Panduan Cara dan Tips Menulis Blog yang Baik dan Menarik! Berikut Ulasanya

Sebagai wadah untuk menulis, Blog juga merupakan media bagi seseorang untuk mengekpresikan diri dari karya berupa tulisan. Tak hanya itu, blog juga memiliki berbagai fungsi diantaranya,

  • Menulis keseharian 
  • Membagikan opini
  • Personal Branding
  • Media Promosi
  • eCommerce
  • Dll.
Namun, untuk mencapai hasil yang memuaskan, tentunya kamu harus dituntut untuk bisa menulis konten blog yang bagus dan menarik. Nah, bagaimana cara menulis blog yang baik dan menarik agar bisa mendatangkan keuntungan? Simak tips dan trik berikut!

1. Pahami Apa yang Akan Anda Ditulis

Sebelum mulai menulis, pastikan Anda telah memahami apa yang akan Anda tulis. Jika topik yang akan dibahas pernah dibahas pada artikel lain, Anda dapat membaca artikel tersebut untuk menambah pengetahuan Anda. 

Selain itu, Anda juga dapat membuat outline penulisan pada buku catatan Anda tentang bagaimana Anda akan membuat artikel di blog Anda.

2. Tentukan Passion Menulis Anda

Menentukan passion menulis adalah langkah yang penting ketika Anda ingin membuat sebuah tulisan Misalnya, Anda gemar dengan Travelling maka dapat diterapkan pada tulisan Anda. Begitu juga dengan beberapa jenis passion lainnya.

Kebanyakan dari para blogger atau penulis lainnya menggunakan passion mereka di dalam tulisan. Sehingga penulisannya juga menarik pembaca. Tidakhanya menarik perhatian pembaca, yang utama adalah  pembaca betah berlama-lama membaca tulisan Anda.

3. Memperhatikan Gaya Penulisan Anda

Cara menulis artikel di blog selanjutnya yang tidak kalah penting untuk kamu perhatikan adalah dengan memperhatikan gaya penulisan. Pada awal menulis, kamu bisa menulis dengan bebas dan mengeluarkan ide-ide tulisan.

Setelah itu, baca kembali tulisan yang telah diketik dan sesuaikan gaya bahasa dan gaya penulisan. Jika tulisan artikel tersebut merupakan sebuah berita, sesuaikan dengan kaidah-kaidah jurnalistik. Jika tulisan tersebut merupakan sebuah content, kamu harus menyesuaikan poin-poin SEO dalam tulisanmu.

Ingat, hal ini penting untuk memperhatikan artikel sesuai dengan peruntukannya.

4. Memperhatikan Penulisan

Cara menulis blog yang Benar dan menarik adalah dengan tidak asal tulis. Saat mulai, keluarkan saja ide yang ingin kamu tuangkan sebebas-bebasnya. Setelah itu, ambil waktu sejenak lalu mulai edit tulisan.

Meski blog bukan tugas sekolah atau kerja, penulisan sesuai kaedah bahasa atau EYD akan membuatnya lebih enak dibaca. Lebih baik lagi kalau kamu punya tone khas dalam tulisanmu, seperti satir atau komedi.

5.Teruslah Menulis dengan Konsisten

Tips menulis artikel di blog yang wajib kamu perhatikan terakhir adalah menulis dengan konsisten.

Buatlah dirimu untuk selalu menulis secara konsisten. Minimal dalam seharinya satu atau dua artikel yang dihasilkan. Sesuaikan menulis dan latihan menulis dengan konsisten sesuaikan dengan planning blog yang telah kamu tentukan.

Dengan begitu, latikan menulismu dapat sejalan dengan planning blog secara keseluruhan. Tentu saja hal ini akan sangat bermanfaat untuk kebaikan perkembangan blogmu dan kemampuan menulismu.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips mengenai cara menulis blog yang baik dan menarik. Apabila dikelola dengan maksimal, blog bisa jadi media yang menghasilkan. Begitu pengunjungnya sudah banyak, stabil, serta dikenal banyak kalangan, biasanya pihak-pihak eksternal tidak akan keberatan meminta kamu membuat postingan berbayar.

Kamu pun bisa mulai pasang iklan atau buat afiliasi untuk dapat komisi setiap kali link iklan dan afiliasi tersebut di-klik.

Lumayan banget kan?

Ayo menulis!
Next Post Previous Post
1 Comments
  • Endorsin.com
    Endorsin.com 16 October 2023 at 16:32

    keren nih tulisannya, nice post bro.

Add Comment
comment url