WordPress VS Blogspot Mana Yang Lebih Baik Untuk Memulai Blogging?


Salah satu yang sering menjadi pertanyaan umum bagi para blogger yang ingin membangun sebuah blog atau website adalah  "Mana yang lebih baik Blogspot atau Wordpress?"

Jika keduanya memiliki reputasi yang baik lantas manakah yang harus di pilih? Wordpress atau Blogspot?

Sebenenarnya ini bukan tentang mana yang lebih baik antara Wordpress ataupun Blogspot, walaupun sebenarnya 2 platform tersebut memiliki ke populeran yang sama. Akan tetapi dari kedua platfrom  tersebut tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Tapi sebelum itu, mari kita cari tau apa itu Wordpress dan Blogspot

Wordpress dan Blogspot adalah flatform untuk menulis sebuah blog atapun website dengan istilah blogging yang mana memiliki fitur dan bawaan yang berbeda.

Nah, di artikel kali ini saya akan membahas mana kah yang lebih baik Wordpress atau Blogspot.

Wordpress VS Blogspot

Seperti yang kita ketahui jika kedua platform tersebut memiliki reputasi yang baik untuk nge-blog ataupun untuk sebuah website, maka dari itu saya akan bahas satu persatu mengenai 2 platform tersebut.

Wordpress

WordPress menjadi salah satu CMS populer yang banyak digunakan oleh sebagian website di dunia. Platform ini mempunyai banyak fitur yang bisa digunakan untuk membangun website apapun.

wordpress logo

Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah membangun sebuah blog, website toko online, website edukasi, forum, dan sebagainya dengan bantuan plugin yang ada.

Tidak hanya itu, WordPress juga terkenal dengan fiturnya yang mudah untuk digunakan dan dipelajari apalagi bagi kamu yang ingin membangun sebuah blog ataupun website.

Gimana sudah ada gambaran dong tentang Wordpress?

Nah, Manariknya lagi dari Wordpress yaitu memiliki dua versi WordPress.com dan juga WordPress.org

Mari kita bahas!

WordPress.com adalah platform yang bisa digunakan untuk membuat blog atau website secara gratis, tentunya dengan sumber daya yang dibatasi.

Anda hanya perlu membuat akun dan menentukan domain dengan subdomain WordPress (.wordpress.com), memilih template yang Anda inginkan, kemudian blog pun sudah bisa digunakan.

Namun, tentu ada banyak batasan yang akan Anda temui saat menggunakan platform ini. Seperti halnya Anda tidak bisa menggunakan plugin maupun melacak statistik pengunjung dari blog Anda.

Jika Anda ingin platform CMS yang lebih baik, WordPress self-hosted atau WordPress.org adalah solusinya. 

Platform ini lebih fleksibel dibandingkan dengan versi .com dan juga Blogspot. Dengan WordPress.org, Anda akan mendapatkan hak penuh untuk mengelola dan mengatur website dan blog Anda sesuai kebutuhan, termasuk mamasang plugin,template WordPress, dan masih banyak lagi.

Untuk bisa menggunakan dan menginstall WordPress.org,Tentu Anda harus mempunyai sebuah layanan hosting dan domain.

Blogspot

Blogspot merupakan situs untuk membuat blog secara gratis yang dikembangkan langsung Google bernama Blogger yang didirikan pertama kali pada tahun 1999.

image logo blogger

Meskipun nama platform blogging resminya adalah Blogger akan tetapi banyak orang yang mengenal platform ini dengan sebutan Blogspot.

Perlu di Ketahui!


Blogspot atau Blogger sendiri bisa digunakan secara gratis. Namun, tentunya blog gratis pada platform tersebut akan menggunakan subdomain .blogspot.com alih-alih sebuah custom domain seperti .com, .net, dan sejenisnya.

Berkat antarmuka yang intuitif dan ramah pengguna, Blogspot adalah salah satu platform yang paling tepat untuk orang yang pertama kali masuk ke dunia blog. Selain itu, karena Blogspot dimiliki oleh Google, maka semua fitur bawaan dan layanan ada di tangan Google.

Jadi... Anda tidak perlu khawatir tentang website dan juga pemeliharaan server. Namun, karena Blogspot dipantau secara langsung oleh Google, maka anda harus mematuhi segala kebijakan dari blogspot jika tidak website Anda akan langsung dihapus jika terbukti melanggar peraturan penggunaan blogspot.

Blogspot sendiri menjadi platform blogging yang sangat populer di era-nya apalagi pada tahun 2000-an banyak blogger mulai bermunculan seperti Travel Blogger dan Food Blogger dan beberapa komunitas blogger. Jumlahnya pun meningkat dengan sangat pesat.

Dengan begitu, jika Anda menggunakan layanan Blogspot itu berarti data Anda di Blogspot disimpan pada server Google. Sehingga fitur-fitur yang ada pada Blogspot terhubung dengan layanan Google lainnya seperti Google Ads, dan beberapa fitur lainya.

Setelah membahas pengertian dari kedua platform CMS tersebut, Nah,berikut ini adalah beberapa keunggulan yang dimiliki Blogspot dan WordPress diantaranya:

Wordpress Blogspot

Easy Learn
platform WordPress juga cukup mudah dipelajari untuk pemula. Bukan hanya dasbor intuitifnya, WordPress juga mempunyai dokumentasi resmi dan forum online untuk membantu segala masalah yang Anda temui.

Terintegrasi dengan Google
Blogspot sudah terintegrasi dengan produk Google lainnya. Ini berarti Anda bisa menikmati fitur-fitur Google pada saat memulai blogging.

Seo Friendly
berkat banyaknya plugin SEO yang tersedia, membuat website WordPress Anda lebih ramah SEO juga sangat mudah. Terlebih lagi, WordPress juga memiliki Yoast SEO, salah satu plugin SEO terbaik yang ada.
Free
Blogspot bisa digunakan tanpa harus membayar biaya sepeser pun. Anda tidak membutuhkan domain, hosting, dan lainnya untuk memulai sebuah blog. Mudah digunakan Anda bisa menjalankan blog melalui Blogspot dalam beberapa menit saja.
Fleksibel
WordPress adalah salah satu CMS platform paling fleksibel. Anda bisa membangun website dalam berbagai skala, mulai dari website blogging sampai toko online. Anda juga bisa dengan mudah menambahkan fitur tambahan melalui plugin.
Beginer friendly
Blogspot memang bisa dibilang sebagai platform yang ramah akan pemula karena mudah digunakan dan juga dinavigasi.
Mobile friendly
Blogspot bisa digunakan tanpa harus membayar biaya sepeser pun. Anda tidak membutuhkan domain, hosting, dan lainnya untuk memulai sebuah blog. Mudah digunakan — berkat dasbor yang intuitif dan juga wizard yang mudah digunakan, Anda bisa menjalankan blog melalui Blogspot dalam beberapa menit saja.
Custom domain
Anda juga memiliki pilihan untuk menggunakan nama domain sendiri untuk membuat blog terlihat lebih profesional.
Full akses fitur
dengan menggunakan WordPress, Anda mendapatkan kontrol penuh akan website dan blog. Anda bisa dengan mudah mengatur dan memodifikasi website sesuai kebutuhan.

Kesimpulan

Dari semua penjelasan diatas tentu Anda sudah mengetahui mana yang lebih baik untuk memulai blogging walaupun dari keduanya memiliki keunggulan yang berbeda.

Bagi Anda yang ingin menggunakan Blogspot, platform ini sangat cocok digunakan oleh pemula yang ingin memulai membuat website dan blog yang tidak memerlukan banyak sumber daya dan juga fitur tambahan. Apalagi bagi Anda yang ingin belajar coding Blogspot bisa menjadi pilihan yang tepat untuk belajar coding lho.

Sedangkan Wordpress lebih cocok digunakan oleh pengguna advanced yang ingin membuat website dan blog dengan banyak fitur dan juga template tambahan.

Sumber:
qwords.com/blog/blogspot-atau-wordpress/
Next Post Previous Post
2 Comments
  • Afid Arifin
    Afid Arifin 4 October 2023 at 10:33

    Menurut saya terlalu ramai gan.

    • Anonymous
      Anonymous 4 October 2023 at 16:14

      inisi ok

Add Comment
comment url