Panduan Lengakap Cara Buat Penghasilan Anda Sendiri di Instagram 2023

Anda tidak dapat menelusuri feed Instagram Anda tanpa melihat pembuat konten favorit Anda?

Ingin mempromosikan produk, baik produk mereka sendiri maupun produk dari merek lain?

Pernah bertanya-tanya apakah Bisa bisa ikut serta dalam aksi ini?

Meskipun akun selebriti dengan kinerja terbaik dapat menghasilkan 7 digit untuk postingan yang di promosikan, Anda tidak memerlukan jutaan pengikut mereka untuk mendapatkan uang di Instagram.

Faktanya pembuat Instagram dengan sedikit nya 1000 pengikut memiliki banyak opsi untuk memonetisasi. Baik Anda membangun kerajaan sosial media dengan juta-an pengikut atau mendapatkan uang tambahan melalui pekerjaan sampingan yang menguntungkan, menghasilkan uang di Instagram lebih mudah dari yang anda kira.

Panduan ini akan mengajari Anda cara menghasilkan uang di Instagram, dengan tujuha ide yang bisa di capai mulai dari pemasaran afiliasi hingga menjual merchandise untuk merek pribadi Anda. 

Selain itu, dapatkan inspirasi dari contoh kreator yang mendominasi dunia.

Berikut ini beberapa panduan cara menghasilkan uang tambahan di Instagram.

1. Berkolaborasi dengan merek pada konten bersponsor

Influencer Instagram adalah pencipta atau selebrits yang memiliki pengaruh pada basis penggemar dan pengikut setia. Bagi audiens my influencer adalah penentu selera, Pencipta tren, dan pakar terpercaya dalam bidang keahlian atau pengaruhnya.

Merek sering kali tidak dapat meniru keaslian orang sungguhan yang membagikan momen nyata.

Sebaliknya, mereka memanfaatkan pengaruh ini dengan bermitra dengan pembuat konten yang terverifikasi di Instagran dan memiliki audiens yang sesuai dengan target pelanggan mereka.

Mereka membayar influencer untuk konten bersponsor dimana sang pembuat konten mempromosikan konten dalam Akun Instagramnya. Baik itu berupa Instagram Stories, postingan, ataupun Reels.

Jika Anda mengandalkan pemasaran Instagram untuk mendapatkan penghasilan, selektiflah dalam memilih merek yang bekerja sama agar tidak mengasingkan audiens Anda.

Demikian pula, merek harus selektif dalam menentukan pembuat konten Instagram yang bekerja sama dengan mereka untuk memastikan Adanya kesesuaian dengan nilai dan audiens.

Memahami apa yang harus digunakan sebagai influencer Instagram
Biasanya, kontrak influencer melibatkan pembuatan konten berupa postingan atau cerita yang berfungsi sebagai iklan Instagram untuk merek. Dan terkadang menyertakan izin bagi merek untuk mengunakan konten tersebut untuk tujuan nya sendiri. (seperti halnya iklan dalam Platform lain.)

Sebagai imbalan atas pemasaran Instagram ini, biasanya influencer akan menerima bayaran, produk atau layanan gratis dan masih banyak lagi.

Adapun negosiasi untuk harga dan kontrak untuk para influencer Instagram - nanti kita bahas disini.
Menentukan merek yang tepat untuk berkolaborasi.

Jika anda memiliki pengaruh yang cukup di Instagram, kemungkinan merek besar akan menemukan Anda dan menawarkan penawaran sponsorship. Dan itu pasti!

Ada baiknya Anda harus cermat dalam menentukan merek apa yang akan anda ambil sebagai bentuk kerjasama.

Biasanya, bagi sejumlah merek besar tentu memiliki aturan berbeda-beda terkait konten bersponsor, tetapi untuk amannya dan menghormati audiens Anda, pertimbangan untuk menambahkan hashtag #sponsored untuk menunjukan konten bersponsor.

Dalam hal ini, Anda dapat menemukan contoh postingan bersponsor dan cara membuatnya.

Instagram akan mengintegrasikan merek kedalam stories atau teks mereka dengan mencari hashtag #sponsored di Instagram.

Berikut ini contoh kemitraan antara pasangan influencer dengan salah satu brand merek terkenal.


Instagram juga memiliki tag kemitraan berbayar yang secara jelas mengidentifikasi postingan bersponsor di bagian atas konten.

2. Buka toko e-niaga Anda sendiri

Semua jenis konten berada dalam posisi yang baik untuk menjual produk mereka sendiri, bukan hanya produk dari merek lain. Barang fisik, layanan, atau barang digital dapat menjadi perpanjangan dari merek pembuat konten, menawarkan nilai kepada audiens dan memungkin mereka membeli salah satu toko online favorit mereka.

Batasan antara pencipta dan wirausaha semakin pudar, dengan semakin banyak orang yang ingin mandiri dan menghasilkan uang dari kerajinan mereka.

Beberapa pilihan juga tersedia untuk menjual produk dan layanan secara online contoh nya sebagai berikut:

Jual jasa seperti fotografi atau konsultasi dengan mengarahkan pengguna Instagram ke website profesional Anda.

Tawarkan produk digital seperti kursus online, suara, ebook, atau preset desain.
Jual produk asli Anda Sendiri dan kirimkan sendiri atau melalui gudang pemenuhan.

Gunakan dropshipping untuk menjual produk tanpa harus mengelola inventaris dan pengiriman.

Tips: membuat produk khusus dari awal bisa menjadi proses yang panjang, mulai dari pengembangan dan desain produk hingga branding, pengiriman, dan produksi. Untuk cara lebih mudah dalan menjual produk kepada penggemar, lanjutan ke ide berikut nya.

3. Rancang merchandise untuk merek pribadi Anda

Kemampuan ( pembuat konten ) untuk menjual produk sangatlah wajar karena banyaknya konten memungkinkan mereka memiliki momen untuk memasarkan produk mereka " kata Chris Vaccarino pendiri Fanjoy. Fanjoy adalah bisnis yang membantu pembuat konten dengan mudah memproduksi dan menjual merchandise kepada penggemar.

Cara ini berarti Anda tidak perlu membuat merek dan produk tersendiri dari awal. Anda hanya perlu membuat desain yang relevan dan mencetaknya padt merchandise seperti mug, kaos oblong, dan art print menggunakan mitra percetakan.

Berikut ini ada beberapa cara untuk membuat dan menjual merchandise Anda Sendiri.

Gunakan layanan print on demand untuk mencetak dan mengirimkan produk Anda langsung ke pengemar.

Beri label putih pada produk yang sudah ada dengan merek pribadi Anda. Ini harus berupa produk yang berhubungan dengan merek atau konten Anda.

Buatlah merchandise Anda sendiri, misalnya dengan sablon kaos dengan desain Anda sendiri.

4. Menjadi pemasar afiliasi

Pemasar afiliasi adalah pembuat atau penerbit yang membagikan tautan unik ke merek dan produk, menerima komisi setiap kali klik tersebut menghasilkan penjualan.

Merek menyediakan tautan yang dapat dilacak atau kode promo unik untuk mengatribusikan tautan ke pembuat konten.

Meskipun influencer sering kali menerima bayaran tetap untuk eksposur, afiliasi menghasilkan uang hanya jika upaya mereka berkontribusi pada penjualan.

Gunakan campuran link di bio Instagram Anda , di Instagram Stories, dan di halaman link-in-bio Anda (dengan cara ini Anda dapat mempromosikan beberapa merek).

Anda juga dapat membagikan kode promo di keterangan postingan (karena link tidak diperbolehkan) untuk menciptakan lebih banyak peluang dalam meraih penjualan.

Influencer kebugaran Instagram Caullen Hudson mempromosikan beberapa merek, seperti MVMT , dalam kontennya, mendorong pengguna Instagram ke halaman link-in-bio-nya, tempat tautan afiliasinya berada.

Program afiliasi adalah sistem yang disiapkan oleh merek untuk mengelola detail hubungan afiliasi mereka dengan pengguna Instagram.

Dekati merek dengan program afiliasi secara langsung atau coba pasar afiliasi populer seperti berikut:

Rakuten Advertising adalah jaringan afiliasi populer dengan pengiklan yang diperiksa secara cermat dan struktur pembayaran mingguan.

LTK adalah jaringan influencer mode dan gaya hidup khusus undangan yang menawarkan akses ke lebih dari 5.000 merek.

Amazon Associates adalah opsi populer yang memberikan komisi 10% untuk penjualan yang memenuhi syarat.

Kiat: Gunakan penyingkat URL seperti Bitly untuk memperpendek tautan afiliasi , terutama jika Anda menggunakannya di bio Instagram Anda .

5. Aktifkan fitur Instagram Shop

Penjualan di media sosial terus berkembang, dengan semakin banyak pengguna media sosial yang beralih ke platform favorit mereka untuk menemukan dan membeli produk.

Ini adalah kabar baik bagi merek dan pembuat e-niaga yang kini dapat menjangkau pengikut dan penggemar Instagram di tempat mereka berkumpul.

Instagram Shop menyertakan sejumlah fitur asli yang memungkinkan penjualan sosial.
“Tag Belanja Instagram sangat efektif dan lebih dari 130 juta orang mengetuk tag belanja setiap bulannya karena tag ini memungkinkan orang beralih dari inspirasi produk ke informasi produk hanya dalam beberapa ketukan,” kata Taylor Loren, direktur pemasaran di Later.

Semuanya dimulai dengan toko Instagram etalase yang berada di depan dan di tengah akun Instagram Anda. Setelah mengklik tombol yang menonjol di halaman profil Anda, Instagram mengarahkan pengguna ke pengalaman yang lancar bagi pembeli untuk menelusuri dan membeli produk Anda.

Merek pakaian Miracle Eye memiliki situs web mandiri, tetapi juga menggunakan toko Instagram untuk memberikan akses satu ketukan kepada penggemar ke koleksinya.

Anda dapat menyesuaikan toko Anda dengan membuat koleksi atau mengkurasi produk ke dalam tema atau acara pemberian hadiah. Pikirkan: pendatang baru, hadiah untuk Ibu, dekorasi liburan, kesenangan musim panas, dll.

Toko Instagram Anda adalah versi mini dari toko online Anda yang menyertakan gambar produk, harga, dan deskripsi yang mirip dengan situs web Anda.

Di sini, pengguna Instagram memiliki opsi untuk membeli langsung dari platformnya.
Anda dapat menyesuaikan toko Anda dengan membuat koleksi atau mengkurasi produk ke dalam tema atau acara pemberian hadiah.

Pikirkan tentang hal: pendatang baru, hadiah untuk Ibu, dekorasi liburan, kesenangan musim panas, dll. Toko Instagram Anda adalah versi mini dari toko online Anda yang menyertakan gambar produk, harga, dan deskripsi yang mirip dengan situs web Anda. Di sini, pengguna Instagram memiliki opsi untuk membeli langsung dari platformnya.

6. Jual foto atau karya seni Anda secara online

Meskipun video dan fitur lainnya semakin populer, pada intinya, Instagram adalah aplikasi berbagi foto. Ini menjadikannya tempat yang bagus bagi seniman dan fotografer untuk memonetisasi akun Instagram mereka dengan menjual cetakan dan aslinya.

Ada beberapa cara untuk melakukan ini:
Gunakan pasar penjualan foto seperti 500px dan tautkan halaman Anda di bio Anda.

Jual foto Anda atau jual karya seni sebagai asli atau cetakan melalui toko online Anda sendiri dan tautkan ke bio Instagram Anda.
Jual barang-barang tersebut langsung di Instagram menggunakan fitur Instagram Shopping.

Lisensikan karya Anda di situs stok gambar dan dorong bisnis ke karya Anda menggunakan Instagram.

Gunakan layanan print-on-demand seperti Printful dan Teelaunch untuk mencetak foto atau karya seni pada barang-barang seperti tas jinjing, mug, dan kaos. Promosikan ini di konten Instagram Anda.

Artis Adam Spychala menggunakan akun Instagram-nya untuk mendorong pengikut ke toko online-nya, tempat ia menjual cetakan karyanya.

Selama streaming langsung di Instagram, pemirsa dapat membeli “lencana” (ikon dengan nilai uang yang bervariasi) yang membayar pembuat konten secara langsung dan membuka fitur untuk pemirsa.

Pengguna Instagram dapat membeli lencana dengan kelipatan 99¢, $1,99, dan $4,99 untuk mendukung karya pembuat konten.

7.Dapatkan lencana langsung dari pengemar

Lencana Instagram Live seperti tips yang Anda terima dari penggemar untuk menciptakan nilai dan menghasilkan konten yang mereka sukai. Jika Anda familiar dengan fitur berbasis tip di Twitch dan TikTok , Anda siap untuk mulai menghasilkan uang di Instagram hanya dengan menjadi diri Anda sendiri!

Selama streaming langsung di Instagram, pemirsa dapat membeli “lencana” (ikon dengan nilai uang yang bervariasi) yang membayar pembuat konten secara langsung dan membuka fitur untuk pemirsa.

Pengguna Instagram dapat membeli lencana dengan kelipatan 99¢, $1,99, dan $4,99 untuk mendukung karya pembuat konten.

8. Tawarkan Langganan Berbayar

Setelah penggemar terpikat pada konten Anda, tawarkan mereka kesempatan untuk terlibat dengan konten eksklusif, hanya untuk pelanggan yang membayar.

Program berlangganan Instagram sendiri terbuka untuk kreator AS berusia di atas 18 tahun yang memiliki lebih dari 10.000 pelanggan.

Anda juga dapat menggunakan alat pihak ketiga seperti Patreon untuk mendapatkan uang di Instagram dari langganan. Substack adalah opsi berlangganan lainnya jika Anda ingin memulai buletin khusus penggemar untuk menemani halaman Instagram Anda. Atau, Anda bahkan dapat membuka toko online Anda untuk menawarkan konten unik bagi pelanggan berbayar yang masuk. 

Opsi ini menawarkan Anda kesempatan untuk membangun daftar email dan memiliki audiens di luar platform.
Pencipta Aliza Kelly mempromosikan langganan Substack dan langganan komunitas berbayarnya, The Constellation Club, di halaman Instagram populernya.

9. Jual Barang Bekas

Jika Anda bukan seorang influencer tetapi ingin menghasilkan uang di Instagram, pertimbangkan untuk menggunakan platform ini untuk menjual barang-barang lama. Baik itu furnitur yang sudah jadi, pakaian bekas yang tidak lagi Anda pakai, atau barang bekas antik, Anda bisa mendapatkan penghasilan sampingan dengan menjualnya di Instagram.

Rapikan rumah Anda atau mulai bisnis pakaian vintage untuk menguji kemampuannya sebelum membuka toko Anda sendiri.

Pengecer barang antik kecil sering kali menggunakan Instagram seperti pasar penjualan kembali lokal, meminta pengikutnya mengirimkan DM untuk membeli produk, lalu mengatur pengiriman lokal.

Menghasilkan uang di Instagram tidak selalu tentang berapa banyak pengikut yang Anda miliki. Metode yang paling sesuai untuk Anda akan bergantung pada merek unik konten Instagram Anda, target audiens, dan komitmen Anda.

Gunakan beberapa ide untuk menghasilkan potensi penghasilan Anda.
Penting!
Sebelum mendalami ide ini, pastikan Anda memiliki akun Instagram yang aktif. Dan beberapa cara ini juga menggunakan akun Instagram business.

Tingkatan dan tarif influencer Instagram
Ada sejumlah faktor yang menentukan seberapa besar penghasilan seorang influencer Instagram.

Meskipun beberapa influencer kecil akan bekerja dengan merek hanya dengan produk gratis, beberapa akun selebriti dapat menghasilkan jutaan dolar untuk satu postingan.

Sebagai pedoman umum, influencer Instagram termasuk dalam salah satu dari lima tingkatan berdasarkan jumlah pengikut. Tarif yang mereka tarik secara langsung sesuai dengan angka-angka ini. Tingkatannya adalah:

  • Nano-influencer : 1.000–10.000 pengikut ($10–$100 per postingan)
  • Influencer tingkat menengah : 50.000–500.000 pengikut ($500–$5.000 per postingan)
  • Mega-influencer : 1 juta+ pengikut ($10.000–$1 juta+ per postingan


Berapa banyak pengikut yang Anda perlukan untuk menghasilkan uang?
Seorang nano influencer dapat menghasilkan uang di Instagram hanya dengan 1.000 pengikut.

Namun, akun pengikut bukanlah segalanya. Jumlah uang yang Anda hasilkan di Instagram bergantung pada beberapa faktor lain, termasuk:

  • Tingkat keterlibatan postingan Instagram Anda (Berapa banyak pengikut terlibat yang Anda miliki dan seberapa setia penggemar Anda?)
  • Tarif komisi pemasaran afiliasi
  • Kontrak merek (Apa saja penawaran khas mereka?)
  • Niche (Apakah Anda memiliki audiens yang unik? Apakah niche Anda populer atau sangat dicari oleh merek?)
  • Jumlah aliran monetisasi yang Anda lakukan (Apakah Anda menjual merchandise dan juga menerima kesepakatan merek?)


Anda dapat menghasilkan banyak uang di Instagram meskipun jumlah pengikut Anda lebih sedikit. Hal ini karena merek juga menghargai akses ke audiens khusus yang sangat terlibat dan selaras dengan target pelanggan mereka.

Ubah akun Instagram Anda menjadi ladang penghasilan

Tidak ada kekurangan cara untuk menghasilkan uang secara online dengan banyaknya alat dan saluran yang tersedia bagi para pembuat konten saat ini.

Instagram sendiri memiliki beberapa opsi monetisasi yang memungkinkan influencer, pembuat konten, dan artis memperoleh penghasilan melalui platform tersebut.

Untuk mulai menghasilkan uang menggunakan ide-ide yang dibahas dalam artikel ini, berusahalah untuk mengembangkan konten konsisten yang menarik dan ingin dilihat orang.

Ini adalah cara terbaik untuk menumbuhkan pemirsa setia yang pada akhirnya dapat Anda monetisasi. Bangun merek Anda, siapkan toko Instagram, dan temukan cara menarik untuk menghasilkan uang di Instagram!

Pertanyaan umum cara menghasilkan uang di Instagram

Bisakah Anda dibayar di Instagram?

Ya, Anda bisa mendapatkan bayaran di Instagram. Jika Anda sedang mencari cara menghasilkan uang di Instagram, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:
Berkolaborasi dengan merek pada postingan bersponsor

Menjadi pemasar afiliasi

Mendorong lalu lintas ke situs merek Anda sendiri

Membuat toko Instagram

Jual foto atau karya seni Anda sebagai cetakan

Berapa banyak pengikut Instagram yang Anda perlukan untuk menghasilkan uang?

Berapa banyak pengikut Instagram yang Anda miliki dapat berdampak langsung pada penghasilan Anda.

Meskipun Instagrammer papan atas menghasilkan ribuan dolar per postingan, bahkan mereka yang memiliki 1.000 pengikut kecil namun aktif memiliki potensi untuk mulai menghasilkan uang.

Membangun akun Anda menjadi lebih mudah dengan semakin banyaknya daftar alat Instagram yang dapat membantu dalam segala hal mulai dari membuat konten hingga menjual produk.

Untuk menghasilkan uang di Instagram, tarif juga ditentukan oleh keterlibatan, kualitas konten, pengenalan nama, demografi audiens, dan keahlian.

Standarnya adalah $10 per 1.000 pengikut, tetapi dapat bervariasi tergantung pada kontrak dan sponsor Anda, dan semakin banyak pengikut yang Anda miliki, semakin besar potensi penghasilan Anda.

Apakah Instagram membayar Anda untuk suka?

Tidak, Instagram tidak membayar pengguna untuk mendapatkan suka.

Instagram adalah platform media sosial tempat pengguna dapat berbagi foto dan video dengan pengikutnya.

Suka di Instagram hanyalah cara bagi pengguna untuk menunjukkan apresiasi atau dukungan terhadap sebuah postingan. Meskipun memiliki banyak suka berpotensi meningkatkan visibilitas dan keterlibatan, Anda tidak bisa langsung menghasilkan uang di Instagram melalui suka.

Bagaimana cara pemula menghasilkan uang di Instagram?

Pemula dapat menghasilkan uang di Instagram dengan berfokus pada pembuatan konten hebat untuk menarik pengikut.

Setelah Anda memiliki sekitar 1.000 pengikut, Anda akan memiliki cukup banyak audiens untuk menjual produk. Tambahkan URL toko online Anda ke bio Instagram Anda atau coba pemasaran afiliasi.

Setelah Anda menjadi seorang profesional, buatlah akun bisnis atau akun kreator.

Bagaimana cara mendaftar akun bisnis Instagram?

Untuk menghasilkan uang di Instagram, Anda sering kali perlu mendaftar akun bisnis.

Menyiapkan toko Instagram dan menempatkan tag produk di iklan memerlukan peningkatan ini.

Kabar baiknya adalah hal ini sederhana. Untuk menyiapkan akun bisnis, buka menu di sudut kanan atas dan ketuk “Pengaturan dan privasi.” Di bawah “Jenis dan alat akun” Anda akan menemukan opsi “Beralih ke akun profesional.” Ketuk ini dan selesaikab proses pengaturan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url