5 Langkah Dasar Menjalani Hidup Minimalis Versi Fumio Sasaki

Apakah Anda ingin terjun ke kehidupan minimalis tetapi tidak yakin harus mulai dari mana? Atau mungkin semuanya terdengar terlalu membingungkan dan Anda tidak begitu tahu bagaimana menjalani kehidupan minimalis dapat membantu Anda atau apa yang Anda perlukan untuk mencapainya?

Salah satu hal terbaik tentang minimalis adalah tidak rumit! Menghilangkan kerumitan dalam hidup dan menggantinya dengan proses sederhana, peralatan rumah kehidupan kerja, minimalis memiliki banyak manfaat. 

Jadi jika Anda ingin memulai, lakukan 5 langkah dasar untuk menjalani kehidupan minimalis ini dan Anda akan baik-baik saja.

1. Hilangkan Kekacauan Dalam Pikiran

Anda tahu tumpukan di meja dapur Anda yang berisi segala sesuatu mulai dari tagihan listrik hingga bungkus permen karet, dan mungkin mobil Kotak Korek Api dan beberapa jepit rambut… harus dibuang. Dan laci yang Anda miliki berisi semua bagian acak Anda dari 5 tahun terakhir.

Tapi ini jelas merupakan tumpukan kekacauan. Lihatlah sekeliling rumah Anda saat ini, apa yang dapat Anda lihat di bangku, di lantai, di meja, di ruang santai… segala sesuatu yang tidak seharusnya terjadi. Itu langkah 1.

Image by Freepik
Jika Anda tidak dapat menemukan tempat untuk menyimpannya, maka Anda perlu memutuskan apakah itu karena ruang penyimpanan yang Anda miliki sudah terisi, atau karena Anda tidak tahu bagaimana/di mana menyimpannya. 

Anda tidak harus menjadikan penataan barang sebagai sesuatu yang membuat stres dan penataan barang tidak harus menjadi proyek besar-besaran , mulailah dengan satu ruangan, bersihkan sebanyak mungkin barang-barang yang berantakan, lalu lanjutkan ke ruangan berikutnya. 

Ketika Anda merasa telah melalui semuanya, mulailah kembali dari ruangan pertama dan lanjutkan lagi. Seringkali langkah kedua dan ketiga dalam merapikan barang jauh lebih kejam dan Anda akan lebih sering melakukan banyak hal.

2. Hilangkan Barang Duplikat

Saat Anda mencoba menyederhanakan hidup dan menjalani kehidupan yang lebih minimalis, salah satu langkah dasar yang dapat Anda ambil adalah menghilangkan duplikat.

Anda akan kagum dengan banyaknya duplikat yang dapat ditemukan di sebagian besar rumah.

Apakah Anda memiliki 10 piring makan padahal sebenarnya Anda hanya membutuhkan 4 piring? 8 cangkir kopi? 5 sendok kayu? Lebih banyak wadah Tupperware daripada tutupnya?

Dapur dan lemari pakaian Anda adalah dua tempat paling umum di mana Anda akan menemukan duplikat dan merupakan tempat terbaik untuk memulai ketika Anda ingin mengurangi kesalahan Anda.

Di lemari pakaian Anda , apakah Anda benar-benar membutuhkan 24 celana dalam saat Anda mencucinya setiap minggu? Atau 12 pasang jeans? Atau 5 kaos putih dasar yang sama? 

Image by Freepik
Bahkan jika Anda membelinya saat sedang diskon dan mendapatkannya dengan diskon besar-besaran, saat ini barang-barang tersebut menghabiskan ruang di dunia Anda sehingga Anda mencoba membuatnya lebih minimalis.

Telusuri rumah Anda dan temukan duplikatnya dan pilih yang terbaik dan hilangkan sisanya.

Sumbangkan, jual (bukan pakaian dalam Anda) atau buang apa pun yang tidak dapat/tidak boleh digunakan oleh orang lain.

3. Buat Rutinitas Harian Anda

Dalam menjalani kehidupan minimalis, rutinitas adalah teman terbaik Anda.

Mereka akan membantu Anda membuat lebih sedikit keputusan, menjaga rumah Anda tetap rapi dan membantu Anda menghilangkan hal-hal dari hidup Anda yang tidak membuat Anda bahagia atau tidak memiliki tujuan.

Image by Freepik
Rutinitas pagi Anda adalah contoh yang bagus.

Apakah Anda mematikan alarm di pagi hari dengan menekan tombol tunda 5 kali sebelum bangun? Membuat kopi, atau mandi… mana saja yang Anda suka terlebih dahulu. Lalu memilih apa yang akan dimakan untuk sarapan, bergegas melewati pagi hari dan kemudian keluar rumah tepat pada waktunya?

Membuat rutinitas di pagi hari dapat membantu meningkatkan ketenangan, membantu Anda menjadi lebih produktif , dan menyiapkan Anda untuk hari yang menyenangkan.

Lakukan hal-hal dengan urutan yang sama setiap pagi, minum kopi, mandi, berpakaian, sarapan. Atau pesanan apa pun yang cocok untuk Anda.

Anda juga bisa menyiapkan sarapan terlebih dahulu, atau makan makanan yang sama setiap pagi sehingga Anda tidak perlu memilih apa yang ingin disantap.

Atur pakaian Anda pada malam sebelumnya, atau kenakan pakaian yang sama setiap hari, sekali lagi, pilihan yang harus diambil lebih sedikit.

Ketika Anda mengulangi langkah yang sama berulang kali, Anda akan memiliki lebih banyak ruang mental untuk dapat fokus pada hal-hal yang penting, dan lebih banyak ruang bagi Anda untuk menambahkan hal-hal ke dalam rutinitas Anda seperti perawatan diri.

4. Sederhanakan Lemari Pakaian Anda 

Kami telah menghilangkan duplikat dari lemari pakaian Anda, dan dengan melakukan hal ini kami mungkin telah mengurangi banyak lemari pakaian Anda.

Namun, Anda dapat melangkah lebih jauh dengan menyederhanakannya.\

Image by Freepik
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menghapus apa pun yang tidak sesuai atau tidak dalam kondisi baik.

Pakaian Anda dimaksudkan untuk membuat Anda merasa luar biasa, lepaskan apa pun yang tidak dapat membuat Anda merasa luar biasa.

Kemudian mulailah memeriksa apa yang tidak atau sudah lama tidak Anda pakai dan lepaskan juga.

Menyederhanakan lemari pakaian Anda berarti Anda tidak perlu terlalu memikirkan apa yang Anda kenakan setiap hari (Anda bahkan dapat memilih untuk mengenakan pakaian yang sama setiap hari, gaya Zuckerberg ) dan itu juga berarti Anda memiliki lebih banyak ruang fisik dan lebih sedikit kekacauan.

5. Sederhanakan Makanan Anda

Tahukah Anda bahwa menjalani hidup minimalis ternyata bisa membuat Anda lebih sehat ?

Image by prostooleh on Freepik
Memang benar, dan sebagian besar dari hal ini terjadi karena ketika Anda menyederhanakan makanan, Anda lebih cenderung makan makanan sederhana dan sehat di rumah daripada membeli makanan untuk dibawa pulang karena Anda terlambat dan belum mengatur makan malam… lagi.

Salah satu cara terbaik untuk menyederhanakan makanan Anda adalah dengan merencanakan makan terlebih dahulu.

Hal ini berdampak pada pengambilan keputusan yang lebih sedikit karena semuanya sudah diputuskan untuk Anda di awal minggu.

Anda dapat membuat makanan sederhana yang mudah dimasak, membutuhkan lebih sedikit bahan, dan tetap memiliki rasa yang luar biasa.

Anda juga dapat meningkatkannya dengan menyiapkan makanan juga, jadi Anda tidak perlu memikirkan apa yang akan Anda makan untuk makan siang saat Anda berada dalam kemerosotan di tengah minggu karena sudah dibuat dan disiapkan untuk Anda.

Anda tidak perlu makan makanan mewah yang rumit untuk makan enak dan makan makanan lezat. Nikmati kesederhanaan dan minimalis makanan Anda.

Menjalani hidup minimalis tidak harus rumit atau membutuhkan banyak pengorbanan. Anda dapat mengikuti langkah-langkah dasar ini dan menciptakan kehidupan sederhana dan minimalis yang Anda sukai dan nikmati.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url