7 Rutinitas Pria ini! Biasa Dilakukan oleh Pria Berkelas

Pagi hari bisa saja jadi menjadi waktu yang terburuk.

Alarm berbunyi pada hari Senin dan hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah BANGUN!.

Anda menekan tombol tunda lagi dan lagi hingga Anda mempunyai waktu minimum untuk bersiap-siap dan mulai bekerja.

Anda praktis terjatuh dari pintu dan berangkat kerja bahkan sebelum Anda sempat sarapan.

Aku biasa menghabiskan pagi hariku seperti ini. Hampir tidak bangun, terburu-buru menjalani rutinitas dan tersandung celanaku sendiri.

Padahal, itu hanya ketika aku harus bekerja. Jika saya mempunyai hari libur, pagi saya… yah, tidak ada. Saya tidak punya satu pun.

Saya masih di tempat tidur saat tengah hari menjelang.

Sungguh gila jika mengingat kembali hal itu sekarang dan memikirkan berapa banyak waktu yang saya buang. 

Namun apakah Anda orang yang suka terburu-buru di pagi hari atau bangun di siang hari, rutinitas pagi Anda mungkin perlu ditingkatkan. 

Dan memiliki serangkaian kebiasaan sehat setiap pagi sering kali menjadi kunci kesuksesan.

Jadi, saya telah mengumpulkan 7 hal yang harus dilakukan oleh setiap pria setiap pagi untuk menyiapkan diri Anda menuju kesuksesan.

1. Bangun lebih awal

Aku hampir bisa merasakan desahan lesu itu. “Orang lain menyuruhku bangun pagi bagus.”

Pasti Anda pernah mendengarnya sebelumnya, namun saya di sini ingin memberi tahu Anda lagi bahwa penting untuk bangun pagi di pagi hari. 

Namun tergantung pada jadwal Anda, lebih awal bisa menjadi selambat yang Anda inginkan.

Membingungkan, bukan?

Soalnya, hal penting tentang bangun pagi adalah waktu ekstra yang Anda dapatkan sebelum memulai hari. 

Tetapi jika hari kerja Anda dimulai pada jam 12 siang, pertama-tama, Anda beruntung. Kedua, itu bisa berarti bahwa bangun jam 10 pagi adalah waktu yang 'lebih awal' bagi Anda. 

Anda punya waktu empat jam sebelum Anda harus berada di mana saja. Banyak waktu untuk menjadi produktif.

Itu kuncinya, waktu luang. Jam berapa Anda bangun adalah masalah teknis.  

Saya suka memberi diri saya waktu minimal dua jam untuk bangun, bersiap-siap, dan berangkat kerja. Jika saya merasa sangat gembira, saya akan memberi diri saya waktu tiga jam di pagi hari.

Jika saya mulai bekerja pada jam 9 pagi, saya akan bangun antara jam 6 pagi dan 7 pagi. Dengan begitu saya punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri menghadapi hari itu tetapi juga cukup waktu untuk melakukannya dengan tenang dan santai. 

Saya tidak pernah merasa tergesa-gesa atau berada di bawah tekanan. Saya menikmati pagi hari saya. Faktanya, itu mungkin menjadi bagian favorit saya hari ini.

Intinya, apa yang saya lakukan adalah mengubah pagi saya menjadi bagian nyata dari hari saya. Daripada sesuatu yang saya lewati.

Menetapkan waktu ini berarti Anda dapat menyelesaikan banyak hal bahkan sebelum Anda memulai hari dengan benar. Apa yang mungkin terjadi terserah Anda, tetapi dengan bangun beberapa jam sebelum bekerja, Anda memberi diri Anda waktu dan pilihan.
Menetapkan waktu berarti Anda dapat menyelesaikan banyak hal bahkan sebelum Anda memulai hari dengan benar. Apa yang mungkin terjadi terserah Anda, tetapi dengan bangun beberapa jam sebelum bekerja, Anda memberi diri Anda waktu dan pilihan.

Bekerja, berolahraga, atau membaca pada waktu ini akan benar-benar meningkatkan produktivitas Anda, namun itu tidak penting.

Saya tidak melakukan pekerjaan apa pun di pagi hari. Bagi saya, dua atau tiga jam itu adalah tentang menenangkan pikiran sebelum memulai hari. Saya bersantai, sarapan, bermeditasi, mandi, dan berjalan-jalan.

Ini adalah hal-hal yang saya nikmati dan mempersiapkan saya secara fisik dan mental untuk hari yang akan datang.

2. Gunakan jam alarm yang tepat 

Kedengarannya tidak ada gunanya bukan? Anda cukup menggunakan ponsel Anda untuk alarm Anda.

Namun, apa yang Anda lakukan setelah mematikan alarm itu? Saya akan menebak dan berkata, periksa media sosial Anda, email, dan hal lain yang ingin Anda telusuri di pagi hari.

Ini adalah salah satu kebiasaan terburuk yang harus dilakukan jika Anda ingin memulai hari dengan pikiran jernih.

Sangat mudah untuk terlibat dalam media sosial. Untuk menemukan diri Anda terjebak dalam penelusuran tanpa akhir melalui makan malam kemarin dan selfie terbaru. 

Namun hal pertama yang akan dilakukan di pagi hari hanyalah menyumbat pikiran Anda dengan sampah.

Anda akan mendapati pikiran Anda jauh lebih jernih jika Anda menunggu 30 menit sebelum memeriksa ponsel Anda di pagi hari.

Anda juga akan merasa lebih terjaga dan hadir karena Anda akan terhindar dari keadaan seperti zombie yang disebabkan oleh penelusuran mendalam di media sosial. 
Cara termudah untuk menghindari godaan memeriksa ponsel di pagi hari adalah dengan melepasnya. Tinggalkan di dapur atau ruang tamu dan gunakan jam alarm biasa untuk memastikan Anda bangun tepat waktu.
Anda akan terkejut melihat betapa sedikit keteraturan mental akan membantu Anda di pagi hari.

Tidak hanya itu, meninggalkan ponsel di ruangan lain dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Anda akan naik ke tempat tidur dan benar-benar tertidur daripada menghabiskan satu jam lagi di ponsel Anda.

Dan hei, tidur yang lebih baik selalu berarti pagi yang lebih baik.

Kisah langsung tentang peralihan dari telepon ke jam alarm adalah bacaan yang menarik.

3. Minumlah segelas air dengan campuran Suplemen

Meskipun saya menyukai kopi, segelas besar air adalah hal pertama yang saya minum setiap pagi.

Ada banyak manfaat kesehatan dari minum cukup air. Jauh dari hal yang sudah jelas Anda akan mati jika tidak melakukannya. Untuk hal-hal seperti kulit yang lebih baik dan sistem kekebalan tubuh yang lebih baik.

Tapi, sebenarnya, tidak satu pun dari hal-hal tersebut, selain karena kematian, yang menjadi alasan saya minum air pertama kali di pagi hari.

Saya minum air sebelum melakukan hal lain, hanya karena air membantu saya bangun dan merasa segar.
Saat Anda tidur semalaman, tubuh Anda tidak mendapatkan hidrasi apa pun. Secara alami, Anda mengalami dehidrasi sampai batas tertentu. Sekarang, Anda tidak akan merasakannya di kaki atau dada Anda, tapi Anda akan merasakannya di kepala Anda.
Anda mungkin terbangun dengan perasaan sedikit pusing. Mungkin mata Anda terasa berat atau kepala Anda terasa penyok. 

Sangat mudah untuk berasumsi bahwa ini hanya kelelahan. Bahwa Anda kurang tidur atau Anda masih terbangun. Tapi ini mungkin karena otak Anda mengalami dehidrasi dalam semalam. Contoh ekstrim dan lebih nyata dari hal ini adalah mabuk.

Segelas air menyelesaikan masalah hampir secara instan dan ini adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Bahkan jika kepala Anda tidak berdebar-debar, sebaiknya minum air terlebih dahulu di pagi hari. 

Dan meskipun air itu sendiri bermanfaat dan diperlukan, saya juga suka memasukkan suplemen harian saya ke dalam segelas air pertama saya sehingga apa pun yang terjadi hari itu, saya telah menetapkan basis nutrisi yang layak untuk diri saya sendiri.

4. Lakukan sesuatu yang Anda sukai

Mungkin kontroversial, tapi dengarkan aku.

Tidak ada yang suka bangun. Ya, setidaknya tidak banyak dari kita.

Salah satu alasannya adalah kita bangkit untuk melakukan sesuatu yang tidak ingin kita lakukan. Misalnya, kita lebih memilih tetap di tempat tidur daripada pergi bekerja.

Untuk berangkat kerja tepat waktu, Anda harus bangun saat hari sudah gelap, pergi ke luar dalam cuaca dingin, dan biasanya melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak ingin Anda lakukan dalam keadaan setengah tertidur. 

Hal ini membuat bangun pagi menjadi sulit dan tidak menyenangkan. Anda harus memaksakannya dan menggunakan kemauan Anda hanya untuk bangun dari tempat tidur. Namun kunci dari kebiasaan yang konsisten adalah menikmatinya.

Jauh lebih mudah mempertahankan suatu kebiasaan dalam jangka panjang jika Anda menikmatinya. Jadi tip ini bersifat psikologis.
Lakukan sesuatu yang Anda sukai di pagi hari sehingga Anda perlahan mulai menikmati bangun tidur. Atau paling tidak, ini menjadi sedikit lebih mudah.
Sebagai pria dewasa, ini sedikit memalukan, tapi sebenarnya saya menyalakan Xbox saya di pagi hari. Saya bermain game selama sekitar 45 menit sambil sarapan. 

Saya tahu ini terdengar seperti mimpi remaja dan bukan rutinitas pria dewasa, namun hal ini berhasil.

Secara konsisten bangun pagi selama tiga tahun terakhir dan saya suka melakukannya. Teman saya tidak menyukai alarm jam 6 pagi, tapi hei, tidak ada orang yang sempurna. 

Setelah itu, saya punya waktu dua jam lagi setiap pagi untuk berhenti menjadi anak besar dan melakukan hal-hal dewasa. Tapi 45 menit yang menyenangkan itu memastikan saya siap untuk dua jam produktif itu.

5. Meditasi

Meditasi pagi sejauh ini merupakan cara terbaik untuk mempersiapkan diri Anda menghadapi hari yang sukses.

Menyisihkan waktu 15 hingga 20 menit setiap pagi untuk bermeditasi, akan memastikan Anda meninggalkan rumah dengan pikiran yang lebih jernih daripada saat bangun tidur.

Masalah apa pun yang mungkin terbawa dari hari sebelumnya, yang masih Anda pikirkan saat bersiap. Dapat diredakan dengan meditasi pagi. Anda akan menenangkan dan menjernihkan pikiran sehingga siap menghadapi hari.

Meditasi diketahui dapat mengurangi stres , depresi, dan kecemasan. Jadi jika Anda menderita salah satu penyakit ini, duduk bermeditasi setiap pagi akan lebih membantu Anda.
Jika Anda bermeditasi terlebih dahulu, maka Anda akan membawa ketenangan dan kejernihan sepanjang sisa pagi Anda. Jika Anda memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan hari itu, Anda akan lebih bisa fokus padanya dan menyelesaikan pekerjaan yang berkualitas”
Kemungkinan besar Anda akan mendapatkan perjalanan kerja yang lancar dan hari yang lebih produktif. Dengan perspektif jelas yang dihasilkan melalui meditasi, Anda tidak akan terlalu rentan terhadap kesalahan, lebih efisien, dan waspada.

Terlebih lagi, masalah apa pun yang Anda temui hari itu; kekhawatiran kecil apa pun yang muncul di benak Anda. Bisa diredakan lagi dengan meditasi besok pagi.

Meditasi pagi yang konsisten memungkinkan Anda berfungsi sebagai diri terbaik Anda, setiap hari.

2 Tips untuk membantu Anda bermeditasi di pagi hari

Berlatihlah sejak dini dalam rutinitas Anda 

Orang-orang bermeditasi pada waktu yang berbeda-beda. Saya sendiri sudah mencobanya dan dapat mengatakan bahwa pagi hari adalah yang paling efektif bagi saya. 

Tapi 3 jam pagi hari adalah waktu yang luas, kapan tepatnya saya bermeditasi?
Saya selalu mencoba memulai meditasi saya dalam jam pertama hari saya. Saya bangun, minum segelas air dan kemudian sarapan sambil bermain sesuatu.”
Umumnya dibutuhkan waktu sekitar 45 menit dan setelah itu saya akan duduk bermeditasi sebelum mandi, berpakaian, dll.  

Dengan begitu saya mencapai keseimbangan yang bagus. Saya telah memberi diri saya cukup waktu untuk bangun. Aku sudah tidak merasa grogi lagi tapi aku juga belum sepenuhnya waspada. Hal ini membuat saya merasa lebih mudah untuk fokus pada meditasi.

Jika saya berlatih segera setelah bangun tidur, pikiran saya masih tertidur dan saya tidak dapat berkonsentrasi. Jika saya berlatih setelah mandi, saya terlalu terjaga. Karena bersemangat dan bersemangat untuk pergi, saya merasa sulit bagi pikiran saya untuk melakukan aktivitas yang tenang.

Duduk dalam posisi teratai atau setengah teratai

Jika Anda cukup fleksibel, saya sarankan duduk dengan cara ini. 

Berbaring atau duduk di kursi tidak masalah. Itu tidak akan membahayakan latihanmu. Namun postur teratai akan mempermudah Anda jika Anda bisa mengaturnya.

Saya hanya bisa duduk setengah teratai tetapi masih berfungsi dengan baik dalam posisi stabil. 

Sekali lagi ini tentang keseimbangan. Saya merasa terlalu mudah untuk tertidur jika saya berbaring dan terlalu tidak nyaman jika saya hanya duduk di lantai seperti biasa.

Setengah teratai cukup nyaman untuk diduduki, cukup stabil untuk dipegang, dan cukup kaku untuk membuat Anda tetap terjaga.

6. Mandi air dingin

Ini bisa menjadi hal yang sulit, terutama di musim dingin. Namun mandi air dingin sebelum keluar rumah setiap pagi memiliki banyak manfaat.

Pertama dan terpenting, ini akan membangunkan Anda.

Kejutan air dingin akan menghilangkan rasa kantuk yang berkepanjangan dalam hitungan detik. Ini segera membuat jantung Anda terpompa dan darah Anda mengalir.

Anda juga mulai mengambil lebih banyak oksigen saat Anda bernapas lebih cepat dan lebih dalam. Meski begitu berhati-hatilah agar tidak bernapas secara tidak terkendali. Cobalah untuk menenangkan dan mengontrol napas. Ini juga akan membantu Anda mengatasi flu.

Yang terbaik adalah membangunnya secara bertahap. Mulailah dengan mandi air hangat dan akhiri mandi dengan air dingin selama 10 detik. Tambahkan lima detik suhu dingin setiap hari hingga Anda dapat melakukannya setidaknya satu menit.

Manfaat lain dari mandi air dingin antara lain:

  • Peningkatan Tingkat Pemulihan
  • Mengurangi Kecemasan
  • Mengurangi Depresi
  • Peningkatan Ketahanan Dingin
  • Fokus Lebih Baik
  • Peningkatan suasana hati
  • Berbagai Manfaat Kesehatan Fisik 

7. Rapikan Tempat Tidur Anda

Ini adalah nasihat yang sangat sederhana namun kuat.

Rapikan tempat tidur Anda setiap pagi.

Faktanya, Anda harus merapikan seluruh rumah sebelum meninggalkannya setiap hari.

Jika kamu ingin mengubah dunia, mulailah dengan membereskan tempat tidurmu.”

Ada tiga alasan untuk ini.

Pertama, Anda sudah dewasa. Maksudku, ayolah.

Kedua, kesuksesan dimulai dari hal kecil. Tindakan kecil yang membangun kebiasaan dan karakter
Merapikan tempat tidur berarti Anda memulai hari dengan benar. Melakukannya terus-menerus akan menumbuhkan disiplin. Disiplin dan tindakan sederhana merapikan tempat tidur setiap pagi akan meresap ke dalam sisa hidup Anda.”
Merapikan tempat tidur berarti Anda memulai hari dengan benar. Melakukannya terus-menerus akan menumbuhkan disiplin. Disiplin dan tindakan sederhana merapikan tempat tidur setiap pagi akan meresap ke dalam sisa hidup Anda.

Namun jika Anda merapikan tempat itu pagi ini, Anda kini memiliki ruangan yang bersih dan menenangkan untuk bersantai. 

Lingkungan tempat tinggal Anda merupakan faktor penting dalam suasana hati Anda. Jadi memastikan lingkungannya bersih selagi Anda punya energi untuk mewujudkannya, selalu merupakan praktik yang baik.

Nah, itulah tujuh tips agar rutinitas pagi Anda berhasil. 

Ada banyak kebiasaan sehat lainnya yang dapat Anda coba di pagi hari, beberapa di antaranya adalah bangun di pagi hari.

Pagi hari bisa menjadi waktu yang menyenangkan jika Anda mengendalikannya.

Dan dengan mengendalikan pagi hari, Anda mungkin mulai mengendalikan hidup Anda.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url