gunakan kotak pencarian di bawah untuk memasukkan titik keberangkatan Anda dan temukan cara terbaik untuk sampai ke Bandung.

6. Yogyakarta

Yogyakarta dianggap sebagai jiwa Indonesia dan pusat budaya dan kesenian. Dengan budaya dan identitas negara yang begitu beragam, Yogyakarta tampaknya menjadi tempat yang paling dekat dengan siapa pun untuk mendapatkan gambaran lengkap dan sering disebut sebagai salah satu kota terbaik di Indonesia oleh para pelancong.

Yogyakarta
Alun Alun kota Yogya yg setiap harinya ramai wisatawan

Kota ini sangat hidup dan modern sambil menjunjung tinggi ekspresi budaya dan tradisi kuno. Ini adalah tempat yang bagus untuk dikunjungi bagi siapa saja, bahkan untuk pelancong solo. Orang-orangnya sangat hangat dan suka membantu, kota ini sama sekali tidak mengintimidasi, dan ada banyak hal yang harus dilakukan. Ini juga merupakan titik awal yang ideal ke tujuan lain seperti candi Prambanan dan Borobudur.

Beberapa tempat terbaik untuk dikunjungi di Yogyakarta memungkinkan pengunjung tenggelam dalam budaya dan sejarah. Istana Kerajaan dan Istana Air adalah oasis kedamaian di kota yang kacau. Di kedua spot tersebut, pengunjung dapat melihat pameran kehidupan para sultan masa lalu, serta pameran tradisi berupa arsitektur, karya seni, tekstil, dan musik

Yogyakarta

Yogyakarta juga merupakan salah satu tempat teratas di Indonesia untuk batik – teknik membuat tekstil yang dibuat dengan mengoleskan pewarna tahan lilin ke seluruh kain dan menciptakan pola yang indah. Batik adalah seni dan kerajinan dan membeli (atau belajar membuat) adalah salah satu hal terbaik yang harus dilakukan di Indonesia. Ada banyak bengkel di Yogyakarta untuk belajar membatik dan penduduk setempat sangat ingin meneruskan tradisi berusia berabad-abad ini.

Selain batik, belanja di Yogyakarta juga cukup menarik. Jl Malioboro adalah jalan perbelanjaan populer yang dipenuhi dengan toko suvenir dan toko pakaian dan merupakan tempat yang sempurna untuk menyaksikan kehidupan lokal berlalu.

7. Borobudur

Sobat pastinya sudah tidak asing lagi dengan Candi Borobudur? Terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, candi yang sangat megah dan rupawan ini telah dikenal oleh wisatawan lokal maupun mancanegara sebagai kuil Buddha terbesar di dunia. Wajar saja, karena Candi Borobudur memiliki luas sekitar 2500 meter persegi, dengan panjang 121,66 meter, lebar 121,38 meter, dan tinggi 35,40 meter.

Borobudur
Foto by @borobudurpark on Instagram

Selain dari skalanya yang besar, Candi yang sangat legendaris ini tentunya juga menyimpan beragam fakta unik, serta berbagai macam hal menarik yang bisa Sobat Pesona temui saat berkunjung kesini. Sebelum Sobat Pesona beranjak ke Candi Borobudur, simak dulu yuk ulasan lengkapnya di bawah ini!

Candi legendaris ini diperkirakan dibangun pada abad ke-8, tepatnya sekitar tahun 750-an masehi pada masa pemerintahan dinasti Syailendra. Pembangunannya diperkirakan berlangsung sekitar 75 tahun sampai akhirnya rampung pada saat pemerintahan raja Samaratungga berlangsung. Candi Borobudur terletak diatas bukit hijau yang asri di mana Sobat Pesona bisa menyaksikan bukit-bukit hijau lain di sekitarnya. Bangunannya sendiri terdiri atas jutaan blok batu yang dibuat kedalam tiga struktur yang menggambarkan tingkatan alam semesta menurut filsafat Buddha. Bangunan kolosal ini juga dihiasi oleh 2.672 panel relief dan 504 patung Buddha.

Terjadinya erupsi Gunung Merapi yang dahsyat pada sekitar tahun 1006 menyebabkan Candi Borobudur tertimbun oleh debu vulkanik selama ratusan tahun lamanya. Beberapa abad kemudian, Candi Borobudur akhirnya ditemukan kembali pada tahun 1814 oleh seorang insinyur Belanda bernama Hermanus Christiaan Cornelius, ketika kerajaan Inggris yang diwakili oleh Thomas Stamford Raffles menduduki beberapa bagian pulau Jawa, termasuk Jawa Tengah. Setelah Indonesia merdeka, pada akhir tahun 60-an pemerintah bekerja sama dengan UNESCO untuk merenovasi Candi Borobudur selama bertahun-tahun, sampai akhirnya UNESCO menetapkan mahakarya agung tersebut sebagai Situs Warisan Dunia di tahun 1991.

Tak hanya menawarkan keajaiban dunia, di sini Sobat Pesona juga bisa menemukan beraneka ragam objek wisata lainnya yang tidak kalah menarik. Di sekitar candi, terdapat tiga museum yang Sobat Pesona bisa kunjungi untuk menambah wawasan, yaitu Museum Borobudur, Museum Kapal Samudraraksa, dan Museum MURI. Jika ada di antara Sobat Pesona yang ingin melihat pemandangan luar biasa Candi Borobudur dari kejauhan, maka Sobat Pesona wajib mendatangi Punthuk Setumbu yang berlokasi di bagian barat Candi Borobudur. Di sini, Sobat Pesona juga bisa menyaksikan indahnya matahari terbit atau terbenam di masing-masing ufuk.

Candi Borobudur
Tradisi perayaan hari raya waisak di kawasan candi Borobudur

Tak jauh dari Punthuk Setumbu, Sobat Pesona juga bisa menemukan sebuah bangunan yang memiliki bentuk unik jika berjalan ke arah utara. Bangunan yang berbentuk seperti ayam ini adalah gereja yang dibangun pada tahun 90-an dan dikenal sebagai Gereja Ayam oleh warga setempat. Jika Sobat Pesona masih belum puas, di bagian timur Candi Borobudur terdapat tiga buah candi kecil yang juga tak kalah bagus, yaitu Candi Pawon, Candi Ngawen, dan Candi Mendut. Ingin menghabiskan waktu lebih lama lagi di sekitar Candi Borobudur? Coba menginap ke Desa Wisata yang ada di sekitar Candi Borobudur aja! Diantaranya seperti Desa Wanurejo, Desa Karangrejo, Desa Tanjungsari, Desa Giritengah, Desa Majaksingi, dan Desa Candirejo.


Waktu terbaik untuk mengunjungi Indonesia

Mei hingga September adalah waktu terbaik untuk hari-hari cerah di Indonesia. Pada musim hujan, curah hujan bisa menjadi cukup deras.

Musim ramai adalah Juli hingga Agustus, Liburan Paskah, Natal, dan Tahun Baru. Saat-saat inilah tempat wisata Indonesia menjadi yang tersibuk dan ramai, khususnya di Bali.


Keamanan di Indonesia

Indonesia aman untuk bepergian. Sebagian besar tempat digunakan untuk dikunjungi turis, dan penduduk setempat umumnya hangat dan ramah. Namun, seperti di tempat mana pun di dunia, kewaspadaan selalu menjadi kuncinya.

Indonesia baru-baru ini memiliki tantangan dengan penggunaan narkoba, dan pemerintah daerah menjadi lebih tegas dalam menjatuhkan hukuman. Sementara obat-obatan terlarang mungkin merajalela di pulau-pulau pesta seperti Bali, sebaiknya hindari situasi tersebut karena polisi selalu mengawasi turis yang melanggar hukum.

Mungkin tantangan keamanan yang paling tidak terduga adalah tantangan alam, termasuk gempa bumi, letusan gunung berapi, dan badai petir. Selalu perhatikan saran perjalanan sebelum melakukan perjalanan ke Indonesia.


Tips Perjalanan Indonesia

Sekarang setelah Anda memiliki ide tentang tempat-tempat di Indonesia untuk dimasukkan ke dalam daftar keinginan Anda, inilah beberapa informasi tentang Indonesia yang perlu diingat!


Berkeliling Indonesia

Baik Anda memilih bepergian dengan pesawat, mobil, taksi, kereta api, atau moped Anda sendiri, inilah saran saya.


Lewat udara

Meskipun ada feri yang menghubungkan pulau-pulau utama Indonesia, penerbangan biasanya selalu lebih cepat dan lebih dapat diandalkan. Kota-kota besar bahkan beberapa pulau terpencil selalu terhubung dengan layanan udara domestik.


Dengan Mobil Sewa

Ada banyak tempat di Indonesia dimana wisatawan bisa menyewa mobil. Sangat populer untuk melihat tempat-tempat teratas untuk dikunjungi di Bali, Sumatra, atau Jawa. Sebagian besar tempat persewaan mengizinkan wisatawan untuk mengemudi dengan surat izin mengemudi negara asalnya, tetapi Indonesia secara resmi mewajibkan surat izin mengemudi internasional.

Saat ditepi polisi, siap-siap bayar suap. Jika Anda tidak ingin mengemudi, Anda juga dapat memesan paket wisata Indonesia yang sudah termasuk mobil dengan sopir.


Dengan Taksi atau Ride-sharing

Sebagian besar kota besar akan memiliki Uber, Go Jek, dan Grab yang menawarkan kendaraan roda empat dan sepeda motor.

Ini adalah cara paling nyaman untuk berkeliling kota, tetapi beberapa area tidak mengizinkan aplikasi berbagi tumpangan untuk memberi jalan bagi taksi kota.


Dengan Kereta Api

Kereta api nasional bernama Kereta Api bisa menjadi pemandangan indah, terutama saat menuju ke Jawa dan Sumatera. Kereta malam beroperasi antara Jakarta dan Yogyakarta dan antara Yogyakarta dan Surabaya.


Perlu lebih banyak ide untuk tempat terbaik di Indonesia?

Lihat kegiatan Indonesia yang luar biasa ini Menurutmu tempat apa yang paling bagus di Indonesia?
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url