Panduan Lengkap: Cara Menjadi Pemasaran Afiliasi

Pemasaran afiliasi adalah industri bernilai miliaran rupiah dengan peluang profesional yang menarik bagi para pembuat konten. Ini juga merupakan cara umum bagi merek e-niaga untuk memasarkan produk dan layanan mereka. 

Dilansir dari laman resmi blog shopify, Penjualan e-niaga diperkirakan akan mencapai $6,3 triliun secara global pada tahun 2023. Data menunjukkan pemasaran afiliasi adalah pendorong penjualan e-niaga yang efektif, dengan 79% pemasar memanfaatkannya untuk keterlibatan pelanggan. 

Oleh sebab itu, saya akan berbagi postingan mengenai Cara Menjadi Pemasar Afiliasi yang gratis untuk di ikuti. Selain itu, Anda juga dapat beralih dari bisnis sampingan ke bisnis menguntungkan yang memberikan penghasilan pasif seiring berjalannya waktu. 

Merasa bingung dan tidak yakin harus mulai dari mana? Panduan pemula untuk pemasaran afiliasi ini akan membantu Anda memulai dan menjalankannya dengan cepat.

Pelajari semuanya mulai dari cara menemukan program afiliasi hingga cara kerja tautan afiliasi dan mulailah menghasilkan uang sebagai mitra afiliasi. 

Cara kerja pemasaran afiliasi

Afiliasi pemasaran adalah model penjualan di mana perusahaan membayar pihak ketiga untuk menjual produk atau layanan mereka. Jika Anda pernah mendengarkan podcast atau melihat influencer media sosial mempromosikan suatu produk, bisa jadi mereka adalah pemasar afiliasi.

Foto oleh Freepik
Sebagai imbalan untuk merekomendasikan produk atau layanan kepada audiens mereka sebagai bagian dari program afiliasi, mereka mungkin mendapat komisi dari setiap penjualan yang menghasilkan rujukan mereka.

Setelah Anda memilih program pemasaran afiliasi , Anda akan menerima tautan atau kode unik yang memungkinkan perusahaan melacak setiap pelanggan yang Anda kirimkan. Saat pelanggan membeli produk melalui tautan Anda, Anda mendapat komisi.

Anda juga dapat menemukan program afiliasi langsung melalui perusahaan atau melalui jaringan afiliasi seperti Shopee Afiliasi. Apapun itu, berikut cara kerja program afiliasi standar:

  • Anda mempromosikan Toko A di situs web, blog, atau jejaring sosial Anda.
  • Seseorang mengklik link unik Anda.
  • Mereka melakukan pembelian di Toko A.
  • Perusahaan atau jaringan afiliasi mencatat transaksi tersebut.
  • Pembelian dikonfirmasi oleh Toko A.
  • Anda menerima komisi.

Foto oleh Freepik

Bagaimana memulai pemasaran afiliasi?

1. Tentukan ceruk pasar

Ceruk adalah segmen pasar yang lebih besar yang ditentukan oleh karakteristik uniknya. Ini menjadi spesialisasi Anda dan topik yang membuat orang mengenal Anda. Blogging perjalanan akan menjadi ceruk pemasaran afiliasi, seperti halnya perawatan hewan peliharaan atau rumah mungil.

Relung pemasaran afiliasi teratas yang ditemukan oleh platform analisis data Coupler adalah:

  1. Teknologi
  2. Membangun kekayaan
  3. Kesehatan dan kebugaran
  4. Fashion dan kecantikan
  5. Gaya hidup

Tentu saja ini bukan satu-satunya pilihan Anda. Ada ratusan pilihan yang tersedia . Jadi, bagaimana cara Anda menemukan ceruk menguntungkan yang menarik minat Anda? Pertimbangkan hal berikut:

Apakah Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang niche tersebut? Anda pasti ingin menjadi ahli dalam topik Anda seiring waktu dengan terus belajar dan mengikuti tren.

Pemasar afiliasi sering kali memiliki pelatihan atau pengalaman khusus di bidang tertentu. Hal ini memberi mereka cara baru untuk menyajikan informasi dan membantu orang memecahkan masalah.

Apakah ini menguntungkan? Jalankan pencarian cepat di Google, riset kompetisi, dan baca laporan pasar untuk melihat seberapa populer niche Anda. 

Tujuannya adalah memilih niche yang Anda sukai. Anda tidak akan menghasilkan enam digit dalam semalam. Menjalankan bisnis afiliasi membutuhkan komitmen dan waktu. Jika Anda sudah menikmati melakukannya, kemungkinan besar Anda akan terus melakukannya meskipun ada banyak uang yang masuk.

2. Pilih platform afiliasi Anda

Langkah selanjutnya adalah mempertimbangkan platform apa yang akan Anda gunakan untuk bisnis Anda . Setiap pemasar afiliasi memiliki platform dan pendekatan yang berbeda.

Misalnya, meskipun saya memiliki akun Instagram, blog saya adalah sumber pendapatan utamanya. Afiliasi lain hanya fokus pada Instagram atau TikTok untuk mendapatkan komisi afiliasi. 

Ada dua metode utama yang dapat dipilih sebagai pemula:

1. Topik khusus atau situs ulasan produk

Situs-situs ini mengulas produk perusahaan untuk audiens tertentu dan membandingkan produk satu sama lain. Mereka juga dapat menerbitkan panduan pembeli dan tutorial produk untuk membantu pembeli membuat keputusan pembelian, seperti situs Wirecutter The New York Times.

2. Konten digital

Pembuat konten termasuk blogger, influencer media sosial, dan YouTuber. Mereka terus-menerus menerbitkan konten yang sesuai dengan audiens mereka untuk mendapatkan pengaruh dan mendorong klik. 

Contoh yang bagus adalah bagaimana blog saya berfokus pada pekerja lepas. Dan secara teratur menerbitkan konten baru yang berkaitan dengan pekerjaan lepas untuk menarik audiens dan mempromosikan merek yang berafiliasi dengan saya.

Keaslian dan keterlibatan audiens adalah dua elemen penting untuk pemasaran afiliasi. Jika Anda tidak dapat terhubung dengan audiens Anda, kemungkinan besar mereka tidak akan membeli produk yang Anda rekomendasikan. 

Mulailah pada platform yang Anda rasa nyaman. Jika Anda senang membuat video media sosial, jadikan Instagram sebagai platform Anda.

Jika Anda seorang penulis yang baik, mungkin blogging adalah cara terbaik untuk Anda. Membuat di platform yang sudah Anda pahami akan membantu Anda membuat konten yang terhubung dengan audiens Anda dan mendorong penjualan afiliasi. 

3. Temukan program pemasaran afiliasi yang relevan

Penting untuk memastikan Anda menemukan program afiliasi yang tepat untuk Anda. Pastikan untuk tidak hanya fokus pada program afiliasi dengan bayaran tinggi tetapi untuk menemukan penawaran afiliasi dan produk yang menarik bagi audiens Anda. 

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih program afiliasi meliputi:

Apakah program afiliasi memiliki reputasi pasar yang bagus?
Anda tidak ingin bekerja dengan mitra yang tidak dipercaya orang. Untungnya, jaringan afiliasi memeriksa program dan menghadirkan pedagang yang andal dan menguntungkan yang dapat Anda ajak bekerja sama.
Apakah program afiliasi memiliki tingkat komisi yang bagus?
Anda ingin mendapatkan banyak uang untuk waktu dan usaha Anda. Banyak program membayar komisi 10% hingga 20% untuk penjualan. Pilih tarif yang sesuai untuk Anda.

Untuk menemukan peluang afiliasi yang bagus, tanyakan pada merek favorit Anda apakah mereka memiliki duta atau program afiliasi. Dengan begitu Anda dapat mempromosikan produk yang sudah Anda hargai dan nikmati.

Anda juga dapat menemukan produk dan merek untuk diajak bekerja sama di pasar afiliasi berikut:

1. Shopee Affiliate Program
2. Niagahoster
3. Aliexpress Affiliate
4. Amazon Affiliate
5. Accesstrade 
6. Lazada 
7. Blibli

4. Buat konten yang berkualitas

Statista melaporkan bahwa pada tahun 2022, orang menghabiskan rata-rata enam jam 35 menit per hari untuk online, secara global. Orang-orang mengonsumsi konten, tetapi membuat konten dan memasang tautan afiliasi saja tidak cukup. Jika Anda ingin menonjol, Anda harus menjadikan milik Anda berharga bagi audiens Anda. 

Blog adalah cara yang baik untuk melakukan itu. Findstack melaporkan bahwa 65% dari semua pemasar afiliasi menghasilkan lalu lintas melalui blog saja. Kelly Marohl dari The Greenspring Home menyarankan agar pemasar afiliasi baru “berfokus pada penerbitan konten berkualitas tinggi… dan membangun audiens yang sangat terlibat. Itu akan menghasilkan dividen nanti!” 

Menurut sebuah laporan , orang di seluruh dunia menghabiskan rata-rata 151 menit di media sosial per hari. Jadi, jika Anda bertanya apakah Anda harus memiliki website untuk menjadi pemasar afiliasi, jawabannya adalah tidak. 

Mempromosikan tautan afiliasi di media sosial adalah cara mudah dan gratis untuk menyampaikan konten Anda ke tangan orang-orang yang mungkin tertarik dengannya. Bahkan platform seperti Pinterest memiliki peluang afiliasi menggunakan pin di berbagai papan Anda. 

Ada banyak pemasar afiliasi yang beroperasi sepenuhnya di media sosial yang membangun akun TikToknya hingga lebih dari juta-an pengikut dengan kontennya. Dia menghasilkan uang dengan mempromosikan merek seperti tas,baju,celana melalui pemasaran afiliasi.

Apakah ia memiliki tingkat laba per klik (EPC) yang tinggi? EPC adalah metrik seluruh industri yang menunjukkan pendapatan afiliasi rata-rata per 100 klik di seluruh program afiliasi pedagang.

Jaringan seperti ShareASale menunjukkan informasi ini kepada Anda untuk setiap pedagang.
 
Menemukan program yang tepat sangat penting untuk menjalankan bisnis afiliasi yang sukses.

Jika Anda memiliki blog atau saluran YouTube, teliti dan pahami optimasi mesin pencari (SEO). BrightEdge melaporkan bahwa SEO mendorong 83% lalu lintas mesin pencari, dibandingkan dengan 17% dari pencarian berbayar.

Melakukan riset kata kunci dan menerapkan SEO dengan baik sangat penting untuk menjangkau audiens target Anda. Gunakan juga Pemasaran email adalah cara lain untuk membuat pelanggan yang pernah mengunjungi situs Anda tetap tertarik. 

5. Bangun audiens

Untuk membangun audiens, pertama-tama Anda harus menjangkau mereka. Membuat daftar email membantu Anda menjangkau audiens Anda secara langsung. Anda dapat mengirimkan buletin , pembaruan konten baru, dan penawaran menarik langsung kepada siapa saja yang mendaftar untuk menjadi bagian dari daftar email Anda. 

Jika Anda sebagian besar beroperasi di media sosial, ikuti dan tandai influencer yang mungkin tertarik dengan niche Anda. Tujuan permainannya adalah melakukan apa yang Anda bisa untuk meningkatkan lalu lintas ke situs web atau halaman media sosial Anda.

Menarik mereka hanyalah bagian pertama, sekarang penting untuk membangun kepercayaan antara Anda dan audiens agar mereka datang kembali. 

Jangan hanya mencoba dan menjual apa pun kepada audiens Anda untuk mendapatkan uang dengan cepat. Semakin mereka merasakan minat tulus Anda, semakin mereka akan mempercayai Anda.

6. Ikuti peraturan Federal Trade Commission (FTC)

FTC melindungi konsumen dari praktik pemasaran yang menipu. Sayangnya, ada pemasar afiliasi di luar sana yang bersedia mempromosikan penipuan dan produk serta layanan yang menyesatkan demi menghasilkan uang dengan cepat. 

Untuk mencegah hal ini, FTC mewajibkan setiap pemasar afiliasi untuk mengungkapkan hubungan keuangan mereka dengan merek atau produk apa pun yang mereka promosikan. Singkatnya, Anda perlu memberi tahu audiens bahwa Anda mendapat kompensasi karena mempromosikan produk yang Anda promosikan, dan Anda harus selalu memberi tahu mereka jika sebuah tautan merupakan tautan afiliasi agar tetap mematuhi FTC. 

Jika Anda tidak berada di AS, Anda mungkin tunduk pada undang-undang dan peraturan berbeda terkait konten yang dipromosikan. Pastikan Anda telah menghubungi badan pemerintah terkait di wilayah Anda.

Manfaat pemasaran afiliasi

Sekarang setelah Anda memahami cara kerja pemasaran afiliasi, mari kita lihat beberapa manfaat utama. 

1. Bukan masalah jika tidak memiliki produk yang bisa promosikan

Sebagian besar program afiliasi publik berukuran lebih besar dan tidak mengharuskan Anda membeli produk apa pun yang Anda rekomendasikan, seperti Amazon Associates . Anda cukup bergabung dengan program afiliasi mereka, ambil link Anda, dan posting di halaman atau situs web Anda. 

Ini sempurna ketika Anda baru memulai, karena Anda tidak perlu menginvestasikan banyak uang untuk produk fisik atau digital . Anda dapat meluangkan waktu dan bereksperimen serta melihat jenis produk dan layanan mana yang paling menarik perhatian audiens Anda.

Ini adalah sumber pendapatan pasif
Setelah Anda menetapkan dasar untuk menjaga lalu lintas datang ke situs Anda, Anda sudah siap.

Yang harus Anda lakukan adalah memilih mitra afiliasi yang tepat yang akan menarik audiens Anda dan memposting tautan tersebut. Tautan dan kode unik Anda akan terus menghasilkan komisi berulang selama Anda tetap melihatnya di situs Anda.

2. Potensi penghasilan yang tinggi

Pemasaran afiliasi memiliki potensi penghasilan enam digit bagi pendatang baru. Anda mungkin tidak menghasilkan uang sebanyak itu secara instan, tetapi ada potensi nyata untuk pemasaran afiliasi untuk menggantikan jam 9-ke-5 Anda. Pat Flynn , misalnya, melaporkan kepada Business Insider bahwa ia memperoleh hingga $170.000 per bulan berkat bisnis pemasaran afiliasi. 

Pecandu petualangan dan pendiri Biking Know How Rohan Kadam juga mengubah blognya dari proyek yang penuh gairah menjadi bisnis online yang sukses dengan menggunakan penjualan afiliasi. “Saya meningkatkan bisnis [pemasaran afiliasi] saya, terutama selama masa pandemi COVID yang menantang, dan menghasilkan keuntungan dalam waktu singkat,” katanya. 

Jadi Rohan berhenti dari pekerjaan penuh waktunya di JP Morgan Chase dan sekarang menjadi blogger penuh waktu dan pemasar afiliasi.

Berapa banyak yang dapat di hasilkan sebagai pemasar afiliasi baru?

Tarif komisi bervariasi tergantung pada perusahaan tempat Anda bekerja. Program rekanan Amazon menawarkan komisi penjualan mulai dari 1% hingga 20%. Lainnya, seperti ButcherBox , menawarkan komisi hingga $20 per penjualan; Thrive Market menawarkan $5 hingga $30 per komisi. Bahkan ada program afiliasi yang menawarkan komisi berulang hingga 30% per penjualan. 

Berapa banyak yang dapat Anda hasilkan dengan pemasaran afiliasi sepenuhnya terserah Anda. Hal ini bergantung pada seberapa banyak lalu lintas yang dapat Anda hasilkan ke situs Anda, seberapa baik Anda mengukur produk dan layanan afiliasi mana yang akan ditanggapi oleh audiens Anda, dan program afiliasi yang Anda ikuti. 

Statista melaporkan bahwa industri pemasaran afiliasi mencapai $8,2 miliar di AS pada tahun 2022, naik dari nilai $5,4 miliar pada tahun 2017.

Jadi ini adalah pasar yang berkembang. Faktanya, menurut Google Trends , ada peningkatan minat terhadap pemasaran afiliasi. Penelusuran meningkat dari nilai 43 (dari 100) dari 2 Januari 2022 hingga 8 Januari 2022, menjadi 92 pada pekan tanggal 23 Juli 2023 hingga 29 Januari 2023, yang menunjukkan bahwa istilah penelusuran meningkat lebih dari dua kali lipat dalam popularitas.

Penutup

Hasilkan penghasilan pasif dengan pemasaran afiliasi yang sukses 
Tidak ada keraguan jika pendapatan afiliasi adalah cara cerdas untuk menghasilkan uang secara online.

Dengan sedikit waktu dan usaha di awal, Anda dapat membangun audiens dan memperoleh pembayaran yang konsisten melalui situs afiliasi Anda.

Source:
shopify
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url